fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Strategi Promosi Produk Kecantikan yang Mudah Dilakukan

Promosi Produk Kecantikan

Tujuan dari adanya strategi promosi adalah untuk memasarkan produk. Semakin luas jangkauan produk dipasarkan tentu akan berpotensi semakin banyak pula orang mengenal produk kecantikan kamu. Secara tidak langsung akan berimbas ke tingkat penjualan produk.

Namun untuk merancang strategi promosi produk kecantikan yang baik, kamu butuh persiapan yang matang. Harapannya, biaya yang dikeluarkan khusus untuk strategi promosi produk kecantikan tadi dapat dikelola secara optimal. Sehingga penggunaannya dapat tepat mencapai sasaran dan sesuai target.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Sebelum melangkah lebih jauh, LummoSHOP akan mengajak kamu terlebih dulu untuk lebih mengetahui tentang pentingnya strategi promosi di bisnis kecantikan kamu!

Mengapa Harus Strategi Promosi?

Promosi merupakan bagian dari strategi pemasaran. Promosi biasanya akan berkaitan dengan:

  1. Informasi Produk

Sebelum berbicara tentang keunggulan produk, kamu harus dapat mendeskripsikan ke konsumen tentang produk kamu. Nantinya konsumen akan menangkapnya menjadi sebuah informasi. Biasanya dalam promosi, pemberian informasi dikenal sebagai brand knowledge dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

  1. Keunggulan Produk

Setelah konsumen memahami produk kamu, tahap selanjutnya adalah menceritakan keunggulan produk. Pastikan konsumen merasa produk kamu ini memang satu-satunya dan berbeda dengan produk dari merek lain.

  1. Dampak ke Konsumen

Sampailah ke momen yang ditunggu-tunggu. Ketika konsumen yang sudah paham apa itu produk kamu dan kelebihan apa yang dimiliki. Maka konsumen akan merasa yakin dan butuh dengan produk kamu.

Agar promosi dapat sampai ke konsumen yang sesuai target pasar produk kamu, maka kamu perlu tahu apa sih tujuan diadakannya promosi itu? Adapun tujuan dari strategi promosi jika dijabarkan adalah sebagai berikut:

  • Menarik minat konsumen
  • Memengaruhi konsumen untuk membeli
  • Menjadikan konsumen menjadi pelanggan
  • Mengalahkan kompetitor
  • Menguasai pasar
  • Meningkatkan penjualan

Promosi Produk Kecantikan

4 Langkah Strategi Promosi Produk Kecantikan yang Mudah Dilakukan

  1. Kenali Target Pasar

Poin penting yang harus kamu pahami adalah kenali target pasar. Sebelum segala upaya promosi dilakukan, kamu harus tahu siapa target pasarnya agar tidak salah sasaran dan jadi tidak optimal.
Setelah kamu paham target pasarnya siapa, kamu akan mudah mengenali keinginan atau kebutuhan pasar tersebut. Jadinya kamu bisa memadukan ide promosi milik kamu dengan tren pasar yang ada.

  1. Buat Peta Konsep

Kamu bisa menuliskan atau menggambarkan tentang langkah atau proses kamu melakukan promosi. Kamu jadi memiliki tujuan dengan adanya peta konsep ini. Jangan lupa juga untuk menyiapkan peta konsep cadangan jika saat di tengah jalan terjadi kendala tidak terduga. Sedia payung sebelum hujan itu lebih baik.

Setelah semua peta konsep kamu terpenuhi, selalu pastikan untuk melakukan evaluasi di akhir setiap kegiatan promosi. Tujuannya tentu agar saat kamu melakukan promosi selanjutnya, kamu sudah memperbaiki diri lagi dan lagi.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Di tengah semaraknya bisnis D2C atau Direct-to-Consumer, pemanfaatan media sosial sebagai media promosi memang hal yang wajar. Luasnya dunia seolah tidak ada batasan lagi dengan hadirnya media sosial.Namun kamu harus dapat memanfaatkan media sosial ini dengan optimal. Pastikan beberapa poin ini menjadi titik fokus kamu dalam menerapkan strategi promosi melalui media sosial:

    • Siapkan konten menarik
    • Gunakan hashtag untuk memudahkan pencarian
    • Terapkan copywriting yang mengundang perhatian
    • Perhatikan waktu upload
  1. Berikan Pelayanan Terbaik

Setelah selesai memancing konsumen melalui umpan promosi yang kamu gencarkan. Kini saatnya kamu menangkap konsumen yang berdatangan dengan memberikan pelayanan terbaik.Jangan sampai konsumen yang sudah tergerak tadi justru berpaling karena kamu belum siap baik secara jumlah sumber daya manusia sebagai admin yang akan menjawab. Maupun sikap profesional yang harus diemban tanpa kenal lelah menjawab setiap pertanyaan konsumen.Pastikan setiap konsumen mendapat pelayanan terbaiknya, ya!

Produk Kecantikan Online Butuh Strategi Promosi

Salah satu bisnis online atau jualan online yang membutuhkan strategi promosi yaitu bisnis kosmetik atau jual kosmetik online. Apalagi industri bisnis kecantikan ini sifatnya dinamis alias selalu mengikuti perkembangan tren yang ada. Maka tidak dapat dihindari jika persaingannya ketat.

Strategi promosi jitu diharap tidak hanya membantu mengenalkan produk kecantikan saja. Namun juga menambah konsumen baru. Apalagi kamu yang sedang membangun brand sendiri dan langsung memulai bisnis dengan model bisnis D2C atau Direct-to-Consumer.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Sangat mudah dan leluasa bagi kamu untuk menciptakan strategi promosi jenis apa saja karena kamu pemegang keputusan tersebut. Itulah salah satu manfaat yang akan didapat untuk jual alat kecantikan atau produk kecantikan online di era D2C atau Direct-to-Consumer ini.

Strategi promosi yang mudah dilakukan dengan modal terbatas sekalipun pada bisnis online adalah dengan cara menerapkan empat langkah strategi promosi di atas. Namun, jika kamu memiliki modal lebih, kamu bisa mencoba 7 langkah strategi promosi produk kecantikan berikut ini:

  1. Promosi dengan Diskon

Siapa sih yang nggak suka diskon? Sedikit apa pun nominalnya pasti akan diburu kaum wanita. Begitu pula saat mereka akan membeli produk kecantikan secara online. Meskipun sudah jelas tertulis di katalog harga penjualan saat itu di harga normal. Masih saja ada pesan masuk yang bertanya, “Diskon nggak? Beli banyak, ada diskon ya?” Tidak apa, itulah tugas seorang admin untuk memberikan jawaban dengan pelayanan terbaiknya. 

Karena promosi dengan diskon ini selalu menjadi incaran konsumen, cobalah kamu memberikan diskon sesekali. Diskon yang diberikan bisa berlaku untuk produk tertentu, misalnya produk skincare saja. Atau bisa juga untuk semua jenis produk dimulai dari kosmetik hingga skincare. Tergantung kebutuhan kondisi bisnis kamu.

Tapi tetap jangan sampai diskon kamu justru membuat kehilangan keuntungan, ya!

  1. Promosi dengan Harga Spesial

Pernah mendengar dapatkan pembelian harga spesial hanya selama 12.12? Ini yang disebut promosi dengan harga spesial. Kamu sebagai pebisnis dapat memanfaatkan momen hari-hari spesial seperti ini untuk strategi promosi. 

Strategi lainnya yang berkaitan dengan harga spesial yaitu pembelian paket bundling. Di sini kamu bisa menjual produk dead stock yang digabung dengan produk baru. Dan harga yang ditawarkan adalah harga spesial.

  1. Berikan Fasilitas Gratis Ongkir

Namanya juga bisnis online tentu membutuhkan adanya ongkos kirim atau ongkir. Sama halnya dengan strategi promosi yang dilakukan platform e-commerce kebanyakan, kamu juga dapat memberikan fasilitas gratis ongkir di website toko online brand kamu sendiri. Selain fasilitas gratis ongkir, kamu juga bisa menerapkan subsidi ongkir bagi konsumen.

Hal yang perlu diperhatikan dengan strategi promosi ini adalah jangan sampai keuntungan kamu habis digunakan hanya untuk pembayaran gratis ongkir atau subsidi ongkir konsumen.

  1. Promosi melalui Sponsor Kegiatan

Dengan menjadi sponsor pada kegiatan orang lain, kamu akan memiliki kesempatan agar produk kecantikan bisnismu dikenal lebih banyak orang. Selain itu, kamu juga dapat menaikkan brand image produk kamu di mata konsumen.

  1. Adakan Kegiatan atau Event

Selain menjadi sponsor kegiatan, kamu juga dapat mengadakan kegiatanmu sendiri. Tentunya modal yang dibutuhkan untuk strategi promosi ini akan jauh lebih besar dibanding poin sebelumnya. Namun karena kamu akan menjadi satu-satunya pusat perhatian di kegiatan kamu sendiri. Otomatis peluang untuk menarik minat konsumen menjadi lebih besar.

  1. Berikan Tester Produk Baru

Selain diskon dan harga spesial, tester produk baru yang diberikan secara percuma juga merupakan strategi promosi produk kecantikan yang mulai dilupakan. Biasanya tester produk baru ini akan kamu dapat ketika mengunjungi pusat perbelanjaan. Jarang sekali bisnis online melakukannya. Namun tidak ada salahnya kamu mencoba strategi ini. Hanya saja pastikan kamu juga mendapat feedback dari konsumen setelah mencoba produk kamu. Karena itu berguna sebagai bahan evaluasi nantinya.

Promosi Produk Kecantikan

Strategi Promosi Pilihan Bisnis Kecantikan Kamu

Setiap strategi promosi yang akan kamu pilih untuk bisnis kecantikan kamu tentu memiliki keunggulan dan kelemahan tertentu. Perlu pertimbangan biaya juga untuk menerapkannya. LummoSHOP sudah membagikan berbagai langkah yang dapat kamu lakukan untuk memulai strategi promosi bisnis kamu dimulai dari modal terbatas sekalipun. Sekarang saatnya kamu menentukan langkahmu sendiri, ya!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP