fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Manfaat SIPP Online untuk Pengusaha dan Karyawan

SIPP online

SIPP online atau dikenal pula sebagai SIPP BPJS ketenagakerjaan, adalah media penting bagi pebisnis. Apalagi bagi kamu pebisnis yang memiliki banyak karyawan. Tentunya harus terdaftar BPJS, dan kamu wajib memiliki administrasi yang baik mengenai kepesertaan mereka. Bukan hal yang mudah untuk mengatur administrasi kepesertaan karyawan dalam BPJS. Oleh sebab itu, BPJS ketenagakerjaan meluncurkan SIPP online. 

Jika kamu ingin menggunakan SIPP BPJS ketenagakerjaan, ada beberapa hal yang perlu kamu pahami dan persiapkan, sebelum melakukan pendaftaran. Untuk tahu semua hal itu, tulisan berikut akan membahas lengkap mengenai SIPP online.   

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

SIPP Online

Mengutip BPJS Ketenagakerjaan, Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan, atau SIPP, adalah suatu kanal pelaporan mengenai perusahaan, sehubungan dengan data kepesertaan karyawannya dalam BPJS. Tidak hanya menyediakan data kepesertaan, namun dalam SIPP, perusahaan juga bisa menghitung besarnya bayaran iuran peserta dengan akurat. Data kepesertaan itu terdiri atas data perusahaan, data tenaga kerja, data upah, dan penghitungan iuran BPJS. 

Sebelum adanya SIPP online, ada versi dekstop yang dikenal sebagai SIPP offline. Keduanya memiliki fungsi sama, yaitu menyediakan administrasi untuk kepesertaan BPJS, termasuk penghitungan iuran yang cepat dan akurat. Dengan demikian, perusahaan bisa mempertahankan validitas data dan integritasnya. Oleh karenanya, keberadaan SIPP sangat penting bagi pengusaha dan karyawan. 

SIPP online

Pentingnya SIPP bagi Pengusaha

SIPP penting bagi pengusaha, terutama yang memiliki banyak karyawan, karena manfaatnya berikut ini:

  • Transaksi Sehubungan BPJS Ketenagakerjaan Menjadi Lebih Praktis

Adanya SIPP membantu beberapa hal yang berhubungan dengan BPJS ketenagakerjaan, seperti administrasi data karyawan, penghitungan upah dan iuran. Dengan demikian, perusahaan terbantu dalam hal sehubungan BPJS ketenagakerjaan. Pembayarannya pun menjadi lebih mudah. Seluruh fasilitas SIPP tersebut bisa dilakukan secara online, sehingga menghemat waktu dan ruang penyimpanan data perusahaan. Jika sudah demikian, maka biaya yang perlu pengusaha keluarkan juga bisa lebih minimal lagi. 

  • Membantu Proses Pendaftaran, Mutasi, dan Data Karyawan

Keseluruhan proses yang berkaitan dengan data karyawan, seperti pendaftaran, mutasi dan data karyawan baru, juga tercatat dalam SIPP. Hal ini sangat membantu bagian SDM, ketika mengurus perpindahan karyawan atau menerima karyawan baru. Setiap karyawan yang telah terdata dalam SIPP, datanya akan terbarui terus. SDM tinggal mengakses data tersebut, ketika berurusan dengan administrasi karyawan. Bagian SDM pun tidak perlu langsung datang ke kantor BPJS untuk meminta data karyawan.

  • Membantu Pembuatan Upah Tenaga Kerja Bulanan

Dalam SIPP terdapat fitur yang bisa perusahaan pergunakan menghitung upah bulanan, yang tentunya telah lengkap dengan perhitungan pemotongan BPJS. Adanya fasilitas ini, bisa pengusaha pergunakan untuk crosscheck hasil perhitungan upah yang telah dilakukannya. Atau jika belum memiliki sistem untuk penghitungan upah, maka cukup memanfaatkan fitur yang tersedia dalam SIPP tersebut. Penghitungan upah memang tampak sederhana, namun jika karyawan yang kamu miliki banyak, tentu memerlukan penghitungan yang lebih cermat. 

  • Integrasi Data yang Lebih Baik

Sekali seorang karyawan terdaftar dalam SIPP BPJS, maka seluruh datanya akan terintegasi dan terbarui terus, sesuai aktivitas pekerjaan si karyawan. Maksudnya, akan terus tercatat ketika ia pindah kerja, sempat tidak bekerja, dan seterusnya. Dengan data yang terintegrasi dengan baik, maka lebih mudah bagi perusahaan untuk mengelola administrasi karyawan dan mengajukan klaim BPJS. 

Selain manfaat penting bagi pengusaha, SIPP juga penting bagi karyawan. 

Pentingnya SIPP bagi Karyawan

Bagi karyawan, SIPP memberikan manfaat:

  • Mudah dalam Administrasi 

Dengan SIPP karyawan mudah dalam mengurus administrasi BPJS-nya. Terutama saat ia mutasi, pindah, berhenti bekerja, atau kembali bekerja. Seluruh data upahnya telah tersedia dan terintegrasi dalam SIPP. Sehingga ketika ia pindah atau berhenti kerja, tidak perlu repot mengurus perihal BPJS-nya langsung ke kantor perusahaan. Namun akan secara otomatis tercatat dalam SIPP.

  • Mudah Mengurus Klaim

Adanya SIPP mempermudah karyawan mengajukan klaim BPJS. Hal tersebut terjadi karena dengan SIPP, data karyawan teradministrasi dan terintegrasi dengan baik. Sehingga klaim akan berdasarkan kepada catatan yang ada pada SIPP.  

  • Meningkatkan Etos Kerja

SIPP dan BPJS ketenagakerjaan, secara langsung atau tidak langsung, membuat etos kerja karyawan mengalami peningkatan. Sebab, karyawan merasa jerih payahnya bekerja tercatat dengan baik, dan saat mengalami hal yang perlu ada pembayaran oleh asuransi, klaimnya pun mudah. Jika sudah demikian, bukan hanya karyawan yang memperoleh keuntungan, namun pengusaha juga.

Karena penting bagi pengusaha dengan perusahaannya memiliki SIPP, maka penting untuk tahu persyaratan mendaftar SIPP. 

Persyaratan Mendaftar SIPP Online

Sebelum mendaftar SIPP online, tentu ada beberapa persyaratan dokumen yang perlu untuk kamu penuhi dan persiapkan. Mengutip dari Great Day HR,  terdapat dua kategori untuk mendaftar SIPP, yaitu Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja dan Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja. Untuk masing-masing kategori, persyaratannya berbeda, yaitu:

  1. Tenaga Kerja Dalam Hubungan Kerja

    • Wajib melampirkan surat asli zin usaha perdagangan (SIUP) beserta satu lembar fotokopi
    • Melampirkan NPWP asli perusahaan dan fotokopi 
    • Melampirkan foto KTP karyawan yang terkait
    • Melampirkan kartu karyawan yang dikeluarkan oleh karyawan yang akan didaftarkan, beserta fotokopi.
    • Peserta wajib melampirkan pas foto 2Ã-3 sebanyak satu lembar bagi setiap karyawan yang terkait.
  1. Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja

    • Melampirkan surat izin usaha (SIU) yang bisa kamu dapatkan dari RT, RW atau Kelurahan
    • Melampirkan fotokopi KTP pekerja
    • Melampirkan fotokopi pas foto pekerja dengan ukuran 2Ã-3 sebanyak satu lembar.

Setelah mempersiapkan persyaratan tersebut, barulah kamu bisa mulai mendaftar SIPP BPJS ketenagakerjaan.

Cara Mendaftar SIPP online

Untuk cara mendaftar SIPP, maka kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Buka alamat website https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sipponline/ ;
  2. klik ‘SIPP BPJS Ketenagakerjaan login’, kemudian halaman akan menampilkan menu login;
  3. klik ‘Daftar’. Isi data perusahaan dan identitas pengguna berupa Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dan divisi;
  4. klik ‘Next’. Isi email, password, dan ulangi password;
  5. klik ‘Next’. Isi Data User KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) yang berisikan nomor peserta, nama lengkap, tanggal lahir, nomor handphone;
  6. klik ‘Daftar’;
  7. verifikasikan nomor ponsel dengan mengisi kode OTP yang sudah sistem kirimkan ke nomor yang tercantum;
  8. cek email untuk menerima email aktivasi akun aplikasi SIPP;
  9. klik alamat website di email tersebut;
  10. login sesuai dengan email dan password yang telah terdaftar;
  11. jika sudah berhasil melakukan ‘SIPP BPJS Ketenagakerjaan login’, maka halaman Mutasi Data akan ditampilkan. 

Selanjutnya penting pula untuk memahami cara input data karyawan pada SIPP online. 

SIPP online

Cara Input Data Karyawan pada SIPP

Untuk cara input data karyawan, kamu perlu mengikuti langkah berikut.

  1. Buka alamat website https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sipponline/ ;
  2. lakukan login dengan menggunakan email dan password yang terdaftar;
  3. kemudian klik ‘Tambah TK’; 
  4. akan muncul menu pop up, pilihan ‘Tambah Individu’ atau Tambah ‘Massal’;
  5. klik ‘Pilih’; 
  6. jika memilih ‘Tambah Individu’;
  7. halaman akan menampilkan pop up pilihan tenaga kerja, apakah sudah memiliki KPJ atau belum. Pilih sesuai yang diinginkan dan klik ‘Sudah’; 
  8. muncul field input KPJ untuk tenaga kerja yang akan didaftarkan;
  9. klik ‘Lanjut’ hingga muncul pop up Berhasil;
  10. lengkapi Form Tenaga Kerja;
  11. lalu pilih ‘Lanjut’;
  12. isi anggota keluarga pegawai dengan cara klik ‘Tambah Keluarga’;
  13. akan muncul pop up form profil keluarga, klik ‘Simpan’;
  14. pada halaman konfirmasi, pastikan data tenaga kerja dan anggota keluarganya telah benar, jika sudah klik ‘Simpan’;
  15. jika ingin melihat data yang telah kamu input dalam SIPP BPJS Ketenagakerjaan, maka bisa memilih ‘LoV peserta baru’ di halaman utama;
  16. jika memilih ‘Tambah Massal’, maka aplikasi akan menampilkan formulir ‘Upload Tenaga Kerja Baru’, 
  17. kemudian klik ‘Download Template’, aplikasi akan mengunduh template dengan format Microsoft Excel yang berisi data-data tenaga kerja baru;
  18. isi template tersebut;
  19. kemudian unduh file template dengan klik ‘Choose File’ dan pilih nama template yang telah diunduh;
  20. lalu pilih ‘Upload’;
  21. apabila data yang diunggah benar, akan muncul pop up ‘Berhasil’. Tapi jika salah akan muncul pop up ‘Salah’ dan keterangan gagal upload. Maka perbaiki file lalu lakukan pengunggahan SIPP online hingga berhasil.

SIPP BPJS ketenagakerjaan ternyata sangat penting bagi pengusaha yang memiliki banyak karyawan. Tetapi pengurusannya cukup mudah. Jadi kamu, pengusaha sukses, harus juga sukses mengadministrasi pegawainya, dengan bantuan SIPP online. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

 

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP