fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Simak 8 Cara Sukses Bikin Blog untuk Bisnis!

Bikin Blog

Apakah bisnis kamu sudah memiliki sebuah blog? Sudah tahu bagaimana cara bikin blog yang sukses untuk bisnismu?

Dalam kegiatan marketing, blog telah bertransformasi menjadi salah satu fasilitas yang dapat berperan vital. Mengintegrasikan blog dengan website bisnis merupakan cara efektif dalam mengoptimalisasi pertumbuhan bisnis. 

Berikut adalah cara sukses bikin blog untuk bisnis, agar blog bisnis kamu tidak sekadar jadi pajangan di website jualan kamu tetapi menjadi salah satu cara meyakinkan calon konsumen terhadap bisnis kamu. 

Mengapa Harus Membuat Blog Bisnis?

Pada bisnis usaha kecil, salah satu elemen paling penting dalam membantu pertumbuhan bisnis tersebut adalah adanya media sosial yang terintegrasi dengan blog. Selain tidak membutuhkan biaya besar dan maintenance-nya ringan, blog menjadi media ampuh untuk menginformasikan produk atau jasa sekaligus mengedukasi pembaca.

Dengan blog, tidak ada batasan tulisan seperti di caption media sosial sehingga bisa membuat tulisan yang lebih lengkap dalam satu artikel. Selain itu dengan blog kamu juga dapat menambahkan foto dan video sehingga dapat memanjakan visual pengunjung.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Ini dia langkah-langkah membuat blog bisnis:

  1. Desain Blog Bisnismu Sendiri

Karena ini adalah blog bisnis, tentu penanganannya berbeda dengan blog personal. Oleh sebab itu, sebagai cara sukses bikin blog untuk bisnis, sebaiknya sebelumnya rapatlah dengan tim marketing terkait desain blog bisnis yang disesuaikan dengan desain website bisnis. 

    • Tentukan tema baik dari konsep ataupun palet warna agar tetap berada di colorboard yang sama dengan website jualan kamu, media sosial jualan kamu, dan tentunya sesuai dengan produk kamu. Ini penting untuk kepentingan branding bisnis kamu.
    • Tentukan foto dan banner profilnya. Foto dan banner profil di sini bisa berupa foto produk andalan atau logo bisnis atau bahkan bisa juga foto kamu sebagai owner. Apa pun yang dipilih, pastikan dipilih demi kenyamanan calon konsumen dan tentunya yang paling mendatangkan cuan. 
    • Pastikan desain blog bisnis kamu mobile-friendly, dan gambar-gambarnya harus beresolusi tinggi. Jika laman blog kamu tidak mobile-friendly dan sulit dioperasikan, hal tersebut bisa membuat konsumen tidak akan mau berlama-lama di sana. 
    • Navigasi blog diciptakan untuk memudahkan pengunjung, bukan sebaliknya. Pastikan tata letaknya memudahkan pengunjung mencari informasi yang dibutuhkan.
  1. Buat Rencana Konten

Setelah menentukan desain, maka cara sukses bikin blog bisnis selanjutnya adalah merencanakan konten. Jangan buat konten dadakan karena eksekusinya nanti akan tidak optimal. Langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut. 

    • Rencanakan konten apa saja setidaknya untuk satu minggu hingga satu bulan ke depan. Membuat rencana konten hingga beberapa hari ke depan, membantu kamu menentukan tema dan memudahkan untuk mencari ide konten ketimbang mencari ide secara acak. 
    • Buat jadwal posting untuk tulisan di blog dan tulisan di media sosial, sehingga tidak bertabrakan, terjadi pengulangan atau saling tumpang tindih. Konten di blog dan di media sosial sejatinya saling bertautan, bukan saling mendahului. 
    • Riset kata kunci yang akan dipakai di dalam konten blog, karena akan mempengaruhi SEO adalah salah satu cara sukses bikin blog untuk bisnis. Gunakan tools seperti Google’s Keyword Planner dan UberSuggest, atau tools berbayar seperti Wordstream.com, WordTracker dan KeywordDiscovery.com untuk menentukan kata kunci.
  1. Tentukan Keyword Blog Bisnis Kamu

CEO TopRank Marketing, Lee Odden memberikan saran agar blog bagi bisnis kecil menjadi penunjang website perusahaan, dengan berperan sebagai Landing Page, penyedia tips bisnis kecil, dan menjadi alat pemasaran. Tidak berlebihan mengatakan bahwa isi blog kamu menjadi salah satu cara sukses bikin blog bisnis. 

Dengan peran seperti itu, maka isi blog bisnis kamu sebaiknya berkisar tentang: 

    • Wadah testimony pelanggan tentang produk atau jasa, 
    • Kisah-kisah entrepreneurship,
    • Tutorial atau berbagi tips, 
    • Tempat berpromosi.  

Untuk itu, gunakan keyword atau kata kunci yang sesuai dengan tema isi blog kamu juga yang paling banyak dicari target market kamu agar meraih peringkat teratas di Google. Peringkat teratas di Google membantu kamu meningkatkan pengunjung secara organik dan akhirnya semakin besar pula peluang mengubah pengunjung organik menjadi pelanggan. 

Bikin BlogMenurut riset beberapa situs penyedia jasa SEO, 75% pengguna Google akan mengklik halaman pertama pencarian, dan itu sama saja seperti ikan kecil bersaing dengan ikan paus di lautan yang luas.

Dengan alasan tersebut, buatlah kata kunci panjang (long-tail keyword) yang volume pencariannya tergolong rendah tetapi masih relevan. Keyword yang tepat adalah salah satu cara sukses bikin blog untuk bisnis. 

  1. Pilih Platform Blog Bisnismu

Platform blog bisnis yang tepat untuk melakukan bisnis biasanya menggunakan WordPress, karena memiliki banyak plugin canggih jika dibandingkan Blogger. Belum lagi WordPress sangat bersahabat dengan SEO, sehingga akan memudahkan pencarian karena tak jarang menduduki peringkat satu hasil pencarian Google.

  1. Pilih Web Hosting dan Domain Sendiri

Dengan menggunakan domain sendiri, maka kredibilitas website dan blog akan meningkat dan juga lebih ramah SEO.

Karena ini adalah blog bisnis, nama domain yang kamu pilih hendaknya mencerminkan identitas bisnis kamu secara online, jadi pastikan nama yang kamu pilih unik tetapi juga tetap merepresentasikan dengan bisnis kamu.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat membuat domain:

    • Terdiri dari kata pendek atau sekitar 4-7 karakter 
    • Tidak menggunakan tanda hubung dash (-)
    • Mencerminkan nama brand
    • Mudah dingat

Misalkan, jika kamu memiliki bisnis “Aksesoris Wanita” maka pastikan memilih nama domain yang berisi keyword “accessories” atau “pernak-pernik” di dalamnya. Tentu saja kamu tidak ingin jika blog yang kamu buat dengan susah payah berisi tentang tutorial dan tips mendekorasi rumah, tapi nama blog kamu malah dicari oleh mereka yang mencari tips seputar make-up hanya karena ada unsur kata “make-over” di dalamnya!

Jika kamu bingung dan kesulitan mencari nama domain yang pas, kamu bisa memanfaatkan bantuan robot pencari di domainsbot.com.

  1. Buat Blog Bisnis yang Mudah Dibagikan

Salah satu cara sukses bikin blog untuk bisnis tentu saja harus selalu responsif terhadap pembaca.

    • Buat pop-up kotak Tanya-Jawab agar pengunjung dapat langsung terhubung dengan kamu. Hargai pendapat pengunjung atau keberadaannya dengan menjadi responsif. Tidak sekadar berkomentar, tapi pancing juga mereka untuk bercerita.  
    • Gunakan LinkedIn Pulse. Pasang blog bisnis kamu di sana agar dapat diperhitungkan sebagai sumber bacaan yang kredibel di kalangan eksekutif.
    • Gunakan media sosial sebagai alat untuk menyebarkan konten blog secara berkala. Buatlah micro-blogging di Feed Instagram sehingga orang tertarik untuk membaca artikel lengkap di blog.
  1. Jangan Bekerja Sendiri

Karena media sosial dan blog berkesinambungan dengan jadwal tayang yang saling berkejaran, ada baiknya bekerja dalam tim yang solid.

    • Pekerjakan admin khusus untuk mengelola media sosial dan menjawab di kolom komentar. 
    • Siapkan sebuah ponsel untuk menjawab dengan cepat permintaan produk. Gunakan fitur balas pesan otomatis pada platform WhatsApp.
    • Setia pada jadwal tayang artikel menjadi cara sukses bikin blog untuk bisnis dan gunakan editor untuk mengkurasi tulisan yang akan tayang di blog.
    • Gunakan jasa copywriter untuk membuat caption di Instagram

Bikin Blog

  1. Gunakan Landing Page Informatif

Tadi kita bicara tentang Landing Page, sebagai cara sukses bikin blog untuk bisnis. Landing Page itu sendiri adalah sebuah beranda halaman yang kamu targetkan sebagai tempat para pengunjung akan tiba dari mesin pencari. Landing Page harus representatif, baik dari pemilihan tema, warna, dan informasi sekilas.

Contoh isi Landing Page adalah:

    • Pilihan menu dengan navigasi yang baik
    • Judul yang menarik perhatian
    • Keuntungan yang ditawarkan
    • Deskripsi produk
    • Video tentang info produk
    • Beberapa testimoni
    • Beberapa brand yang pernah memakai jasa bisnismu

Jika kamu membuat blog untuk menjual jasa catering makanan sehat, maka kamu bisa membuat banyak artikel seputar bahan organik atau bahkan menu makanan bebas gula dan minyak, misalnya.

Semakin banyak artikel, maka akan semakin banyak pula ragam kata kunci yang akan kamu kuasai.

Sudah siap membuat blog untuk bisnis kamu? Yuk cari tahu lebih banyak insight tentang blogging, marketing dan penjualan di LummoSHOP Blog!

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP