fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Pentingnya Sebuah Hashtag untuk Branding

Hashtag

Strategi pemasaran produk kini banyak berkembang ke arah digital. Dengan adanya media sosial dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak metode baru bermunculan untuk memperkenalkan suatu produk. Contohnya adalah membuat postingan di media sosial dengan mencantumkan beberapa tagar atau hashtag yang mendukung.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Penggunaan hashtag dapat membuat produk dan konten media sosialmu banyak dibaca oleh pengguna Instagram sehingga dapat mendukung strategi branding produkmu. Nah, mengingat pentingnya hashtag untuk branding tersebut, kamu akan mempertimbangkan pemilihan hashtag yang tepat untuk bisnis kamu ketika kamu sudah benar mengetahui cara kerja sebuah hashtag

Bagaimana Hashtag bekerja?

Guna mengoptimalkan pentingnya hashtag untuk branding, kamu harus tahu bagaimana cara kerja hashtag di Instagram. Hashtag dapat dikenali dengan tanda “#” kemudian diikuti dengan satu kata atau lebih serta dapat memuat karakter berupa angka dan emoji. Biasanya, kamu dapat menjumpai penggunaan tagar pada bagian bawah postingan.

Dengan menggunakan tagar Instagram, postingan yang kamu buat akan secara otomatis dikategorikan bersama postingan sejenis. Hal tersebut akan memudahkan pengguna Instagram dalam menemukan produk atau konten Instagram yang dicari. Sementara kamu akan diuntungkan karena postingan orang lain akan mendatangkan eksposur terhadap postinganmu juga.  

Jenis Tagar Instagram

Nah, dengan lebih banyaknya sorotan audiens, merek produk yang kamu kembangkan akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Guna memperkenalkan produkmu dengan lebih baik, kamu juga harus mengetahui jenis-jenis tagar Instagram agar memaksimalkan nilai pentingnya hashtag untuk branding.

  • Tagar untuk Barang/Jasa 

Hashtag yang digunakan untuk kepentingan bisnis ini biasanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Contoh, #kebayamodern, #camilanpedas, #bajumuslim, #baksokeju, #kueulangtahun, dan sejenisnya. 

  • Tagar yang Berhubungan dengan Komunitas 

Berbeda dengan tagar Instagram terkait produk barang/jasa di atas, kamu dapat menemukan berbagai komunitas seperti orang dengan hobi atau pekerjaan sejenis. Di Indonesia, kamu bisa dengan mudah menemukan tagar komunitas dengan mengetikkan #komunitas lalu diikuti dengan kata lain seperti #komunitasparenting, #komunitaspengusaha, #komunitasfotografiindonesia, dan sejenisnya. 

Bagi kamu pebisnis yang sudah lama menjalankan usaha, pentingnya tagar untuk branding salah satunya adalah kamu dapat bergabung ke komunitas tertentu guna menambah informasi dan memperkuat strategi branding produk. 

  • Tagar Lokasi

Hashtag lokasi adalah tagar Instagram yang menunjukkan di mana postingan tersebut dibuat. Biasanya tagar lokasi tetap memuat unsur lain dan tidak sekadar bertuliskan lokasi. Contoh tagar lokasi adalah #malangkuliner, #bandungtrip, #olshopbandung, #semarangwedding dan lain-lain.

Nah, salah satu pentingnya tagar untuk branding juga berhubungan dengan informasi mengenai lokasi toko atau tempat bisnismu, sehingga konsumen bisa menjangkaunya dengan mudah. 

  • Tagar dengan Niche Khusus

Tagar Instagram dengan niche khusus lebih bersifat umum dan tidak menjelaskan apakah postingan tersebut bersifat komersil atau non-komersil. Tagar tersebut digunakan untuk menjelaskan konteks atau topik dari sebuah postingan Instagram. Contoh tagar ber-niche khusus antara lain #buku, #travelling, #bloggers, #gardening dan lain-lain. Kamu dapat memilih tagar ber-niche khusus ketika ingin mendapatkan sorotan lebih banyak dari orang-orang dengan ketertarikan terhadap niche tersebut.  

  • Tagar Terkait Hari Besar atau Event Khusus

Selain untuk tujuan komersil, kamu bisa menemukan apa yang orang posting pada beberapa event khusus seperti hari besar atau peringatan tertentu. Contohnya, #lebaran2022, #lebaran2021, #instagramdown, #natal2020, dan lainnya.

Nah, kamu dapat memanfaatkan tagar yang berkaitan dengan event khusus ketika produk yang kamu tawarkan masih berhubungan. Semisal kamu membuat kue lebaran, maka kamu bisa menambahkan tagar #lebaran2022 ke postingan Instagram-mu. 

Cara Menentukan Trending Hashtag Instagram

Hashtag

Kamu dapat merasakan pentingnya tagar untuk branding ketika sudah merasakan banyaknya eksposur produk yang didapat dari penggunaan tagar. Nah salah satu cara untuk meningkatkan branding adalah dengan menggunakan tagar yang sedang trending. Lalu bagaimana cara menemukan trending hashtag?

Sebenarnya akan sangat bagus jika trending hashtag dapat ditemukan pada kolom pencarian sebagaimana di Twitter. Namun jika kamu ingin mengetahui tagar yang paling banyak digunakan, kamu dapat mencari tagar di Instagram dengan mengetikkan satu kata yang berhubungan dengan produkmu. Setelah itu, kamu dapat mengetahui berapa banyak postingan dibuat menggunakan tagar tersebut. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Melalui cara itu pula, kamu akan mendapatkan beberapa tagar lain sejenis dengan jumlah postingan yang tidak berbeda jauh. Nah, feed Instagram juga bisa digunakan untuk melihat trending hashtag. Kamu harus peka terhadap kemunculan postingan yang mirip dalam waktu hampir bersamaan. 

Namun kamu juga dapat memanfaatkan Instagram Hashtag Generator yang akan mempermudah pencarianmu. Instagram Hashtag Generator bekerja dengan menggunakan auto complete (fitur pengisian otomatis di Instagram dan internet secara umum) dan juga filter berupa pilihan bahasa. 

Apa saja pilihan Instagram hashtag generator yang bisa kamu pilih?

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Hashtag Instagram

Hashtag

Pentingnya tagar untuk branding harus diimbangi dengan melakukan strategi khusus agar upayamu membangun bisnis bisa berjalan optimal. Ketika memutuskan untuk riset hashtag dan menggunakan tagar tertentu, kamu harus memperhatikan aspek-aspek di bawah ini. 

  • Gunakan fitur related hashtag 

Jangan hanya terpaku pada satu hashtag. Kuncinya adalah kamu harus dapat menemukan tagar sejenis yang kiranya dicari oleh pengguna Instagram saat berharap menemukan postingan dengan niche tertentu. Kamu dapat melihat sinonim dari istilah yang kamu gunakan atau tinggal lihat deretan hashtag yang sudah pernah digunakan seseorang dalam suatu postingan.

  • Lihat ukuran persaingan

Ukuran persaingan dapat dilihat dari berapa postingan yang dibuat menggunakan tagar tersebut. Guna mengoptimalkan fungsi dan pentingnya hashtag untuk branding, sangat tidak tepat kalau kamu asal memasuki persaingan berukuran terlalu besar. 

Sebaliknya, kamu dapat mempertimbangkan untuk memilih tagar dengan ukuran persaingan lebih kecil agar tidak terlalu banyak pesaing. Namun bukan berarti kamu tidak bisa memilih hashtag ratusan ribu postingan, ya. Kamu tetap dapat memilih hashtag tersebut sesuai dengan hasil riset dan pertimbangan matang. 

  • Kombinasikan hashtag niche tertentu dengan hashtag yang sedang tren

Kamu memiliki bisnis pakaian dan melihat ada tren baru di Instagram dengan mode pakaian yang kamu jual? Jangan ragu untuk segera memanfaatkan momentum itu. Dengan adanya kesesuaian antara niche yang sedang trending dengan produkmu, kamu bisa langsung menawarkan produk. 

Namun bila yang sedang trending tidak berhubungan dengan produk bisnismu, pertimbangkan secara matang konten Instagram apa yang tepat untuk dimanfaatkan. Jangan sampai kamu hanya memanfaatkan banyak tagar padahal tidak berkaitan dengan produkmu. 

  • Pastikan tagar yang digunakan tidak di-banned

Beberapa tagar yang memiliki rekam jejak buruk akhirnya di-banned oleh Instagram. Biasanya karena terdapat kata-kata tidak pantas di dalamnya sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pengguna. Nah, kamu harus menghindari hashtag seperti #fitnessgirls dan sejenisnya karena postinganmu tidak akan memiliki visibilitas yang baik. 

Tipsnya, kamu dapat melihat postingan sejenis lainnya sehingga terhindar dari hashtag yang ter-banned.

  • Lakukan evaluasi dengan Instagram Analytics

Salah satu langkah penting dalam strategi branding dan marketing adalah memastikan metode yang dipakai terbukti menghasilkan pengaruh bagi bisnis. Nah, jika membicarakan Instagram, kamu dapat mengevaluasi penggunaan tagar dengan Instagram Analytics guna mengetahui hal-hal seperti reach, engagement, serta perkembangan pengikut. Jika dalam kurun waktu tertentu, perkembangan yang muncul tidak signifikan, kamu dapat beralih ke hashtag lain atau menerapkan cara riset yang baru. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Pentingnya tagar untuk branding harus diimbangi dengan langkah-langkah di atas agar kamu mendapatkan hasil optimal. Sebab menggunakan tagar saja tidak cukup, kamu masih perlu mengevaluasi dan mengembangkan metode penentuan tagar Instagram terbaik.

Kamu tentu mau tiap kali jenis produkmu disebut, brand kamu yang muncul pertama kali di benak konsumen? Seperti halnya penyebutan Aqua untuk merujuk pada semua jenis air minum, kamu pun bisa melakukan strategi branding yang tepat agar brand kamu makin dikenal konsumen.

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP