fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Punya 13,1 Juta Pengguna, Lirik Peluang Besar Bagi Seller Bukalapak

seller bukalapak 01

Sejak berdiri di sebuah kos-kosan pada 2010, Bukalapak tampaknya menunjukkan bahwa ia tidak akan mundur dari kancah e-commerce. Meski banyak platform baru bermunculan. Tetapi Bukalapak masih bisa bersaing dengan berbagai platform besar bahkan yang sudah tingkat dunia. Bukalapak juga terus melakukan inovasi-inovasi yang membuatnya semakin menggiurkan bagi para calon seller Bukalapak. 

Mengutip dari Liputan6.com, bahwa pada akhir Maret 2022, jumlah Mitra yang telah terdaftar mencapai 13,1 juta, meningkat dari 11,8 juta pada akhir Desember 2021. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang sudah ratusan juta. Tentu masih ada ruang untuk para calon seller Bukalapak meraih pundi-pundi di sini. Jika kamu tertarik menjadi seller Bukalapak, simak lebih lengkap di artikel ini.

Cara Menjadi Seller Bukalapak

Ternyata tidak sulit untuk menjadi seller Bukalapak, kamu hanya perlu menjalani tujuh langkah dan kamu sudah bisa bergabung menjadi mitra Bukalapak dan siap berjualan. 

Langkah 1: Kunjungi situs bukalapak.com, klik Daftar

Langkah 2: Isi Formulir

Formulir ini berisi data penting, seperti nama lengkap, alamat email, nomor ponsel, dan data penting lainnya. Pastikan kamu mengisinya dengan jujur dan benar.

Langkah 3: Isi Nama Toko

Dalam menentukan nama toko, selain unik dan mudah orang ingat, jangan lupa bahwa nama toko kamu menunjukkan produk apa yang kamu jual. 

Langkah 4: Buat password

Buatlah kombinasi password yang sulit tetapi mudah kamu ingat. Kalau perlu kamu bisa menyimpan datanya di Google. 

Langkah 5: Baca Syarat dan Ketentuan

Harap dibaca betulan ya agar tidak ada salah paham saat mulai berjualan. Baca dengan teliti sebelum memberi tanda ‘setuju’. 

Langkah 6: Klik Daftar

Setelah semua data diisi, akhiri dengan klik daftar.

Langkah 7: Konfirmasi e-mail

Kamu akan segera mendapatkan konfirmasi melalui email. Jika sudah diterima, klik opsi ‘konfimasi e-mail’. Dan akun kamu pun siap dipakai untuk berjualan. 

Upgrade ke Super Seller Bukalapak

seller bukalapak 02Dalam rangka meningkatkan lalu lintas pengunjung di akun toko kamu, Bukalapak menawarkan badge Super Seller untuk lapak-lapak yang memenuhi syarat. Jika lapak yang memiliki performa di atas 75, maka ia bisa meng-upgrade diri menjadi Super Seller. Nah, di program Super Seller ini akan terkena biaya layanan sebesar 0,5%. Eits jangan gelisah dulu. Biaya layanan ini tidak datang tanpa keuntungan-keuntungan yang tidak bisa didapatkan seller biasa, yaitu: 

  • Punya badge Pelapak Premium dan badge Super Seller jika skor performanya lebih dari 90
  • Traffic calon pelanggan meningkat, begitu pula dengan tingkat kepercayaan pelanggan, sehingga transaksi pun meningkat.
  • Bisa custom kode voucher sesuka kamu
  • Bisa ikut berbagai program dari Bukalapak yang tidak bisa diakses seller biasa, mulai dari program bebas ongkir, hingga diskon program lainnya
  • Bisa menganalisa statistik penjualan
  • Bisa mengakses inventaris stok
  • Bisa mengintip kata kunci populer di Bukalapak dan mengubah nama produk sesuai kata kunci tersebut
  • Bisa memantau kompetitor
  • Mendapat akses ke fitur premium seller Bukalapak, yaitu: 
  1. BukaSend: sebuah fitur kirim paket tanpa perlu pergi ke agen pengiriman. Ada banyak keuntungannya yaitu, banyak pilihan jasa pengiriman, pembayaran aman, paket langsung dijemput kurir, dan bisa melakukan pelacakan pengiriman secara real time. 
  2. Kumpulink: fitur ini memudahkan calon pelanggan untuk menemukan dan membeli produk yang mereka butuhkan karena ada wadah di mana semua link produk dan katalog jualan kamu.
  3. Link JualBeli: ini adalah fitur link tagihan yang dapat kamu bagikan ke pelanggan untuk menyelesaikan transaksi di media sosial atau di luar platform Bukalapak tanpa perlu mengunggah aplikasinya. 
  4. Manajemen Pelanggan: fitur ini bisa kamu sebut sebagai database pelanggan kamu. Dengan database ini, akan lebih mudah bagimu membagikan informasi promosi atau produk baru melalui WA atau Broadcast Chat Bukalapak setiap harinya.

Banyak sekali keuntungannya, bukan? Tapi selain bicara keuntungan, apa saja sih sebenarnya kelebihan dan kekurangan menjadi seller Bukalapak?

Kelebihan menjadi Seller Bukalapak

Bukalapak memiliki fitur-fitur yang berfungsi dengan baik dan sangat membantu seller dalam mengoptimalkan toko online-nya. 

  • Fitur BukaIklan memungkinkan produk kamu muncul di rekomendasi mesin pencari Google
  • Fitur Karyawan Lapak memungkinkan beberapa akun user mengelola satu akun yang sama. Dan fitur ini gratis
  • Komunitas Bukalapak yang mempertemukan para pelapak agar bisa saling berbagi tips, saran, dan juga meningkatkan kedekatan agar semakin kompak. Bukan melulu saling bersaing. 
  • Mitra Bukalapak memungkinkan para pelapak yang memiliki warung agar bisa meningkatkan warungnya agar dapat bersaing di era digital seperti sekarang ini
  • Bisa menambahkan lima foto sekaligus, sehingga lebih menghemat waktu
  • Manajemen stok barangnya sangat akurat, sehingga kemungkinan pelanggan melakukan order untuk produk yang sudah habis sangat kecil
  • Fitur Bukalapak Widget memudahkan seller mempromosikan produk ke situs lain

Kekurangan menjadi Seller Bukalapak

Tak ada gading yang tak retak. Meski sudah banyak fitur, tetapi ada beberapa kebijakan atau layanan yang tidak berfungsi dengan baik bagi para seller

  • Pencairan saldo di Dana membutuhkan waktu lebih lama
  • Tidak ada fitur pre order
  • Jika pelanggan melakukan order tanpa registrasi, seller akan kesulitan melakukan chat jika ada yang mau ditanyakan
  • Waktu proses barangnya terlalu singkat. Hanya 2 hari.
  • Notifikasi orderan sering telat
  • Tidak ada pilihan memblokir pembeli
  • Sulit mengedit deskripsi barang karena kotak deskripsinya kecil

Dari sekian banyak keuntungan dan kekurangan yang dipaparkan tentu saja itu berarti kamu harus punya strategi dalam menjalankan toko kamu di Bukalapak. Bagaimana caranya agar kamu bisa termasuk sebagai mitra Bukalapak yang sukses?

Tips menjadi Seller Bukalapak

seller bukalapak 03Setiap lapak memiliki usaha strategi sendiri agar bisa sukses. Begitu juga di Bukalapak. Berikut beberapa tips yang bisa kamu praktikkan dalam mengelola lapak kamu di Bukalapak:

  • Profil Toko: jangan remehkan kolom profil toko. Di sini kamu bisa mencantumkan alamat toko kamu dan nomor yang bisa dihubungi. Profil toko dapat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan sebelum melakukan order.
  • Foto produk: jangan pelit membagikan foto produk. Tetapi bukan berarti kamu memasang lima foto yang sama sekaligus. Pastikan setiap foto memiliki tujuan tidak hanya sebagai pameran tetapi juga sebagai sumber informasi. 
  • Fast respond: percayalah, bukan hanya toko kamu yang dikunjungi calon pelanggan. Oleh sebab itu, fast respond menjadi wajib ketika ada pertanyaan yang masuk ke kolom chat di lapak kamu jika kamu tidak mau calon pelanggan beralih ke toko sebelah.
  • Percantik tampilan lapak: manusia itu makhluk visual, jadi jika lapak kamu menarik, calon pelanggan akan lebih betah berlama-lama di toko kamu. 
  • Optimasi SEO: SEO sering dilupakan bagi seller pemula. Memang usahanya lebih dan hasilnya tidak langsung terlihat. Namun jika kamu ingin toko kamu bertahan lama, sempatkan waktu untuk mengoptimasi SEO di toko kamu.
  • Terima tantangan dari Bukalapak: Bukalapak sering memberikan tantangan pada para seller-nya yang hasilnya pasti akan sangat berguna dalam meningkatkan performa toko. Jadi jualan tidak melulu melayani pelanggan ya. 
  • Mengikuti program khusus dari Bukalapak: dari waktu ke waktu Bukalapak bisa mengundang kamu untuk mengikuti workshop yang pembahasannya akan sangat berguna bagi para seller

 

Nah, dengan penjelasan di atas sudah siap jadi seller Bukalapak?