fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

SEO dan SEM, Jurus Jitu Meningkatkan Bisnis

Kamu ingin meningkatkan visibilitas toko online kamu di mesin pencarian? Ada dua cara agar website jualan kamu dikunjungi setiap orang. Pertama dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization) dan kedua dengan SEM (Search Engine Marketing).

Keduanya mempunyai perbedaan, SEO melakukan pendekatan menggunakan metode organik untuk muncul di hasil pencarian. Sedangkan SEM metode berbayar untuk muncul di hasil pencarian. 

Apa Itu SEO? 

Ada beberapa versi istilah SEO ditemukan. Versi pertama dari cerita Bob Heyman yang saat itu berhasil membuat situs jstarship berada dalam halaman pertama Google pada tahun 1995. Di tahun 1996, Danny Sullivan memposting penelitian tentang mesin pencari yang kemudian lebih dikenal dengan “A Webmaster’s Guide to Search Engines”. Dalam tullisan itu Sullivan memberitahu tentang cara untuk mendapatkan hasil yang baik pada mesin pencari. 

Ada definisi menarik dari Jason Barnard, bahwa SEO merupakan seni dan ilmu dalam membuat mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, untuk merekomendasikan konten kamu ke pengguna mereka

Atau dengan kata lain, SEO berarti menggunakan berbagai strategi agar sebuah situs atau konten secara organik muncul di mesin pencari. Untuk muncul di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo tentu tidak mudah, ada algoritma kompleks yang harus dikalahkan, sehingga toko online kamu bisa muncul di halaman pertama, ketika seseorang mencari kata kunci tertentu. 

Empat Pilar Strategi SEO

Terdapat empat pilar dalam strategi SEO agar website kamu terindeks  mesin pencari. 

  • On Page

OnPage yaitu mengoptimalkan halaman web agar membantu mesin pencari memahami konten dalam konteks, termasuk hal-hal seperti judul, optimasi tag H1 dan meta, tag alt gambar, dll. Contoh strategi di On Page meliputi:

  1. Konten yang informatif dan ditulis dengan baik
  2. Meta data, seperti tag halaman dan meta description yang dioptimalkan dan juga menyertakan kata kunci (kata atau frasa yang diketik orang ke dalam bilah pencarian, seperti, “Apa itu kata kunci dalam SEO”)
  3. Off Page 

Sesuai namanya Off Page, atau di luar halaman website yaitu mengoptimalkan pembangunan tautan website kamu di berbagai situs internet. Intinya adalah peningkatan kepercayaan web kamu di mata mesin pencari. Agar bisa melakukan strategi ini kamu perlu melakukan hal-hal berikut:

  1. Mendapatkan situs web yang berperingkat yang bisa menautkan ke konten di situs kamu.
  2. Mendapatkan banyak lalu lintas ke situs web kamu melalui berbagi media sosial
  3. Mendapatkan perhatian melalui situs bookmark sosial seperti Reddit

LummoSHOP_SEO-dan-SEM

1.Teknikal SEO

Agar semakin cepat di urutan pertama, kamu perlu memperbaiki website kamu lebih cepat, terindeks oleh Google, dan mobile friendly

2. Konten

Konten adalah raja. Konten adalah salah satu faktor peringkat utama Google, dan tanpa konten hebat yang sesuai dengan maksud pencari, kamu akan kesulitan untuk meraih peringkat di posisi teratas. Tetapi konten jauh lebih dari sekadar copywriting, dan perlu ada strategi yang solid.

Agar strategi SEO ini berhasil, kombinasi empat pilar ini harus kamu lakukan. Oleh karena SEO adalah strategi jangka panjang, maka dibutuhkan kesabaran dalam membangun konten, tautan, dan mencapai peringkat yang baik. 

Berikut tips agar website kamu bisa mendapatkan pengunjung:

  • Temukan kata kunci yang tepat

Setelah kamu mengerti empat pilar dalam SEO. Yang pertama kali kamu harus lakukan adalah menentukan kata kunci yang tepat agar website kamu selalu berada di dalam pencarian pada kunci tertentu. Jika kamu menjual laptop dan target pasar kamu untuk menengah ke bawah, kamu bisa membuat kata kunci dengan ‘Laptop murah’. 

Kamu juga bisa meriset kata kunci dengan membuat Google Adwords dan Google Trend. Buatlah 20 sampai 50 kata kunci yang dicari oleh pengguna di internet. Setelah tahu, buat rencana konten dengan menggunakan kata kunci tersebut di halaman website kamu.

  • Fokus pada yang membedakan kamu dengan kompetitor

Agar teknik ini berhasil, kamu perlu fokus pada kata kunci yang membedakan kamu dengan kompetitor. Misal, produk, lokasi geografis, atau kamu punya tagline tertentu.

  • Jangan terlalu banyak memasukkan kata kunci

Kamu tidak perlu memasukkan banyak kata kunci di konten kamu. Karena ini berisiko dan mengganggu pembaca. Kamu bisa menggunakan konten menarik tapi soft selling.

  • Buat tautan ke situs kamu

Semakin banyak situs yang tertaut dengan situs kamu, maka semakin tinggi peringkat kamu di situs pencarian. Kamu bisa bekerja sama dengan sesama komunitas pebisnis untuk saling menautkan link atau membayar blogger atau  media.

  • Publikasikan konten berkualitas tinggi dan banyak 

Misi utama mesin pencari adalah membantu orang menemukan jawaban atas pertanyaan mereka. Jadi strategi terbaik agar kamu mendapatkan lalu lintas pengunjung ke website jualan adalah membuat konten menarik dan bermanfaat. Kamu bisa membuat berbagai konten seperti cara sukses jualan online, cara jualan online, cara buat website jualan, hingga bagaimana mendapatkan domain gratis.

  • Ukur hasil

Setelah melakukan semuanya, kamu bisa mengukur hasilnya melalui situs berbayar dan gratis seperti Moz, SpyFu.com, SEMRush.com, dan Google Analytics yang akan memberi lebih banyak informasi tentang kinerja SEO situs kamu. 

Itulah beberapa tips SEO yang perlu kamu ketahui, lalu bagaimana dengan SEM?

LummoSHOP_SEO dan SEM

Apa Itu SEM?

SEM diartikan sebagai semua yang dilakukan dengan cara berbayar agar kata kunci berada di halaman mesin pencari.  Bisa dibilang SEM berbeda dengan SEO yang menggunakan taktik organik. SEM menggunakan berbagai platform periklanan PPC (pay per click) seperti Google Ads dan Bing Ads menggunakan format iklan tersedia untuk menjangkau atau mengundang audiens mengunjungi situs kamu. 

Jika kamu menggunakan SEM, kamu bisa memulainya dengan penelitian kata kunci yang komprehensif untuk membuat kampanye bertarget yang menempatkan produk dan layanan kamu.

Kampanye ini mencakup hal-hal seperti:

  1. Iklan Penelusuran (iklan teks)
  2. Iklan Belanja
  3. Iklan Bergambar
  4. Iklan Gmail
  5. Iklan YouTube

Secara teknikal, saat pengguna internet menelusuri kata kunci iklan kamu, iklan akan muncul dengan jelas di hasil penelusuran. Iklan penelusuran berbayar sering kali terlihat seperti hasil penelusuran organik, tetapi biasanya ditandai dengan “iklan” atau “konten bersponsor”.

Manfaat SEM

Berbeda dengan SEO yang membutuhkan waktu lama agar berada di halaman pertama mesin pencari. Namun, dengan menggunakan SEM hanya perlu waktu singkat. Dalam menggunakan SEM kamu menjadi pengendali penuh kapan iklan ditampilkan dan siapa targetnya.

SEO vs SEM: Mana yang Lebih Baik?

Jika kamu bertanya-tanya mana yang lebih baik, maka sebetulnya keduanya saling melengkapi dan strategi pemasaran terbaik adalah menggunakan keduanya. SEO itu penting sebagai fondasi website jualan kamu. Banyak orang lebih meng-klik konten atau website yang organik berada di mesin pencari, ketimbang dari yang muncul karena berbayar.

Namun, karena konten organik munculnya agak lama. Maka kamu bisa mengisi kekosongan itu dengan menggunakan strategi SEM, sambil kamu membangun peringkat pencarian di mesin. Dari sana kamu bisa menggunakan data dari strategi SEM untuk meningkatkan pendekatan SEO kamu. Seperti berapa banyak hasil dari SEM untuk konversi dari kata kunci, ‘laptop murah’, perkiraan seputar peluang lalu lintas, dan banyak lagi. Dalam hal ini, anggap SEM sebagai tempat pengujian untuk SEO sehingga kamu bisa meningkatkan konten atau mengubah kata kunci, karena berdasarkan hasil SEM misalnya kurang bagus.

Itulah perbedaan SEO dan SEM yang bisa kamu gunakan dalam toko online kamu. Kalau belum punya, kamu bisa memulainya dengan LummoSHOP.

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP