fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Promosi Beragam Sales Channel Lewat Satu Link dengan LummoPage

sales channel

Salah satu kemudahan menjadi pebisnis online adalah kamu bisa mengandalkan beragam jenis sales channel untuk menjual produk kamu kepada konsumen. Dari segi definisi, sales channel adalah jalur bertemunya kamu dengan konsumen untuk menjual produk. Beruntung lah kamu menjadi pebisnis di era di mana tersedia segala macam kemudahan untuk menjual produk kamu ke konsumen, baik itu online maupun offline

Lalu apa saja sales channel yang bisa digunakan untuk jualan? Berikut ini beberapa contohnya;

  • Website toko online

Kehadiran website toko onlinemu tidak hanya sebagai katalog produk online yang memberikan penjelasan rinci tentang setiap produk, tetapi juga dapat digunakan untuk membangun brand bisnismu. Kamu juga bisa mendapatkan analisa perilaku berbelanja konsumen kamu, sehingga bisa menjadi insights bagi kamu jika ingin membuat strategi bisnis atau pemasaran. 

  • Marketplace

Pebisnis online pasti sudah tidak asing lagi dengan marketplace. Yup, disini adalah tempat berkumpulnya berbagai macam jenis penjual online yang ingin menjajakan produknya. Disinilah perang harga dan promosi terjadi antar sesama penjual online. Konsumen pun cenderung memilih produk dengan harga semurah mungkin. 

  • Reseller

Banyak bisnis yang terbantu perkembangan sales-nya dengan mengandalkan penjual lainnya untuk memasarkan produk mereka. Misalnya kamu ingin ekspansi bisnis kamu ke kota luar Jakarta atau bahkan ke pulau Sumatera, kamu bisa menggaet pihak lain sebagai reseller resmi produk kamu, sehingga konsumen di wilayah tersebut dapat membeli produk kamu yang original dengan kualitas yang sama, tetapi dengan ongkir yang lebih hemat pastinya. 

  • WhatsApp Business

Menurut data dari WhatsApp yang dimuat oleh sindonews.com pada 30 April 2021, ada lebih dari 175 juta orang mengirimkan pesan ke akun WhatsApp Business setiap hari. WhatsApp adalah tempat untuk berkomunikasi, menjawab pertanyaan pelanggan, dan bertransaksi, sehingga tidak heran jika WhatsApp Business juga menjadi salah satu sales channel pilihan para pebisnis.

Jika kamu sudah mempunyai semua sales channel di atas, atau bahkan lebih, PR berikutnya adalah memastikan konsumen kamu bisa terekspos terhadap semua channel tersebut. Mendatangkan traffic ke sales channel kamu tidak bisa dilakukan hanya dengan waktu semalam. Ingatlah bahwa di luar sana ada ratusan bahkan ribuan toko online yang mungkin sudah terlebih dahulu ada sebelum toko online-mu. Artinya kamu harus memutar otak agar toko online-mu bisa stand out

Memanfaatkan Instagram atau Facebook Ads adalah salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness bisnis kamu ke calon konsumen yang belum terjangkau. Cara berikutnya yang dapat kamu coba adalah dengan membagikan link sales channel kamu ke grup komunitas online atau list kontak konsumenmu. Akan tetapi kamu perlu berhati-hati, membagikan terlalu banyak link promosi kepada kontak-mu dapat dianggap sebagai spam dan mengganggu si pemilik nomor.

Secara prosedur, menaruh link toko online di profil media sosial memang lebih efisien dan sederhana. Namun sangat disayangkan kamu hanya bisa menaruh satu link saja. Hal ini tentu kurang cocok buat kamu yang memiliki toko online di banyak platform. Sebab kamu jadi kehilangan kesempatan untuk mempromosikan seluruh channel toko online-mu kepada konsumen. Lalu bagaimana menyiasatinya?

Kamu tak perlu risau, LummoPage hadir untuk menjawab masalahmu tadi. Mungkin kamu bertanya-tanya apa itu LummoPage dan apa saja fungsinya. Biar ngga makin penasaran, lebih baik simak paparan di bawah ini, yuk!

 

LummoPage, Cara Mudah Buat Kompilasi Link Sales Channel

LummoPage merupakan fitur baru yang diluncurkan oleh LummoSHOP untuk bantu kamu mengumpulkan seluruh link channel toko online di dalam satu link utama. Fitur ini sangat pas buat kamu yang punya toko online di banyak platform. Agar lebih efektif hasilkan traffic, kamu dapat menyertakan link LummoPage di media sosial toko online-mu. Dengan begitu, akan lebih mudah bagimu untuk mengarahkan followers dan pengunjung akun media sosial langsung ke toko online-mu. 

Sebelumnya, kamu harus mengaktifkan terlebih dulu fitur LummoPage di halaman LummoSHOP kamu. Seperti ini caranya: 

sales channel

  1. Pergi ke menu ‘Pemasaran’.
  2. Pilih ‘LummoPage’.
  3. Isi detail tokomu seperti nama dan foto profil.
  4. Selamat, kamu sudah berhasil mengaktifkan LummoPage.

Selain memasukkan toko LummoSHOP-mu, kamu juga bisa memasukkan toko online milikmu lainnya di LummoPage. Penasaran kan gimana caranya? Simak di bawah ini.

sales channel

  1. Klik Tautan pada menu LummoPage.
  2. Pilih Tambah Tautan Baru.
  3. Lalu pilih Tipe Tautan yang ingin ditambahkan ke LummoPage kamu.
  4. Pada Tambah Tautan Baru, lengkapi detail-detailnya. 
  5. Kamu juga bisa mengatur urutan tautan. Jika sudah, klik Simpan.
  6. Selamat! Tautan baru berhasil ditambah. Kamu juga bisa menambah tautan lagi lho. Jika sudah, tinggal klik Terbitkan.


Tingkatkan Traffic secara Efektif pakai LummoPage

Akhirnya LummoPage kamu sudah aktif, tinggal sebarin aja deh di semua grup. Tapi apakah dengan menyebarkan link LummoPage otomatis traffic-mu akan naik? Tentunya bisa asalkan diiringi dengan langkah berikut ini.

  1. Berikan Penjelasan
    Coba bayangkan. Ngga ada angin, ngga ada hujan lalu tiba-tiba ada yang mengirimkan link begitu saja di grup. Tanpa penjelasan sedikitpun mengenai link itu. Kamu pasti bingung apa isi link ini, bahkan menjadi was-was karena tak menutup kemungkinan kalau itu link phising. Itu sebabnya kamu perlu menambahkan penjelasan singkat agar target link kamu mendapat konteksnya.
  2. Letakkan di Area yang Mudah Terlihat
    Pastikan kamu meletakkan link LummoPage di tempat yang mudah dilihat konsumen. Agar mereka bisa langsung meng-klik link tersebut dengan mudah. Tidak disarankan untuk menaruh link di tempat yang menyulitkan konsumen untuk meng-klik link seperti misalnya di kolom komentar Instagram.
  3. Sisipkan Konten Informasi dan Edukasi
    Semua orang suka dengan storytelling. Konsumen cenderung lebih tertarik untuk melakukan action yang kita inginkan jika dikemas dalam bentuk storytelling. Ketimbang mempromosikannya secara eksplisit, kamu bisa buat konten informasi dan edukasi yang berkaitan dengan produkmu. Lalu diakhir kamu sisipkan link LummoPage-mu.

Di era serba digital, mayoritas bisnis sudah beralih menggunakan website toko online untuk mempermudah transaksi. Sama halnya dengan toko offline, toko online juga butuh yang namanya ‘pengunjung’ atau traffic. Toh, semakin banyak orang yang mengunjungi toko online-mu, semakin besar pula peluang terjadinya pembelian. 


Yuk, pakai LummoPage sekarang untuk tingkatkan traffic toko online kamu!