fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Strategi Pemasaran Online dan 7 Contohnya yang Efektif

strategi pemasaran efektif 01

Strategi pemasaran menjadi salah satu kunci keberhasilan bisnis. Bila eksekusi strategi pemasaran berlangsung secara efektif, akan membantu bisnismu semakin fokus dalam mencapai target. Berbicara strategi pemasaran, maka akan berbicara pula serangkaian proses perencanaan hingga pelaksanaan. 

Pada prinsipnya, kamu dapat menggunakan strategi pemasaran untuk membantu bisnismu dalam mencapai tujuannya, yakni menjangkau target pasar yang sesuai. Dengan demikian, produkmu bisa sampai ke tangan konsumen yang tepat. Bukan tidak mungkin, konsumenmu menjadi loyal terhadap produk-produk yang kamu tawarkan. 

Dengan adanya kemajuan teknologi saat ini, strategi pemasaran juga mengalami perkembangan. Pebisnis lebih fokus untuk menguasai strategi pemasaran online karena lebih banyak mendatangkan manfaat. Maka dari itu, tim LummoSHOP akan membahas lebih lanjut tentang strategi pemasaran online pada artikel kali ini. Semoga dapat membantumu dalam membidik pangsa pasar yang tepat nantinya, ya!

Baca juga: Apa itu Brand Image? Fungsi, Indikator, dan Pentingnya dalam Pemasaran (lummoshop.co.id)

Mengapa Bisnismu Membutuhkan Strategi Pemasaran Online?

Laporan bertajuk Digital 2022: Indonesia, yang diterbitkan oleh DataReportal menunjukkan jika jumlah pengguna internet di Indonesia per Januari 2022 mencapai 204,7 juta orang. Sementara jumlah penduduk di Indonesia mencapai 277,7 juta orang pada periode yang sama. Itu artinya, ada potensi yang sangat besar bagi bisnis. Sayang sekali jika potensi ini tidak kamu manfaatkan dengan baik.

Untuk itulah strategi pemasaran online menjadi pilihan bagi pebisnis karena lebih tepat dalam membantu menguasai kondisi pasar saat ini. Adapun alasan lainnya yang membuat kamu semakin membutuhkan strategi jenis ini, yaitu:

  • Menjangkau lebih banyak konsumen secara spesifik

Dunia online tidak memiliki batasan. Kamu bisa bergerak ke mana pun untuk dapat bertemu dengan banyak pengguna. Oleh sebab itu, kamu dapat menjangkau lebih banyak konsumen yang sesuai dengan segmentasi bisnismu.  

  • Mudah dipelajari

Saat ini sudah banyak materi pembelajaran tentang strategi pemasaran online yang aksesnya mudah bagi siapa pun. Mengaksesnya pun bisa berlangsung tanpa halangan ruang. Kamu hanya membutuhkan semangat dan tekad yang kuat untuk dapat memahaminya. Jangan lupa pula untuk mempraktikkannya. Sebab usaha tanpa praktik tidak akan membuahkan hasil.

Baca juga: 6 Strategi Pemasaran Digital Bisnis Fashion (lummoshop.co.id)

  • Biaya yang dapat menyesuaikan kebutuhan dengan hasil terukur

Dalam dunia pemasaran, terdapat strategi yang dilakukan secara berbayar. Pada kondisi berbayar, kamu dapat memasang iklan di platform online dan memilih jumlah investasimu sendiri sehingga lebih efisien. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menargetkan jangkauan iklanmu hanya untuk konsumen yang berpotensi tinggi sehingga lebih efektif. Masih ada lagi, kamu juga dapat menentukan jangka waktu iklanmu sendiri di sini. 

Laporan performa juga bisa kamu dapat setelah iklanmu berakhir. Tentunya kamu memerlukan hal ini untuk menganalisis tingkat keberhasilan iklan yang telah berlalu sehingga bisa menjadi dasar dalam mengambil keputusan untuk upaya strategi berikutnya.

strategi pemasaran efektif 027 Contoh Strategi Efektif

Sekarang saatnya kamu untuk menerapkan contoh dari strategi pemasaran efektif secara online di bawah ini agar dapat membantu penjualan bisnismu meningkat. Ingat ya, jangan hanya fokus pada satu contoh saja. Kamu bisa mengembangkan dan mengkombinasikannya untuk mendapat hasil yang maksimal.

  1. Content marketing

Content marketing bukan sekadar membuat konten menarik untuk audiens, namun juga untuk membangun hubungan yang kuat dengan audiens. Tahukah kamu? Konsumen termasuk audiens, sedangkan audiens termasuk calon konsumen potensial bisnismu. Contoh dari content marketing yang bisa kamu lakukan adalah melalui marketing channel berikut ini:

    • Website
    • Instagram
    • Podcast
    • Youtube

     2. Digital Public Relations

Pebisnis menggunakan Digital Public Relations untuk meningkatkan online presence. Dengan adanya bantuan digitalisasi saat ini, tidak hanya pebisnis besar saja yang memiliki kesempatan untuk mendapat exposure. Pebisnis siapa pun kini bisa mencobanya. Ada lima contoh Digital Public Relations yang bisa kamu coba, yaitu:

    • Unliked mention
    • Guest post
    • Directory inclusion
    • Press release

Baca juga: Strategi Digital Marketing yang Efektif untuk Bisnis Mainan Anak (lummoshop.co.id)

    3. Search Engine Optimization

SEO (Search Engine Optimization) merupakan upaya untuk mengoptimasi website agar mendapat peringkat teratas dalam hasil pencarian Google. Jika memiliki sumber daya untuk kamu investasikan dalam strategi jangka panjang, maka SEO adalah pilihan yang tepat. Ada empat contoh dari SEO yang bisa kamu praktikkan, yaitu:

    • SEO On Page
    • SEO Off Page
    • Technical SEO
    • Local SEO

     4. Social Media Organic

Kamu bisa menggunakan SMO (Social Media Organic) untuk meningkatkan brand awareness dari produk dan bisnismu dengan cara mengoptimasi media sosialmu. Fokusnya adalah pada konten organik di media sosial.  Ada tiga contoh dari SMO yang bisa kamu lakukan melalui cara berikut ini:

    • Hashtag
    • Share link
    • Konten interaksi

     5. Customer Relationship Management

Pebisnis menggunakan CRM (Customer Relationship Management) untuk menjalin hubungan sebaik mungkin dengan konsumen terutama mereka yang loyal dan mengkonversi konsumen baru atau lama yang potensial menjadi konsumen yang loyal. Ada dua contoh dari CRM yang bisa kamu coba, yaitu:

    • Newsletter campaign
    • Drip campaign

  Baca juga: Naikkan Penjualan Lewat Strategi Dasar Digital Marketing Bisnis UMKM (lummoshop.co.id)

      6. Search Engine Marketing

Jika kamu memiliki alokasi dana yang cukup untuk berinvestasi di iklan, kamu bisa mencoba SEM (Search Engine Marketing). Tujuan dari SEM adalah untuk meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian Google. Nantinya akan ada metode Pay Per Click yang membuat hasilnya lebih cepat bekerja daripada SEO. Ada empat kunci SEM yang harus kamu tahu untuk mendapat hasil optimal, yaitu:

    • Broad match keyword
    • Phrase match keyword
    • Exact match keyword
    • Negative keyword

     7. Display Ads

Kamu bisa menggunakan Display Ads atau Display Advertising untuk mengiklankan produkmu melalui sebuah gambar atau video dan memunculkannya di Google serta media sosial lainnya. Display Ads terletak di posisi mana saja tergantung keinginan kamu. Display Ads hadir untuk membuat bisnismu terlihat profesional, meningkatkan engagement, dan meningkatkan kunjungan sesuai target.

 

strategi pemasaran efektif 03Fitur Integrasi Iklan LummoSHOP, Solusi Jitu Strategi Pemasaran Efektif

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur terbaru dari LummoSHOP, yaitu fitur integrasi iklan. Fitur ini dapat menjadi solusi jitu untuk meningkatkan pemasaran secara efektif. Kamu hanya perlu melakukan upgrade akun toko online-mu menjadi LummoSHOP Plus. Nantinya kamu bisa menikmati semua fitur yang ada di LummoSHOP, termasuk fitur lainnya seperti menjalankan iklan di Google, Facebook, dan Instagram. Sangat efektif, bukan?

Baca juga: Strategi Promosi Produk Kesehatan dan Obat secara Online (lummoshop.co.id)

Menjalankan bisnis memang penuh tantangan apalagi untuk merebut hati konsumen. Kamu bisa memulainya dengan menentukan target pasar yang tepat dan melakukan berbagai strategi yang efektif. Yuk, terapkan semua strategi di atas dan rasakan manfaatnya pada keberlangsungan bisnismu. Jangan lupa juga untuk melakukan evaluasi agar kamu bisa mengetahui hasilnya secara terukur, ya!

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP