fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Public Relations di Era Digital

Public Relation

Mendengar kata public relation, selalu identik dengan pembentukan opini publik terhadap sebuah brand, perusahaan atau isu tertentu. Atau bisa juga upaya untuk memungkinkan terjadi perubahan sikap dari masyarakat.

Bagi pebisnis, public relation merupakan pembangun brand, penyampai pesan perusahaan kepada masyarakat, jembatan komunikasi antara media dengan perusahaan hingga menghasilkan penjualan. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Sebegitu besarnya peran humas ini, hingga mungkin memunculkan pertanyaan, apakah setiap bisnis harus memiliki humas? Untuk menjawab ini, ada baiknya kamu simak artikel ini sampai habis dan nantinya kamu akan bisa menjawab pertanyaan kamu sendiri.

Apa itu Public Relation?

Ada berbagai versi definisi apa itu public relation dari para ahli. Menurut Frank Jefkins, public relation adalah semua bentuk komunikasi yang terencana, baik ke dalam maupun keluar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian.

Sementara menurut Scott M. Cutlip, tokoh serta pionir pendidikan Public Relation, public relation adalah menjalankan fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaat antara organisasi tersebut. 

Sedangkan menurut Rex F. Harlow dari buku “Effective Public Relations”, public relation adalah fungsi manajemen tertentu yang membantu membangun dan menjaga lini komunikasi, pemahaman bersama, penerimaan mutual dan kerja sama antara organisasi dan publiknya.

Nah dari definisi para ahli yang telah tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa public relation artinya proses komunikasi strategis dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publiknya dalam rangka membentuk dan mengelola profil publik perusahaan atau individu. 

Selain bertujuan untuk membangun citra baik perusahaan atau individu di mata khalayak, public relation juga diharapkan bisa meminimalisir konflik yang mungkin bisa melibatkan perusahaan atau individu tersebut.

Public Relation Konvensional vs Digital, Apa Bedanya?

Public Relation 02Public relation adalah salah satu profesi dan keilmuan yang mengikuti perkembangan zaman. Artinya, meskipun saat ini sudah era 4.0 dimana Artificial Intelligent dan big data hadir, maka praktisi kehumasan pun harus ikut serta berubah. Humas tidak bisa lagi hanya menggunakan cara konvensional dalam melakukan aktivitasnya. 

Hingga muncullah istilah PR Digital, dimana setiap praktisi public relation harus punya kemampuan untuk memberikan layanan strategi komunikasi ke arah digital. Namun secara definisi, seperti dikutip dari Moz.com, digital PR adalah strategi pemasaran yang menggabungkan media relations PR tradisional dengan saluran digital seperti SEO, content marketing, media sosial, dan influencer marketing

PR digital memungkinkan brand untuk mengembangkan hubungan dengan media berpengaruh untuk mendapatkan liputan editorial, sehingga meningkatkan backlink website mereka, brand exposure, SEO, dan banyak lagi. Dengan demikian, dapat terlihat dengan sangat jelas perbedaan PR tradisional atau PR konvensional dengan PR digital yaitu media atau sarana yang digunakan.

PR konvensional biasanya menggunakan media “tradisional”, seperti surat kabar, majalah, televisi, dan radio. Strategi hubungan masyarakat yang digunakan antara lain menulis siaran pers, mengelola reputasi, dan memelihara hubungan pers dan media yang baik atau yang biasa disebut dengan media relations

PR konvensional bisa dibilang cukup efektif dalam meningkatkan brand awareness atau persepsi publik terhadap sebuah brand, karena biasanya media yang digunakan selalu memiliki pengaruh dan jangkauan yang luas. 

Sementara di sisi lain, public relation digital cenderung untuk menggunakan media digital yaitu berbasis internet dalam menjalankan strategi komunikasinya. Dalam PR digital ini, seorang yang berprofesi sebagai PR akan mempergunakan serta mengoptimalkan penggunaan beberapa media untuk melakukan pekerjaannya, seperti beberapa media sosial yaitu Instagram, YouTube, Facebook, Twitter, TikTok, WhatsApp, serta website

Selain itu, dengan humas digital, sebuah organisasi atau perusahaan atau bisnis juga dapat bekerja sama atau berkolaborasi dengan pihak ketiga untuk meningkatkan brand awareness kepada publik, seperti menggunakan jasa influencer, blogger, serta YouTuber. 

Manfaat Public Relation Digital

PR digital saat ini menjadi salah satu strategi yang krusial bagi bisnis karena keberadaannya dapat memperkenalkan bisnis, brand atau perusahaan kepada target audiens baru. Cara ini dapat dilakukan di halaman search engine atau dalam artikel editorial di sebuah media online. Selain itu, ada lima manfaat humas digital bagi bisnis. 

  • Meningkatkan Peringkat SEO

Dengan humas digital memungkinkan bisnis untuk meningkatkan backlink, sehingga otomatis ranking SEO dari website kamu pun ikut terdongkrak. Imbasnya, link yang menuju ke website kamu juga akan semakin relevan. 

  • Meningkatkan Traffic Website

Premis humas adalah untuk mengamankan liputan editorial sebuah perusahaan. Dengan kombinasi antara upaya humas digital yang optimal serta ranking SEO yang cukup tinggi, maka akan membantu mendongkrak traffic website.

  • Membangun Image Positif Brand

Dengan humas digital memungkinkan untuk membangun image sebuah brand dengan meningkatkan berbagai penyebutan atau muncul di website online.

  • Menghasilkan Prospek

Ketika traffic website meningkat, maka prospek baru cenderung meningkat juga. Humas digital meningkatkan traffic pencarian organik dan traffic rujukan melalui SEO.

  • Meningkatkan Penjualan

PR digital membantu membangun kepercayaan sebuah brand. Ketika seorang konsumen mempercayai suatu brand, mereka lebih mungkin untuk membeli produk atau layanan brand tersebut.

Tools atau Sarana untuk Public Relation Digital

Public relation digital adalah strategi komunikasi yang dapat mengandalkan berbagai tools atau sarana yang dapat digunakan untuk membantu aktivitas, baik keseharian maupun kampanye mulai dari ideation hingga monitor, evaluasi dan mengukur efektivitasnya. 

Apa saja tools yang bisa kamu andalkan untuk menjalankan humas digital? Simak detail penjelasannya berikut ini ya. 

Humas digital menggunakan Google Analytics untuk mengukur traffic, serta konversi untuk prospek dan penjualan.

  • Google Search Console

Mengukur peningkatan klik, impression (tayangan), dan brand mention atau penyebutan merek.

  • Ahrefs

Ahrefs merupakan alat dari SEO untuk mengukur Domain Rating (peringkat domain), melakukan analisis backlink, dan mengidentifikasi sebutan yang tidak tertaut (unlinked mention).

  • Majestic

Selain Ahrefs, ada juga Majestic yang merupakan tools SEO yang mengukur tingkat kepercayaan website eksternal.

  • HARO

HARO atau singkatan dari Help a Reporter Out adalah tool yang memberikan informasi para jurnalis sumber berita yang akan datang. Komunitas yang dinamis ini memberi sumber peluang harian untuk mengetahui liputan media yang penting.

  • BuzzSumo 

Dengan BuzzSumo kamu bisa menemukan ide konten, influencer, dan seberapa sering sebuah konten platform sosial bagikan.

  • LinkedIn

Siapa yang tak kenal LinkedIn? Bagi humas digital, LinkedIn yang merupakan sebuah media sosial profesional ini yang berguna untuk mengidentifikasi kontak khususnya para jurnalis.

Contoh Sukses Penerapan Public Relation Digital 

Public Relation 03Apakah kamu masih ingat dengan iklan Micin SWAG Generation dari SASA? Iklan itu berhasil viral, dan menarik perhatian khalayak karena berusaha mematahkan stigma negatif tentang dampak micin bagi kesehatan. Nyatanya, kampanye Generasi Micin ini hanyalah salah satu strategi dari PR Digital SASA. 

SASA sebagai brand legendaris sengaja mendefinisi ulang tujuan perusahaan dan memaksimalkan media sosial untuk menggaet milenial dan gen-Z. SASA pun hadir di semua platform media sosial mulai dari Instagram, Facebook, LinkedIn, Twitter, Tiktok, dan YouTube. Selain itu, SASA juga menghadirkan konten-konten menarik seputar kuliner. 

Tak hanya itu saja, ​​SASA juga menggunakan strategi influencer marketing dengan melibatkan milenial dan gen-z pada konten-kontennya seperti Valerie Thomas, Enzy Storia, Rossa, Putri Tanjung, Luna Maya, dan lainnya. Dengan humas digital ini, SASA berhasil membangun citra yang lebih fun, modern, muda, dinamis, kredibel, menginspirasi, dan legendaris. Tak heran bila SASA berhasil menjadi salah satu pemenang Indonesia Top Digital Public Relation Award 2021. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Demikianlah pembahasan seputar public relation digital secara mendalam. Di era industri 4.0 dimana serba digital ini kenyataannya media-media digital sangat efektif untuk digunakan dalam kegiatan humas. Nah tertarik untuk mencoba strategi PR digital untuk bisnis atau brand kamu?