fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Sempat Viral! 9 Cara Promosi Bisnis yang Lucu dan Unik 

Strategi Promosi

Salah satu elemen penting dalam berbisnis adalah melakukan promosi. Dengan berpromosi kamu bisa menggaet calon pembeli atau klien yang tidak kenal modal bisnis kamu atau produk yang kamu jual. 

Promosi juga membantu agar bisnis tetap eksis di tengah persaingan yang ada. Beberapa alasan pentingnya dari sebuah promosi antara lain sebagai berikut.

  • Memberi informasi produk

Tidak semua orang tahu produk atau jasa apa yang kamu jual. Dengan promosi orang menjadi lebih mengerti soal produk, keuntungan, manfaat, dan harga barang kamu. Orang pun jadi bisa memilih dan membandingkan antara produk kamu dengan kompetitor.

  • Menjangkau market yang lebih luas

Semakin kamu sering berpromosi, semakin orang tahu produk yang kamu jual. Ini akan semakin memberi peluang yang lebih besar bagi konsumen membeli barang kamu.

  • Menciptakan brand awareness

Bagi kamu yang baru memulai bisnis, promosi penting untuk menciptakan brand awareness. Orang tentu tidak kenal nama produk atau jasa yang kamu buat. Untuk itulah pentingnya promosi agar nama produk kamu sampai ke khalayak luas. Semakin sering promosi, semakin orang tahu nama produk kamu dan akhirnya menciptakan brand awareness.

Sebegitu pentingnya promosi dalam bisnis maka perlu kamu pikirkan baik-baik model promosi apa yang harus kamu gunakan. Terutama di era digital seperti saat ini, sesuatu yang viral bisa mendatangkan banyak cuan. Ini beberapa ide promosi bisnis yang lucu dan unik yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Sayembara Tak Terduga

cara promosi bisnis
Sumber: TikTok @esdegan_drivethru via suara.com

Siapa yang tidak senang mendapatkankan hadiah? Inilah yang jadi ide dari seorang penjual es degan. Melansir dari Suara, pemilik bisnis es degan ini membuat sayembara pencarian uang yang hilang. Dia membuat papan promosi di pinggir jalan. Alih-alih menggunakan kata diskon, ia menggunakan kalimat ‘dicari uang hilang’.

Dalam papan promosi dituliskan ‘Dicari uang hilang Rp5000. Bila menemukan akan mendapatkan imbalan satu bungkus es degan.’  Tak lupa dalam papan tersebut menyertakan gambar uang Rp5000 dan es degan segar.

Ini merupakan salah satu strategi promosi yang terselubung. Sebab rupanya, Rp5000 adalah harga satu porsi es degan. Itu artinya, dengan memberikan uang sejumlah Rp5000 yang kamu ‘temukan’, sama saja kamu membeli es degan dengan harga tersebut.

Curhat Hilang Uang Rp10 Ribu

cara promosi bisnis
Sumber: Facebook Gadjah Mungkur via food.detik.com

Sedikit mirip dengan sayembara uang Rp5000, promosi bisnis yang dilakukan oleh mi ayam di Madiun pun bisa viral. Hal ini berawal dari curhat seorang penjual mi ayam di Facebook yang bilang kalau dia kehilangan uang Rp10 ribu. Mengutip dari Detik.com, akun bernama Gadjah Mungkur itu bilang siapa yang bisa mengembalikan uang Rp10 ribu maka akan mendapat imbalan 1 porsi mi ayam ditambah es teh atau es jeruk. Tak lupa penjual menambahkan alamat warung mi ayamnya. Dalam curhat ini Gadjah Mungkur memposting juga foto mi ayam dan lembaran ungu uang sepuluh ribu. 

Sebenarnya pemilik mi ayam tidak kehilangan uang karena harga satu porsi mi ayam dan minuman sama dengan nilai uang sepuluh ribu. Unggahan ini sontak menjadi viral dan membuat beberapa netizen pun jadi penasaran dengan warung mi ayam ini.

Rich Brian Pesan GoFood ke Amerika

cara promosi bisnis
Sumber: Twitter @88rising via inet.detik.com

Beberapa tahun lalu sempat viral Rich Brian yang nge-tweet ‘just left for New York & already miss Indonesian food.’  Tak lama kemudian twit ini dibalas oleh Gojek Indonesia. Mereka menawarkan sejumlah menu Indonesia seperti bakmi, nasi goreng, bakso, mi ayam, dan banyak lagi.

Dalam dalam waktu singkat muncul gambar Rich Brian sedang menerima pesanan dari petugas Gojek yang menggunakan jaket hijau yang khas itu. Tentu saja berita ini menjadi viral. Orang pun mulai bertanya-tanya apakah Gojek bisa mengantar makanan sampai ke Amerika?

Dikutip dari detik.com, jelas saja aksi ini menimbulkan banyak reaksi dan menjadi viral. Sejumlah orang jadi bertanya-tanya berapa ongkir agar pesannya bisa sampai ke Amerika. Ada pula yang menyebut ini sebagai ‘S3 marketing‘.

Spanduk Laundry Lee Min Ho 

cara promosi bisnis
Sumber: facebook.com

Pemilik bisnis perlu tahu siapa target market mereka agar strategi promosi tepat sasaran. Sadar kalau masyarakat Indonesia tergila-gila dengan drakor, maka sebuah tempat laundry memanfaatkan momen ini. Mengutip dari Kaskus, mereka memasang foto Lee Min Ho dalam ukuran besar lengkap dengan tulisan ‘ Lee Min Ho Pernah Laundry di Sini.’ Namun, kalau kamu melihatnya dan memperhatikan lebih lanjut, ada tambahan kata ‘tidak’ sebelum tulis ‘pernah’ dengan ukuran tulisan yang sangat kecil. Kalau tidak kamu baca secara teliti akan luput dari penglihatan. 

Sebenarnya kalimat tersebut cuma bilang Lee Min Ho tidak pernah laundry di tempat tersebut. Secara logika pun memang tidak mungkin, ya, seleb Korea itu melakukan laundry di situ. Namun, dengan memasang foto Lee Min Ho dengan tulisan yang catchy ini sudah berhasil menarik perhatian dan menjadi viral.

Jualan Tahu Lewat Nomor WhatsApp

 

cara promosi bisnis
Sumber: Twitter @txtdarikostan

Salah satu penjual tahu mempromosikan jualannya dengan cara yang unik. Mengutip dari Pikiran Rakyat Bekasi, dia menjual dagangan tahu dengan sepeda motor matic. Dalam kotak tahu dia meletakan promosi jualan tahunya dan menyertakan nomor WA untuk memesan. 

Kalimat yang tertera adalah ‘ Tahu keju, tahu susu, tahukah kamu kalau 0838246102830 itu WhatsApp aku. Terima pesanan.’

Cara mempromosikan dengan permainkan kata ini sungguh menggelitik dan membuat orang yang membacanya tertawa.

Spanduk Promosi ala Caleg 

cara promosi bisnis
Sumber: Instagram @ngumpulreceh

Menjamurnya spanduk para caleg atau calon legislatif di sejumlah kota membuat banyak pebisnis UMKM memanfaat momen ini untuk  ikut promosi. Mereka membuat spanduk seolah-olah caleg tetapi yang mereka promosikan adalah produk mereka. Dikutip dari Brilio, ada beberapa spanduk ala caleg yang mereka gunakan sebagai alat promosi. Misalnya pebisnis yang jualan pupuk dan bibit lele. Dalam spanduknya dia menuliskan, “Jangan pilih saya, saya tidak nyalon. Pilih produk kami.”

Ada pula pemilik rental mobil yang membuat promosi seperti spanduk caleg dengan menyertakan foto sekaligus nomor WA yang bisa calon pelanggan hubungi.

Spanduk yang di pinggir jalan dengan kalimat-kalimat lucu tentu saja membuat sangat menarik perhatian masyarakat. Tidak hanya membuat orang penasaran tetapi juga jadi viral.

Sisca Soewita Gantung Panci

cara promosi bisnis
Sumber: Instagram @sisca.soewitomo via kompas.com

Bagi khalayak pecinta acara masak memasak tentu akrab dengan nama Sisca Soewito yang dikenal sebagai jagonya masak. Ketika Sisca menggugah berita dia akan gantung panci di akun media sosialnya, masyarakat pun heboh. Beberapa merasa sedih tidak akan melihat lagi beliau masak. Berita soal gantung panci pun jadi viral. 

Ternyata, masyarakat kena prank. Melansir dari Kompas, Sisca membuat klarifikasi. Dia menjelaskan kalau status gantung panci.

“Memang benar saya gantung panci, selain itu saya juga gantung penggorengan, sutil, nungguin, ya… “

Sisca menyatakan dia tidak berhenti dari dunia masak memasak. Dia menjelaskan gantung panci hanya sementara saja karena ada beberapa promo menarik dari layanan pesan antar GoFood yang sedang promo diskon.

Odading Mang Oleh

cara promosi bisnis
Sumber: kaskus.co.id

Odading dan cakue adalah kuliner kaki lima yang mudah didapatkan. Namun, hanya Mang Sholeh (Oleh) yang bisa menjual odading sampai jadi viral. Berawal dari video yang disebarkan oleh Ade Londok yang memvideokan Mang Oleh saat berjualan. Mang Oleh mempromosikan jualannya dengan kata-kata yang nyeleneh dan nadanya pun dibuat seperti orang sedang emosi.  Salah satu kalimat yang unik yang Mang Oleh ucapkan adalah, “rasanya (setelah dimakan) seperti Anda menjadi Iron Man.”

Efeknya masyarakat pun jadi penasaran dengan odading yang dijual oleh Mang Oleh dan jualannya jadi viral. Gerobak odading dan cakue yang ada di jalan Baranangsiang Bandung ini sontak diserbu oleh pembeli. Mengutip dari Kompas, jualannya mengalami kenaikan omzet sebanyak empat kali.

“Sebelum viral omzet per hari Rp700.000 setelah viral dikali empatlah (sekitar Rp2,8 juta),” ucap Mang Oleh.

Surabi Penangkal Corona

cara promosi bisnis - Warung kue Surabi
Sumber: tempo.co

Memanfaatkan momen bisa kamu jadikan salah satu ide promosi bisnis yang luar biasa. Seperti yang seorang penjual surabi lakukan di kabupaten Bandung. Dikutip dari Tempo, Abah Odang berjualan di pinggir jalan desa di Cimenyan. Dia memasang spanduk di tempatnya berjualan dengan tulisan Surabi Penangkal Corona Abah Odang. Walau tidak ada penjelasan bagaimana surabinya bisa menjadi sebagai penangkal Corona, tetapi spanduk ini sudah membuat orang yang lewat jadi penasaran. 

Wah, sangat unik, ya? Lagi-lagi, semua cara promosi tersebut bisa berhasil salah satunya berkat peran media sosial. Maka, jangan lupa untuk memadukan strategi promosimu dengan promosi di media sosial atau digital marketing lainnya.

Apakah cara-cara di atas menginspirasimu dan menumbuhkan ide lainnya?

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP