fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Pertanyaan Seputar Fitur Manajemen Stok

Pada halaman ini kamu akan mendapatkan penjelasan mengenai fitur manajemen stok di LummoSHOP baik dari sisi penjual maupun pembeli. Jika ada hal yang masih belum jelas, kamu bisa hubungi customer service kami.

Pertanyaan Penjual

Apa itu fitur Manajemen Stok?

Ini adalah fitur yang memungkinkan penjual mengunggah inventaris produk sambil menunjukkan jumlahnya untuk menghindari pembatalan.

 

Bagaimana fitur ini bekerja?

Pertama, penjual akan diminta untuk mengatur stok produk di katalog mereka. Ketika stok sudah diatur dan produk sudah dipublikasikan, setiap pesanan dengan status “DITERIMA” (baik yang dilakukan melalui PWA checkout atau self order) akan mengurangi jumlah stok produk tersebut.

Ketika stok suatu produk kosong, maka akan ada tag “Stok Habis” dan tidak dapat dibeli sebelum penjual menambahkan stok ke produk tersebut.

 

Apa yang saya dapatkan dari fitur ini?

Stok produk yang lengkap akan menghindarkan penjual dari kewajiban membatalkan pesanan, yang sekaligus akan mengurangi kemungkinan pelanggan kecewa.

 

Apakah fitur ini wajib?

Tidak, fitur ini tidak wajib. Penjual dapat memilih untuk tidak menampilkan fitur ini dan mengatur stok produk. Namun, dengan mengatur stok produk, kemungkinan menolak produk menjadi karena stok habis lebih kecil sekaligus mengurangi pembeli yang pergi. 

 

Apakah saya dapat menambahkan stok ke variasi produk?

Ya! Apabila kamu telah memiliki variasi produk, kamu dapat menambahkan stok untuk setiap variasi. Apabila kamu telah mengatur stok produk dan variasi, kamu perlu kembali menambahkan stok produk di setiap variasi.

 

Apakah saya dapat menambahkan SKU untuk setiap variasi produk?

Ya! Kamu dapat menambahkan SKU untuk setiap produk atau variasi. SKU perlu untuk dibedakan untuk setiap produk atau variasi di katalogmu.

 

Apa yang terjadi apabila saya hanya memiliki dua buah produk A tetapi ada pesanan dengan 3 buah produk A?

Dalam kondisi ini, pelanggan tidak dapat menambahkan lebih banyak jumlah ke stok di halaman pesanan atau checkout.

 

Saya menjual di tempat lain selain LummoSHOP, seperti marketplace dan/atau media sosial. Apakah stok produk dapat dihubungkan ke platform lain?

Tidak secara otomatis, karena pengaturan stok di LummoSHOP tidak dapat dihubungkan dengan platform lain. Namun, kamu dapat secara manual menambahkan pesanan di LummoSHOP yang akan mengurangi stok produk yang kamu miliki sehingga kamu dapat menggunakan LummoSHOP untuk menghubungkan semua saluran penjualan! Apabila kamu menjual melalui WhatsApp atau Instagram, kamu dapat dengan mudah melakukan integrasi melalui WhatsApp dan Instagram melalui form yang dapat kamu salin. 

 

Pertanyaan Pembeli

Apa itu fitur Manajemen Stok?

Fitur ini memastikan bahwa produk yang ingin dibeli pembeli tersedia sehingga pesanan akan diproses oleh penjual dan pembeli tidak perlu khawatir tentang ketersediaan produk.

 

Bagaimana fitur ini bekerja?

Pembeli dapat melihat stok yang tersedia di halaman produk. Pembeli tidak perlu khawatir membeli produk yang stoknya habis, karena produk yang kosong tidak akan bisa dibeli.

 

Apakah saya dapat membeli lebih dari stok yang tersedia?

Tidak, kamu tidak dapat membeli produk lebih dari yang tersedia. Misalnya, ada 3 produk yang tersedia untuk sebuah produk, kamu tidak dapat membeli lebih dari 3.

Saran: proses pesanan dengan tag “Stok Kosong”, karena ada kemungkinan produk akan tersedia atau restok.

 

Saya menambahkan produk di keranjang untuk beberapa waktu, sampai kapan produk tersebut tersedia?

Kapan pun kamu membuka situs web LummoSHOP, kami akan memastikan bahwa stok produk akan selalu diperbarui. Jadi, apabila kamu menambahkan produk di keranjang, dari waktu ke waktu kami akan mengecek stok produk . Kami juga mengecek stok produk saat kamu keluar, untuk memastikan produk tersedia. Apabila stok 0, kami akan memperbaruinya agar kamu selalu mendapatkan informasi. 

 

Misalkan saya berhasil membeli produk, bagaimana saya bisa yakin bahwa saya akan mendapatkannya?

Stok produk yang kamu lihat di situs web menyesuaikan apa yang dimasukkan oleh penjual. Jadi, apabila stok sebenarnya kurang dari yang dimasukkan, ada kemungkinan bahwa pesanan akan dibatalkan karena stok kosong. Namun, kami akan berusaha untuk memastikan penjual bahwa stok produk yang dipajang telah menyesuaikan stok produk sebenarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website