fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Strategi Menggunakan Diskon Voucher untuk Tingkatkan Penjualan Ramadan

diskon voucher

Saat belanja online, pelanggan pasti mencari toko yang menawarkan potongan harga paling besar. Oleh sebab itu, toko online sebaiknya punya diskon voucher supaya bisa lebih banyak menarik konsumen. 

Di kala Ramadan, ini adalah saat yang tepat untuk memberikan berbagai macam voucher untuk meningkatkan penjualan. Menjelang Ramadan, orang biasanya mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang biasa mereka alokasikan untuk membeli barang-barang yang mereka butuhkan.

Agar pelanggan terus kembali berbelanja di toko kita, terapkanlah diskon atau voucher next deal dengan potongan harga yang menarik. Berikut ulasan manfaat, jenis, dan tips menggunakan diskon voucher supaya dagangan laris manis saat Ramadan.

Manfaat Diskon Voucher untuk Tingkatkan Penjualan Ramadan

Dilansir dari Inmar Shopper Behavior Study pada 2018 lalu, pelanggan memang menyukai kupon diskon. Konsumen melaporkan bahwa voucher adalah alasan perubahan keputusan mereka dalam berbelanja, rinciannya sebagai berikut:

  • 39% membeli produk lebih cepat dibanding rencana sebelumnya akibat kupon diskon
  • 50% konsumen menggunakan kupon digital saat berbelanja 
  • 39% membeli brand yang biasanya tidak mereka beli akibat adanya kupon diskon
  • 18% membeli ulang brand yang mereka pernah beli karena ada diskon voucher
  • 38% membeli lebih banyak barang karena kupon diskon

David Mounts, CEO dan Chairman Inmar, menjelaskan bahwa pelanggan sudah merencanakan dan membuat daftar apa yang akan mereka beli. 

“62% orang mereka mencari kupon yang sesuai dengan daftar barang yang mereka inginkan. Konsumen akan punya kemungkinan lebih tinggi untuk berbelanja di toko yang menawarkan banyak diskon voucher,” jelasnya.

Data di atas menunjukkan bahwa diskon voucher berguna untuk meningkatkan keputusan pelanggan untuk berbelanja di toko kita. Tidak hanya konsumen baru, pelanggan lama pun akan kembali bila ada kupon potongan harga yang tepat.

Jenis Diskon Voucher Ramadan

diskon voucher

Diskon voucher umumnya bisa langsung kamu dapatkan begitu melakukan transaksi, tapi tidak jarang pelanggan harus registrasi, mengisi data, atau mengisi survei untuk mendapatkan kupon potongan harga.

Bigcommerce.com menyebutkan beberapa jenis diskon voucher yang bisa coba kamu terapkan di online shop untuk promo Ramadan.

  1. Kupon yang Bisa Di-download

Tipe diskon voucher ini dapat diakses oleh konsumen dari beberapa lokasi, misalnya website toko, langsung dari e-mail, atau bisa dari media sosial. Kalau toko online kita punya aplikasi, kupon tersebut juga bisa di-download dari situ.

Kamu bisa memberikan beberapa jenis voucher di website atau media sosial. Contohnya, voucher untuk pembeli pertama, voucher next deal untuk pembelian berikutnya, atau voucher gratis ongkos kirim dengan minimal pembelian. 

  1. Kode Promo

Kode promo adalah bentuk diskon yang saat ini populer di e-commerce, sebab lebih cepat menggunakan voucher ini daripada voucher yang harus di-download. Pelanggan bisa langsung mengaplikasikan kode promo ketika pelanggan checkout barang belanja mereka.

Seperti kupon download, kode promo juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari kode promo unik hanya untuk pengguna khusus, kode promo yang cuma bisa dipakai sekali, atau kode promo umum yang bisa kamu sebarkan ke banyak orang.

Bentuk-bentuk diskon voucher ini bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan selama Ramadan. Kamu dapat membuat kode promo unik khusus Ramadan atau memasarkan voucher digital lewat media sosial online shop-mu. 

Strategi Menggunakan Diskon Voucher

Bila digunakan dengan tepat, voucher bisa meningkatkan revenue bagi bisnis kita. Begini beberapa strategi menerapkan diskon voucher untuk toko online kita:

  1. Berikan Batasan Penggunaan Kupon

Agar kupon tidak dimanfaatkan oleh konsumen yang kurang bertanggung jawab, lebih baik kamu tetapkan batasan jumlah pemakaian kupon. Misalnya, hanya untuk 200 orang pertama.

Dengan adanya limitasi tersebut, kupon juga terlihat lebih menarik di mata pelanggan. Mereka akan punya keterdesakan untuk segera berbelanja menggunakan kupon terbatas tersebut. 

  1. Berikan Kupon untuk Produk-Produk Spesifik

Selama bulan puasa, buatlah produk atau paket khusus Ramadan, sehingga kamu bisa memberikan voucher khusus untuk produk-produk itu. Pelanggan pun akan tertarik karena merasa kupon itu lebih spesial dibanding potongan harga lainnya. 

  1. Tambahkan Masa Kedaluwarsa di Diskon Voucher

Mirip seperti limitasi jumlah voucher, masa kedaluwarsa juga berfungsi untuk menimbulkan sisi keterdesakan bagi pelanggan. Dengan adanya expiry date, konsumen tidak akan terlalu lama untuk memutuskan belanja dengan kupon itu karena khawatir kupon habis tenggat waktunya sebelum digunakan.

diskon voucher

  1. Maksimalkan Momen

Hari Raya selalu menjadi promosi terbaik bagi bisnis, karena pelanggan mencari banyak promo menarik di momen-momen khusus itu. Selama Ramadan, kamu bisa menggunakan beberapa jenis tema promosi, seperti promo Ramadan, THR, Lebaran, promo ngabuburit, dan promo sahur, yakni voucher hanya bisa pelanggan gunakan di jam ngabuburit dan di saat sahur saja. 

  1. Manfaatkan Referral Program

Referral program merupakan salah satu kunci keberhasilan diskon dan kupon belanja. Dengan memberikan kupon pada teman, kamu dan teman akan sama-sama mendapatkan voucher.

Pelanggan yang lama secara tidak langsung mengajak temannya untuk belanja di toko itu. Saat temannya menggunakan voucher saat checkout barang, pelanggan lama itu juga akan mendapatkan voucher sebagai reward

  1. Buat Promo dan Kode Voucher yang Sederhana

Jangan buat promo yang terlalu rumit, cukup aplikasikan potongan harga yang simpel, misalnya diskon 10% minimal belanja Rp100 ribu atau potongan Rp20 ribu tanpa minimal pembelanjaan. Promo yang terlalu rumit akan membuat konsumen bingung berapa potongan yang akan mereka dapatkan bila belanja di toko online kamu.

Selain itu, gunakan kode promo yang mudah pelanggan mengerti, baca, ingat, dan ketikkan. Misalnya, RAMADAN15 untuk diskon 15%. Sebaiknya, kode dibuat dengan maksimal 10 karakter, serta hindari gunakan karakter yang mirip bila kamu menggabungkan angka dan huruf di kode tersebut, contohnya 0 dan O. 

  1. Gunakan Media Sosial

Bagian diskon voucher di Instagram Story, beri tahu pada konsumen bahwa voucher tersebut hanya berlaku selama 24 jam sampai Instagram Story itu hilang. Meletakkan kupon di media sosial juga membuatnya lebih mudah di-share oleh audiens ke teman-temannya. 

  1. Manfaatkan E-mail dan WhatsApp

Bila kamu sudah memiliki alamat e-mail dan nomor WhatsApp pelanggan, bagikan juga kode diskon voucher lewat pesan tersebut. Kupon yang kamu bagikan lewat e-mail atau WhatsApp kemungkinan lebih mudah pengguna lihat dan bersifat personal.

Ternyata diskon voucher punya dampak besar bagi kesuksesan promosi barang dagangan, terutama di momen khusus seperti Ramadan. Lakukan strategi yang tepat agar pelanggan menggunakan diskon voucher untuk berbelanja terus di toko online kamu!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP