fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Memaksimalkan Search Engine untuk Bisnis, Cari Tahu di Sini

Search engine

Search engine atau mesin pencari menjadi salah satu kebutuhan untuk mencari tahu terhadap sesuatu hal. Sebagian orang menggunakan ponsel pintar untuk melakukan ini. Misalnya menggunakan aplikasi mesin pencari untuk mencari tahu nama sebuah lagu, binatang, tempat makan, hingga tempat wisata favorit di suatu daerah.

Mesin pencari menjadi tempat paling cepat dan mudah dalam bertanya daripada teman yang belum tentu mengetahui jawabannya. Sebut saja Google, Bing, Yahoo, Baidu, Yandex, mereka adalah mesin pencari yang penggunanya cukup banyak. Namun, Google adalah mesin pencari yang paling banyak penggunanya. Tapi, berapa persisnya?

Search engine

Pencarian di Google

Data terbaru menunjukkan bahwa Google memproses lebih dari 99.000 pencarian setiap detik (Internet Live Stats, 2022).  Ini menghasilkan lebih dari 8,5 miliar pencarian sehari (Internet Live Stats, 2022). Perkembangan mesin pencari Google mengalami kenaikan tiap tahun. Pada tahun 1998, Google memproses lebih dari 10.000 permintaan pencarian per hari. Sebagai perbandingan, pada akhir tahun 2006 mencapai 3,5 juta jumlah pencarian yang diproses oleh Google dalam satu detik.  Jadi, dalam waktu kurang dari satu dekade, Google berhasil mengubah kebiasaan orang. Dari hampir tidak dikenal menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari para pengguna di seluruh dunia.

Kesuksesan dan popularitas Google sebagai mesin pencari yang tadinya tidak dikenal hingga terkenal, dikarenakan kemampuannya untuk memberikan hasil berkualitas dan relevan bagi pengguna. Nah, bagi kamu yang penasaran tentang search engine atau mesin pencari. Artikel ini akan menjelaskan tentang seluk beluk mengenai search engine, mulai dari pengertian, sejarah dan perkembangan, cara hingga tips memaksimalkan penggunaannya pada bisnis.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Pengertian Search Engine

Search engine, menurut kamus Merriam Webster, merupakan aplikasi komputer untuk mencari data (seperti teks atau database) untuk informasi tertentu. Para pengguna melakukan pencarian data atau informasi dengan mengetikkan kata kunci tertentu. 

Saat melakukan penelusuran, mesin pencari akan menelusuri ratusan miliar laman web dan konten lain yang tersimpan dalam indeks. Mesin akan menemukan dan mencocokkan informasi yang berguna bagi pengguna dengan daftar pencarian terbaik yang tersedia. 

Setelah ketemu, mesin pencari akan memberikan kamu berbagai link ke konten yang sesuai dengan pencarian. Sebutan lain dari hasil pencarian itu adalah search engine results page (SERP). Halaman itu memberikan hasil kepada kamu dari konten yang paling relevan hingga paling tidak relevan. 

Umumnya hasil pencarian yang tampil berurutan, menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung. Sedangkan informasi hasil pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas, seperti halaman web, gambar, dan berbagai dokumen lainnya. 

Pengelola sebagian besar mesin pencari adalah perusahaan swasta seperti Google, Microsoft, Baidu Inc dan sebagainya.

Sejarah dan Perkembangannya

Mesin pencari pertama adalah Archie pada tahun 1990. Berasal dari kata “archive“. Para pembuatnya adalah Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch. Mereka adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. 

Saat itu Archie hanya akan mencari daftar situs File Transfer Protocol (FTP) anonim publik menggunakan protokol Telnet dan membuat indeks file FTP.  FTP pada dasarnya adalah cara untuk mentransfer file antar komputer. Untuk melihat isi file, file tersebut harus diunduh terlebih dahulu. Sayangnya Archie mempunyai kelemahan, yaitu pengguna harus mengetahui nama file yang diinginkan.

Kelemahan Archie membuat Marc McCahill mahasiswa dari Universitas Minnesota menciptakan Gopher pada tahun 1991. Gopher adalah sistem direktori klien/server. Ini memungkinkan pengguna untuk menelusuri informasi di internet dengan cepat.  Saat menggunakan Gopher, kamu akan melihat menu yang mengarah ke dokumen.

Gopher sendiri berasal dari tim olahraga di Universitas Minnesota, Golden Gophers. Gopher juga berasal dari kata “gofer,” yang berarti seseorang yang mengambil barang untuk orang lain, yang persis seperti yang dirancang untuk dilakukan oleh sistem Gopher.

World Wide Web Wanderer

Dua tahun setelah kemunculan Gopher, Matthew Gray mahasiswa MIT membuat World Wide Web Wanderer. Wanderer menjadi mesin pencari pertama yang dapat merayap di WWW (World Wide Web). Nantinya hasil pengindeksan dari pencarian akan dimunculkan di Wandex.

Pada bulan Oktober 1993 Martijn Koster membuat Archie-Like Indexing dari Web, atau Aliweb. Aliweb adalah mesin pencari yg dapat mencari data di World Wide Web.  Adapun cara kerjanya mengambil file indeks dari banyak server di Web dan menggabungkannya ke dalam satu database yang dapat dicari.

Aplikasi mesin pencari semakin berkembang. Hingga pada April 1994, dua kandidat Ph.D. Universitas Stanford, Jerry Yang dan David Filo melakukan sebuah proyek membuat daftar bookmark yang dikelompokkan berdasarkan subjek. Bookmark itu tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” kemudian diganti menjadi Yahoo!, yang berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Perkembangan Yahoo semakin pesat, tidak hanya membuat aplikasi mesin pencari, juga webmail, games dan sebagainya. Namun, pada tahun 2017, Yahoo dibeli oleh Verizon, sebuah perusahaan telekomunikasi di Amerika Serikat. 

Munculnya Google

Pada tahun 1995, Larry Page dan Sergey Brin membangun mesin pencari yang menggunakan tautan untuk menentukan pentingnya setiap halaman di World Wide Web. Mereka menyebut mesin pencari ini Backrub. Namun, nama itu kemudian berganti menjadi Google. Selama beberapa tahun berikutnya, Google menarik perhatian tidak hanya komunitas akademis, tetapi juga para investor di Silikon Valley. Hingga kini Google tetap digunakan sampai hari ini.

Pada tahun 1997, CompTek meluncurkan sebuah mesin pencari bernama Yandex diluncurkan pada 23 September. Nama ini pada dasarnya adalah kombinasi dari dua kata “Ya” (yang berarti ‘Saya’) dan “Indeks”. Jika digabung berarti ‘indeks saya’ atau ‘indeks untuk saya’. Cara kerja mesin pencari ini berdasarkan pada morfologi bahasa Rusia, mempertimbangkan jarak antar kata, dan mampu membuat peringkat setiap dokumen. Di tahun 2000, Comptek berganti nama menjadi Yandex.

Munculnya Baidu dan Bing

Kemudian pada tahun yang sama, Robin Li dan Eric Xu membuat mesin pencari bernama Baidu. Mesin pencari ini mirip dengan Google, tapi penggunaannya hanya khusus Cina. Cara kerjanya, Baidu menyensor hasil pencarian dan konten lainnya di luar dari negara asalnya sesuai dengan peraturan Tiongkok.

Pada tahun 2009, Microsoft meluncurkan mesin pencari bernama Bing. Sebelumnya Microsoft telah membuat berbagai mesin pencari, seperti MSN Search, Live Search, dan Windows Live Search, tapi semuanya tidak bisa mengungguli Google.

Setelah itu, banyak bermunculan mesin mesin pencari, tapi dalam perkembangannya banyak yang kalah kepopulerannya oleh Google.

Perusahaan-Perusahaan Pembuat Search Engine

Ada beberapa perusahaan-perusahan pembuat search engine di dunia. Sebagian dari mereka sebelumnya adalah para mahasiswa yang membuat mesin pencari hingga berkembang membuat perusahaan sendiri. Berikut ini perusahaan pembuat search engine.

  1. Yandex

Perusahaan ini berlokasi di Rusia dengan mempunyai mesin pencari bernama Yandex. Saat berdiri pertama kali, Yandex hanya memiliki 25 karyawan. Sekarang, memiliki kantor dan perwakilan di sepuluh negara dengan total karyawan mencapai 18.000 orang. 

  1. Google Inc

Perusahaan mempunyai mesin pencari bernama Google sesuai nama perusahaan. Pada awalnya didirikan oleh dua orang Larry Page dan Sergey Brin. Yang kemudian mereka mendapat investor dari Silicon Valley dan membuat perusahaan sesuai dengan nama mesin pencari yang mereka buat.

  1. Baidu Inc

Baidu, Inc mempunyai mesin pencari bernama Baidu. Didirikan pada Januari 2000 oleh penciptanya, Robin Li dan Eric Xu. Baidu telah berkembang menjadi perusahaan teknologi multinasional Tiongkok yang menyediakan layanan, produk, dan kecerdasan buatan (AI) terkait internet.

  1. Microsoft Corp

Microsoft Corporation adalah perusahaan multinasional Amerika Serikat. Perusahaan ini mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung berbagai produk dan jasa terkait dengan Komputer. Dalam perjalanannya, perusahaan ini membuat  beberapa search engine seperti MSN Search, Live Search, dan Windows Live Search. Namun, semuanya gagal. Hingga akhirnya meluncurkan Bing.

  1. Verizon 

Perusahaan telekomunikasi asal New York ini dalam perkembangannya mengakuisisi Yahoo senilai $4,48 miliar pada tahun 2017. Semenjak itu, Yahoo Search menjadi milik Verizon.

Search engine

Jenis-Jenis Search Engine Selain Google

Dalam perkembangan, mesin pencari banyak yang kalah saing dengan kepopuleran Google. Sehingga berdampak pengembang mesin pencari selain Google tidak melanjutkan pengembangan. Meski demikian, masih ada mesin pencari yang bertahan dan mampu bersaing dengan Google. Berikut ini jenis-jenis mesin pencari selain Google.

  1. Yandex

Mesin pencari ini berasal dari Rusia. Penggunanaya juga sebagian besar dari negara asalnya. Seperti Google, mesin pencari ini dapat mencari berbagai  situs, web, gambar, video dan berita. Selain itu, mesin pencari ini  terdapat aplikasi tambahan seperti aplikasi seluler, peta, terjemahan, penyimpanan cloud dan lainnya.

  1. Bing

Bing merupakan mesin pencari besutan Microsoft. Terdapat teknologi pencarian di dalam Bing, bernama PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Selain itu, mesin pencari ini memiliki kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email.

  1. Yahoo Search

Yahoo Search tadinya punya Yahoo Inc, tapi dalam perkembangannya Verizon melakukan akuisi. Meski sudah dimiliki oleh perusahaan lain, Yahoo Search masih digunakan oleh sebagian orang di dunia. 

  1. Baidu

Merupakan mesin pencari asal China. Dalam penggunaannya, mesin pencari mayoritasnya dipakai oleh masyarakat Cina. 

Fungsi Search Engine bagi Bisnis

Dalam perkembangannya, penggunaan mesin pencari sudah menjadi kebiasaan setiap orang untuk mencari berbagai hal. Mulai dari lirik lagu, hingga tempat makan favorit. Ini menjadi peluang dan bisa kamu manfaatkan dalam bisnis. Berikut beberapa fungsi search engine bagi bisnis:

  1. Untuk Mendongkrak Traffic Web

Fungsi pertama adalah untuk mendongkrak website kamu di halaman pertama mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. Semakin website bisnis berada di rangking pertama, makin banyak yang berkunjung. 

  1. Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Dengan banyak pengguna yang berkujung ke website melalui mesin pencari dapat meningkatkan brand awarness bisnis kamu. Sebab, jika toko online kamu berada di halaman pertama mesin pencari, tentu akan memudahkan konsumen menemukan produk atau brand yang berada di dalam situs. Maka secara tidak langsung, membuat produk atau brand diketahui dan diingat oleh calon konsumen. 

Tips Memaksimalkan Search Engine untuk Bisnis

Untuk memaksimalkan mesin pencari untuk bisnis ada beberapa cara yaitu sebagai berikut:

  1. Buat Konten Menarik Berdasarkan Kata Kunci Sesuai Bisnis Kamu

Cara pertama adalah membuat konten atau artikel menarik berdasarkan kata kunci sesuai bisnis kamu. Bila kamu menjual ponsel, kamu bisa membuat berbagai artikel dengan bermacam kata kunci ponsel. Misal, ponsel murah, ponsel terbaik, dan sebagainya.

  1. Gunakan Long Tail Keyword

Agar terindeks oleh mesin pencari, gunakan long tail keyword. Adapun contohnya, seperti “rekomendasi harga smartphone terbaik 2022”. Kamu juga bisa memasukkan nama perusahaan dalam kata kunci tersebut. 

  1. Optimasi Gambar

Gambar memiliki peran penting untuk membantu pengunjung memahami kamu. Dalam optimasi gambar, gunakan gambar yang ukurannya tidak kurang dari 100kb. Selain itu, buatlah judul gambar menggunakan keyword sesuai konten yang kamu buat. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP