fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Prime Time Posting di Media Sosial, Cari Tahu Disini

Prime time

Pada era digital marketing seperti saat ini, ada cukup banyak pola berbisnis yang perlu para pebisnis kuasai untuk meningkatkan penjualan produk atau jasanya. Salah satunya adalah mengoptimalkan strategi marketing pada kanal-kanal media sosial yang pebisnis miliki. Dan prime time posting merupakan salah satu strategi prima, jika kamu ingin memiliki kanal lebih besar bagi konten yang kamu upload pada feed updates, story updates, reels (Instagram), Youtube video, dan TikTok video share; untuk menjangkau audiens lebih maksimal. 

Bagi kamu yang masih asing dengan istilah prime time, boleh deh kami bisikin ya definisinya. Menurut allbusiness prime time pada dunia broadcast televisi dan radio adalah golden period. Pada waktu tersebut merupakan jumlah rata-rata audiens terbanyak mengakses televisi dan radio. Untuk televisi, waktu utamanya ada pada waktu petang hingga pukul 11 malam. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Lalu bagaimana dengan prime time di media sosial, apakah juga sama golden time nya dengan televisi? Untuk media sosial sendiri, ternyata memiliki pendekatan yang berbeda dengan tayangan broadcast seperti televisi dan radio. Prime time bagi media sosial, ada beberapa periode dalam satu hari. Dan cukup bergantung pada karakteristik dari audiens media sosial itu sendiri. Preferensi akses ke media sosial akan berbeda contohnya untuk anak sekolah, karyawan, wirausaha dan juga ibu rumah tangga.

Mendefinisikan prime time bagi media sosial, pendekatannya lebih kepada waktu terbaik untuk pemilik akun media sosial dalam memposting kontennya supaya dapat terlihat muncul di saat followers, friends atau subscribers tengah berselancar pada media sosial mereka. 

Apa Istimewanya Upload Konten di Periode Prime Time? 

Prime time Nah, pebisnis mungkin bisa mengambil contoh dari tayangan di televisi, jika kamu perhatikan, program televisi yang tayang pada petang hingga jam 11 malam merupakan program utama yang stasiun TV miliki, dan traffic iklan juga tinggi pada jam-jam tersebut. Karena pada saat prime time itulah, jumlah penonton mencapai angka yang tinggi jika kamu bandingkan dengan periode waktu luar prime time tersebut. 

Begitupun dengan prime time di media sosial, jika kamu upload konten pada periode ini, maka meningkatkan probabilitas jangkauan konten untuk memiliki interaksi (membangun engagement) dengan friends, followers atau subscribers.

Berikut ini kami telah merangkum informasi waktu prime time dari beberapa kanal media sosial yang bisa pebisnis gunakan: 

Menurut Latergramme, pada tahun 2022 ini jam terbaik untuk upload konten adalah pukul 02.00 dini hari dan pukul 17.00. Namun hipwee punya pendapat lain, prime time untuk upload konten pada Instagram adalah pukul 10.00-15.00 dan pukul 19.00-21.00. Dengan mempertimbangkan pola aktivitas pengguna media sosial dan kesibukan hariannya, jika kamu tertarik mengetahui breakdown harian untuk prime time pada Instagram, kami rekomendasikan juga membaca artikel ini

Untuk membesarkan bisnis melalui kanal media sosial TikTok, pebisnis bisa merujuk pada acuan global untuk golden time pada TikTok, data dari influencermarketing hub menarik untuk kamu terapkan karena cukup detail membahas hari per hari untuk prime time di TikTok. Mereka juga membentuk data berdasarkan tren yang terus berubah secara cepat setiap harinya. Artinya, kamu juga perlu rutin untuk memperbarui informasi untuk waktu utama di TikTok ya.

Dari informasi yang LummoSHOP peroleh di influencermarketing hub, jam 5 sore merupakan prime time untuk Youtube. Dengan rentang waktu pukul 17.00-21.00. Karakteristiknya hampir sama dengan yang ada pada televisi, tidak heran jika pebisnis banyak menemui Youtube ads untuk produk-produk yang sering kamu lihat iklannya di televisi. Karena menurut forbes, Youtube sendiri sudah menjadi salah satu media yang dominan yang audiens pilih untuk scroll time

Media sosial satu ini memiliki karakter berbeda dengan Instagram, karena menurut hipwee, prime time nya justru berada pada waktu produktif dari Facebook friends yaitu pukul 13.00-16.00. Kamu juga bisa mempelajari sendiri page insight dari facebook untuk mengetahui tren dari Facebook friends-mu, yaitu dengan cara, klik tab Posts dan klik Top Posts dari Facebook page yang sedang kamu lihat. Dari situ kamu akan memperoleh informasi tentang jam online terbanyak dari friends-mu.

Keunggulan Upload saat Prime Time

Setelah pebisnis mempelajari karakteristik waktu utama dari beberapa kanal media sosial, tentunya pebisnis juga ingin mengetahui keuntungan apa saja yang pebisnis akan dapatkan jika menerapkan prinsip prime time posting. Berikut ini adalah sejumlah keunggulan upload konten pada saat prime time (waktu utama) : 

  1. Seperti yang pernah kami bahas sebelumnya, bagi pengelola media sosial, engagement rate adalah strategi marketing yang perlu pengelola capai supaya akun media sosialmu dapat berinteraksi dengan audiens. Dengan menerapkan posting di waktu utama, maka peluang untuk mencapai engagement rate yang baik akan semakin terbuka.
  2. Dengan mengetahui waktu utama, kamu bisa menghindari jam-jam yang mungkin kontenmu akan terabaikan karena audiens tengah sibuk dengan aktivitas kesehariannya. 
  3. Waktu utama juga dapat kamu analisa melalui tools yang setiap media sosial sediakan, misalkan tools Analytics di TikTok, Page Insight di Facebook dan Most Active Time di Instagram. Dengan adanya tools ini, pebisnis diuntungkan dengan dapat melihat tren waktu terbaik untuk mempromosikan bisnis. 
  4. Dengan mengetahui waktu utama untuk posting, pebisnis bisa menjadwalkan promosi dengan lebih efektif dan efisien, dengan merujuk waktu dimana target pasar sedang online. 

Yuk Intip Mereka yang Sukses Memanfaatkan Prime Time Posting 

Prime time

  • Salah satu start up di bidang produk kecantikan yaitu nama Beauty yang artis Luna Maya miliki, baru-baru ini meluncurkan Kakadu Series. Salah satu seri perawatan kulit yang mereka unggulkan. Dan peluncurannya dilakukan dengan berkolaborasi di salah satu event pameran kecantikan terbesar yaitu Beauty Fest. Strategi pemasaran mereka pun berhasil menarik animo bagus dari audiensnya, karena diluncurkan di saat prime time untuk Instagram, dimana platform marketing yang mereka pergunakan untuk promosi, salah satunya adalah Instagram.
  • Ada pula brand fashion lokal yang mencuri perhatian dengan prestasi mereka untuk tampil di New York Fashion Week (NYFW Spring/Summer) 2022 tahun 2021 lalu yaitu Erigo. Erigo termasuk salah satu bisnis yang cukup aktif dalam mengikuti event dan fitur pada platform-platform e-commerce dan kemudian dipromosikan pada kanal media sosial mereka seperti Instagram dan Youtube.
Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Jadi, kamu pasti sudah semakin semangat bergerak ya untuk menganalisa jam online terbanyak dari friends, followers dan subscribers yang kamu miliki. Jangan lupa siapkan pula konten yang kreatif dan menarik supaya revenue penjualan produk juga turut meningkat.