fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Strategi Promosi, Kenali Jenis-Jenisnya untuk Bisnismu

Strategi Promosi

Salah satu hal yang penting dalam berbisnis adalah membuat strategi promosi. Tanpa promosi yang baik, orang tidak akan tahu barang atau jasa yang kamu jual. Strategi promosi adalah sejumlah kegiatan yang digunakan pebisnis untuk memengaruhi market agar mereka tahu brand atau produk yang kamu jual, memberi barang dan jasa kamu dan meningkatkan engagement dengan konsumen. 

Dalam jangka panjang strategi promosi juga akan menciptakan awareness konsumen dan pada barang atau jasa yang Kamu jual. Strategi promosi juga penting untuk meningkatkan reputasi kamu di kalangan masyarakat. Reputasi yang baik akan mengundang banyak pembeli dan investor. 

Banyak pebisnis yang memilih barang yang bagus tetapi tidak menghasilkan cuan yang besar karena mereka tidak memikirkan dengan baik strategi promosinya. Strategi promosi yang baik adalah strategi yang bisa menjangkau dengan tepat konsumen atau target market

Tujuan Melakukan Promosi

Sebelum membahas lebih dalam, kamu harus memahami tujuan di balik strategi promosi. Melansir dari evinex.com, ini dia tujuan kita melakukan strategi promosi:

Membangun Awareness

Strategi promosi bertujuan agar konsumen tahu apa barang dan jasa yang kamu jual. Ketahui juga target pasar dan pesan promosi yang hendak kamu sampaikan. 

Membuat Target Pasar Tertarik 

Setelah membangun awareness, promosi juga berfungsi untuk membuat target pasar tertarik untuk memakai atau membeli produkmu. Strategi promosi yang baik dapat menonjolkan keunikan produk dari kompetitor.

Menciptakan Demand

Demand alias permintaan konsumen terhadap produk dapat tercipta dari strategi pemasaran yang tepat. Kamu bisa menjabarkan fitur dan keunggulan produk, serta membangun koneksi emosional dengan target pasar yang dituju.

Meningkatkan Penjualan

Tujuan akhir dari sebuah strategi promosi tentunya adalah agar konsumen membeli produk atau jasa. Kamu dapat menempatkan promosi pada media sosial, website, atau platform lainnya untuk meningkatkan penjualan.

Strategi PromosiJenis-Jenis Strategi

Ada banyak cara berpromosi dan kamu sebagai pebisnis perlu menyesuaian dengan target market agar hasilnya maksimal.  Kenali dulu jenis – jenis strategi yang ada dan pilih mana yang paling cocok untuk bisnis Kamu. Beberapa di antara adalah: 

Face to Face 

Bertatap muka adalah salah satu strategi promo yang sudah lama dipraktekan tetapi masih sangat efektif Kamu lakukan. Dalam konsep face to face atau berjualan langsung ini Kamu akan membujuk langsung konsumen. 

Cara ini sangat efektif untuk menjual produk kuliner atau barang-barang yang bisa dipakai seperti barang fashion atau make up. Konsumen akan merasakan langsung hasilnya. Misalnya kamu menjual kue kering, kamu bisa memberikan tester pada konsumen sehingga mereka tahu seperti apa rasa kue yang kamu jual. 

Iklan Tradisional 

Model beriklan tradisional seperti lewat televisi, koran dan radio masih tetap bisa Kamu gunakan. Apalagi kalau target market kamu adalah orang-orang yang berusia di atas 30 tahun. Beberapa dari mereka masih mengunakan media mainstream ini dalam aktivitas sehari-hari. 

Pengunaan media mainstream juga bisa menjangkau market yang lebih luar. Namun, memang strategi promosi seperti ini membutuhkan uang lebih banyak dibandingkan lewat media sosial. 

Media Sosial

Strategi promosi paling murah adalah lewat media sosial. Sebagai seorang pebisnis Kamu wajib memiliki media sosial untuk produk kamu. Promosikan secara regular barang atau jasa yang kamu miliki.  Gunakan fitur bisnis pada Twitter dan Instagram untuk lebih menjangkau konsumen. 

Ketika kamu posting produk bisnis di media sosial jangan lupa untuk memberikan link untuk masuk ke website atau market place kamu.  Walau media sosial tidak membutuhkan biaya banyak tetapi kamu harus hati-hati memilih media sosial mana yang paling cocok untuk target market kamu.

Kelebihan: 

  • Biaya murah 
  • Menjangkau banyak orang 
  • Cepat 
  • Bisa berinteraksi langsung dengan konsumen

Kekurangan:

  • Menghabiskan banyak waktu: kamu membutuhkan waktu dan tenaga dalam membuat konten media sosial. Begitu pula waktu untuk memantaunya.
  • Ada risiko jadi bad publication: kalau kamu salah mem-posting atau salah dalam pemilihan kata, follower atau netizen bisa saja mem-bully kamu dan produkmu. 

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan srategi promo di media sosial:

Target Market 

Pilih media sosial yang sesuai dengan target market. Kalau target market kamu ibu-ibu atau mereka yang yang berusia di atas 40 tahun, Facebook, Twitter dan Instagram sangat efektifi untuk berpromo. Bila target market kamu remaja, Instagram dan Tiktok bisa jadi pilihan. 

Waktu Posting 

Waktu memposting sangat penting dan memengaruhi berapa banyak orang melihat barang yang kamu jual. Misalnya, kamu berjualan makanan, posting pada jam-jam menjelang waktu makan siang atau makan malam akan sangat efektif. 

Posting di akhir pekan barang-barang leisure atau produk hiburan akan memberikan impact besar. Begitu pula menjelang gajian, perbanyak posting barang-barang Kamu di media sosial. 

Gunakan Fitur Bisnis 

Fitur bisnis yang ada di Instagram bisa membantu meningkatkan penjualan barang kamu. Kamu tidak hanya bisa membuat link langsung ke website Kamu. Jangan lupa tulis harga dan deskripsi barang dengan jelas agar Konsumen tidak kebingungan. 

Promotional Gift 

Memberikan promotional gift lebih efektif dibandingkan Kamu memberikan kartu nama. Ketika bertemu dengan teman atau partner bisnis cobalah memberikan hadiah barang promo dari produk kamu. Jangan lupa selipkan kartu nama atau pamflet barang-barang yang kamu jual. 

Bisa juga kamu membuat promotional gift untuk follower kamu. Kasih logo atau didesain khusus dengan menambahkan nama brand kamu. Pilih promotional gift yang tahan lama dan bisa dipakai terus misalnya mug, payung atau tas belanja. 

Kelebihan: 

  • Orang senang gratisan 
  • Menciptakan keterikatan secara emosional 
  • Sarana berpromosi jangka panjang, yaitu bila barang tersebut dipakai oleh konsumen dan ada logo brand, secara tidak langsung ini merupakan jadi promosi juga

Kekurangan: 

  • Butuh biaya lebih banyak 
  • Kadang tidak tepat sasaran; orang sering hanya memburu hadiahnya saja tetapi setelah itu melupakan produkmu.
Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Survei After-Sales 

Kamu bisa menggunakan data konsumen kamu untuk melakukan survei after-sales. Kamu bisa mengirimkan survey soal kepuasan dari barang dan jasa. Bisa lewat email atau media sosial. Untuk menarik banyak orang mengisi survei berikan sedikit hadiah. Bisa itu dalam bentuk barang atau diskon produk. 

Cara ini cocok dilakukan kalau kamu sudah melakukan bisnis dalam jangka waktu lebih cukup lama. Paling tidak lebih dari setahun. Survei bisa membantu kamu menjaga dan memperbaiki kualitas barang.

Kelebihan:

  • Mendapat masukan soal produk 
  • Mengetahui dengan pasti apa yang diinginkan konsumen 
  • Bisa menjadi insight untuk memperbaiki produk

Kekurangan:

  • Tidak semua orang senang mengisi survei
  • Ketika mengirimkan lewat e-mail bisa dianggap sebagai spam 
  • Konsumen asal menjawab demi mendapatkan hadiah atau diskon

Free Product 

Kalau kamu baru membuka usaha bisnis, strategi promosi dengan  pemberian free product sangat cocok dipakai. Orang-orang yang tidak tahu seperti apa produk kamu akan mendapatkan pengalaman langsung. Strategi promosi dengan free product sering digunakan oleh pebisnis bidang kuliner atau beauty productStrategi promosi free product juga bisa Kamu ketika launching produk baru. 

Ada beberapa cara untuk mendistribusikan free product ini: 

  • Bagikan pada konsumen loyal
  • Berikan pada konsumen yang sudah purchase barang kamu yang lain
  • Selipkan sebagai tambahan produk saat kamu mengirimkan barang online
  • Bagikan di tempat keramaian yang cocok dengan target market

Kelebihan:

  • Orang bisa mendapat pengalaman langsung dengan produk 
  • Menciptakan awareness
  • Bila orang suka dengan produk kamu bisa jadi bahan omongan
  • Bisa jadi viral

Kekurangan:

  • Menghabiskan waktu dan uang 
  • Tidak jadi jaminan orang akan membeli barang kamu setelah mendapatkan hadiah

Kontes Berhadiah 

Strategi promosi dengan cara kontes berhadiah sering digunakan oleh perusahaan besar. Banyak pula YouTuber atau Blogger yang mengunakan cara ini untuk menarik hati banyak orang. Kamu bisa memberikan hadiah dalam bentuk barang produk yang kamu jual atau barang lainnya seperti barang mewah atau kebutuhan lainnya. 

Kelebihan: 

  • Banyak yang ikut kontes berhadiah
  • Meningkatkan engagement dengan konsumen 
  • Menarik konsumen baru 

Kekurangan:

  • Akan banyak muncul pemburu hadiah 
  • Butuh dana besar
  • Tidak ada jaminan peserta kontes akan membeli barang kamu di kemudian hari

Customer Loyalty Program 

Program seperti ini bisa kamu berikan pada customer yang sering melakukan pembelian di tempat kamu. Kamu bisa memberikan dalam bentuk diskon atau hadiah yang spesial yang kamu buat terbatas. Program seperti ini secara tidak langsung menciptakan loyalitas dan keterikatan secara emosional pada konsumen. 

Kelebihan

  • Menciptakan loyalitas
  • Membangun kedekatan emosional dengan konsumen 
  • Dapat meningkat penjualan dalam jangka waktu tertentu 
  • Bisa menjaring konsumen baru 

Kekurangan 

  • Butuh modal besar
  • Kamu perlu memantau dengan serius selama program berlangsung dan ini bisa menghabiskan waktu
  • Konsumen mungkin tidak puas dengan program yang ditawarkan dan mengeluh

Customer Incentive Refferal Program

Strategi promosi ini sering dilakukan oleh perusahaan besar atau perusahaan dalam bidang jasa.  Banyak e-commerce juga mengunakan strategi promo ini untuk menjaring konsumen baru. Mereka akan mengunakan database pembeli untuk menawarkan program ini. 

Strategi promosi seperti ini juga bisa kamu terapkan untuk bisnis kamu. Kamu memberikan hadiah pada customer yang memberikan referensi produk kamu ke teman atau anggota keluarga mereka. Sebagai hadiah, customer akan mendapatkan gift voucher atau diskon produk. 

Kelebihan: 

  • Menjaring banyak konsumen
  • Tidak membutuhkan banyak biaya

Kekurangan:

  • Orang yang jadi referensi dari konsumen belum tentu cocok dengan target market
  • Tidak semua konsumen mau mereferensikan teman atau anggota keluarga mereka

Tulis Press Release Online 

Kamu bisa mempromosikan produkmu dengan cara menulis press release secara online. Kirimkan press release yang berisi info produk pada media online atau koran. Deskripsikan dengan jelas jenis produk kamu. Jelaskan kelebihan dan keuntungannya. Jangan lupa cantumkan harga barang, alamat website, dan media sosial kamu untuk memudahkan konsumen menghubungimu. Bisa juga kamu sertakan produk kamu sehingga mereka langsung gambaran lebih jelas soal produk yang kamu jual. 

Kelebihan: 

  • Menjangkau market yang lebih luas
  • Meningkatkan traffic website, sebab press release bisa membuat konsumen mampir ke website kamu

Kekurangan:

  • Tidak semua media online responsif dan memberitakan produk kamu
  • Membutuhkan skill menulis yang baik dan benar

Event Special 

Strategi promosi ini adalah jenis promo yang mengadakan acara khusus untuk customer loyal. Upaya sederhana ini mampu meningkatkan loyalis pada brand kamu. Kamu bisa membuat kompetisi kecil atau memberikan hamper spesial buat pemenangnya.

Bisa juga kamu membuat event bulanan yang mengundang customer loyal datang ke toko kamu. Siapkan pesta kecil lengkap dengan makanan, minuman dan hadiah kecil. Acara seperti ini akan sangat membekas di hati konsumen. Jangan lupa ketika pesta berlangsung, hias toko kamu dengan cantik dan tempatkan barang-barang promo kamu pada lokasi strategis sehingga mudah terlihat dengan jelas oleh konsumen. 

Tantangan Strategi Promosi dan Cara Mengatasinya

Strategi PromosiStrategi pemasaran selalu berkembang dan berubah seiring berjalannya waktu. Apalagi di kala pandemi Covid-19, kita harus pintar melakukan penyesuaian strategi agar laju bisnis tetap berjalan seperti biasa. Berikut ini tantangan dalam strategi promosi, sekaligus cara mengatasinya:

Mendapatkan Konsumen Baru dan Mempertahankan Loyalitas

Ini adalah masalah utama yang seringkali pebisnis hadapi, bagaimana cara mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan loyalitas konsumen lama. 

Selama pandemi, demand konsumen pun berubah. Mungkin pada awalnya mereka tertarik dengan produk makeup, tapi selama pandemi kebutuhan makeup bergeser, karena mereka lebih memprioritaskan untuk membeli masker. Kamu sebagai reseller produk makeup pun kelabakan karena berkurangnya konsumen lama dan sulit mendapatkan konsumen baru.

Strategi promosi yang cocok untuk kamu lakukan dalam menghadapi tantangan ini adalah paid promotion. Dengan paid promotion, misalnya Instagram Ads atau Facebook Ads, kamu dapat menargetkan promo ke pasar yang memang mencari produk yang kamu tawarkan. 

Untuk mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan kesetiaan konsumen lama, sangat penting untuk mengerti keinginan dan kebutuhan mereka yang kini sudah berubah. Tunjukkan bahwa bisnismu adalah solusi yang tepat untuk mereka. Kamu bisa menggunakan polling atau Q&A di Instagram Story untuk mencari tahu apa yang dicari oleh konsumen. 

Kamu juga bisa menerapkan reward atau diskon sebagai strategi promosi bagi pelanggan lama. Misalnya, berikan mereka potongan harga di pesanan selanjutnya bila mereka posting produkmu di media sosial.

Semakin Banyak Kompetitor 

Makin banyak kompetitor yang memiliki model bisnis yang serupa tentunya membuat kita pusing, ya? Kompetitor membuat kita harus memutar otak untuk membuat strategi promo yang lebih menarik perhatian konsumen. 

Agar bisnis kita memiliki keunikan, membentuk branding sangatlah penting untuk dilakukan. Coba kamu telaah terlebih dahulu, apakah bisnismu sekarang masih relatable dengan konsumen? Jangan-jangan brand-mu tidak lagi mewakili tujuan awalmu?

Kamu harus menentukan siapa, apa, dan kenapa brand-mu menjadi unggulan. Kamu juga perlu konsisten menjalankan promosi di semua channel, seperti Instagram, TikTok, atau Blog. Pastikan semua pesan yang kamu sampaikan sama dan jelas, sehingga konsumen bisa mengerti branding produkmu. 

Mengelola Banyak Strategi Promosi, tapi Kurang Sumber Daya Manusia

Salah satu tantangan strategi promosi adalah kurangnya orang dalam mengelola pemasaran yang dilakukan. Rupanya banyak pebisnis pemula yang mengalami hal semacam ini. Kamu terpaksa harus melakukan semua aspek bisnis sendirian untuk memangkas bujet. 

Untuk meminimalisir tenaga dan waktu yang dikeluarkan dalam membangun bisnis, kamu dapat mencoba layanan pembuatan website toko online di LummoSHOP. Dengan LummoSHOP, kamu bisa mengatur produk, foto, dan info produk langsung dari satu dashboard

Lewat aplikasi LummoSHOP, kamu bisa mengirim produk serta melakukan pemantauan langsung. Kamu juga dapat menjangkau pelanggan secara online dengan cara langsung share status atau share link kepada konsumen lewat WhatsApp atau akun media sosial lainnya.

Dengan menggunakan LummoSHOP, kamu sudah menyederhanakan kebutuhan pemasaran produkmu, sehingga kamu bisa lebih fokus melakukan strategi promosi yang lain. 

Tidak Adanya Analisis Data

Kesalahan yang seringkali dilakukan setelah melakukan strategi promo adalah tidak menganalisis data. Sebaik apa pun promosi yang kamu lakukan, akan percuma bila kamu tidak mengevaluasinya. 

Jangan hanya posting foto di Instagram tapi tidak mengecek angka insight-nya. Dengan menganalisis data, kamu dapat menarik kesimpulan mana promosi yang berhasil, mana yang harus diperbaiki.

Sebelum menerapkan strategi promosi, tetapkan secara matang goal seperti apa yang ingin kamu raih. Followers yang bertambah, pembeli baru, peningkatan penjualan, atau engagement yang lebih banyak?

Strategi PromosiBersabarlah dalam menganalisis data, berikan waktu beberapa bulan untuk membandingkan beberapa tipe promosi yang kamu lakukan. Terlalu cepat menyimpulkan juga tidak baik, sebab belum tentu data yang dihasilkan akurat. 

Kebanyakan promosi memang butuh waktu dan uang, karenanya kamu perlu fleksibel dalam mengubah strategi saat diperlukan. Hindari stuck dengan metode yang itu-itu saja bila kamu merasa kalau itu sudah tidak efektif, karena hanya akan menghabiskan waktu dan dana. 

Bujet yang Terbatas

Alasan lainnya kenapa bisnis susah memasarkan produknya secara leluasa adalah karena keterbatasan bujet. Mau tidak mau, kamu memang harus memiliki bujet promosi bila ingin produk dikenal lebih banyak orang. 

Namun, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk membuat pengeluaran promosi lebih efisien. Caranya adalah dengan menerapkan tujuan satu-persatu, jangan serakah ingin semuanya berjalan berbarengan. Misalnya, kamu memilih untuk mendahulukan brand awareness, baru setelah itu engagement, kemudian penjualan. 

Ketika kamu punya bujet yang tidak besar, batasi lamanya waktu melakukan promosi, terutama di pemasaran digital seperti ads. Kamu bisa memilih jangka waktu promosi dan target pasar yang spesifik supaya bujet yang keluar tidak berlebihan.

Strategi promosi memang tidak boleh dilakukan sembarang, ada banyak pertimbangan dan perencanaan yang harus kamu lakukan sebelumnya. Mulai dari menentukan target pasar, brand message, tujuan bisnis, sampai ke pemilihan bentuk pemasaran produk. 

Tantangan dalam berbisnis pasti akan terus ada, tapi dengan strategi promosi yang tepat, kamu akan dapat meningkatkan penjualan produk dan mengembangkan bisnismu agar jadi lebih maju.

Bagaimana Cara Menentukan Strategi Promosi?

Saat menentukan strategi promosi, hal yang perlu kamu lakukan hanyalah memikirkan tentang produk atau layanan seperti apa yang paling menarik di mata masyarakat. Setelah itu, mulailah untuk membuat rencana dari hasil pemikiran tersebut.

Berikut beberapa cara menentukan strategi promosi untuk bisnis kamu:

  1.     Tetapkan tujuan bisnis yang ingin kamu capai
  2.     Tetapkan bujet yang ingin dikeluarkan
  3.     Tentukan target pasarnya untuk mengetahui cara pendekatan yang akan kamu gunakan nantinya
  4.     Tentukan jenis promosi yang sesuai dengan tujuan dan anggaran bisnis
  5.     Mulai menjalankan campaign untuk menyampaikan key message
  6.     Ukur hasil campaign untuk melihat apakah penerapan strategi sudah tepat atau belum
  7.     Lakukan evaluasi

Tren Promosi di Era Online

Tidak ada konsumen yang akan membeli produk atau layanan yang belum pernah mereka dengar, mereka juga tidak akan membelinya jika mereka tidak tahu apa yang ditawarkan oleh bisnis kamu. Inilah sebabnya mengapa strategi promo yang hebat sangat penting untuk mengembangkan bisnis kamu. 

Pada era online seperti saat ini, strategi promo perlu mengambil pendekatan multi-channel untuk mendistribusikan konten, berita, dan penawaran dari bisnis kamu. Contohnya, media sosial, toko online, website, meng-endorse influencer atau selebgram, dan lain-lain. Namun sebelum membahasnya, kamu perlu mengenal beberapa istilah tentang tren promosi kekinian. Memahami tren ini dan menyesuaikannya dengan pendekatan dari bisnis kamu dapat membantu kamu menonjol di tengah ketatnya persaingan bisnis dan selangkah lebih maju dari kompetitor kamu.

Artificial intelligence (AI)

Ini adalah tren promosi di era online dari Carlos Trillo, digital marketer dengan pengalaman lebih dari 10 tahun, juga seorang CEO & Co-Founder Evinex, agensi pemasaran digital sukses yang berbasis di California. Menurutnya, dalam pemasaran digital, AI memungkinkan pebisnis untuk memprediksi perilaku konsumen, membuat konten, mempersonalisasi pengalaman konsumen, mengelola promosi, dan mengoptimalkan performa bisnis. AI juga memudahkan pebisnis untuk mengambil data pemasaran apa saja, menganalisisnya dan belajar dari data tersebut untuk mendapatkan solusi dan hasil yang lebih baik.

Chatbot

Chatbot adalah jenis AI yang bisa bercakap-cakap dan berinteraksi dengan konsumen melalui teks atau voice interface. Menggunakan chatbot dalam promosi memungkinkan bisnis kamu untuk menawarkan layanan konsumen 24/7/365 alias non-stop dan meningkatkan kepuasan konsumen. Terlebih lagi, ini dapat menghemat waktu dan uang kamu.

Micro Influencer

Tren ini sudah ngehits sejak tahun lalu. Carlos memprediksi bahwa influencer akan mendominasi tahun 2022 dan semakin berkembang. Di antara berbagai macam jenis influencer, Carlos menyarankan pebisnis untuk memberikan perhatian khusus pada micro influencer, yaitu influencer yang memiliki followers/pengikut antara 10.000 hingga 100.000. Meski jumlah pengikutnya tidak sebanyak macro influencer, tetapi mereka memiliki engagement yang tinggi dengan pengikutnya dan sering berinteraksi. 

Micro influncer diyakini memiliki dampak yang lebih besar daripada influencer top. Soalnya, orang-orang percaya ketika micro influencer merekomendasikan produk atau layanan tertentu dalam posting-an mereka, bukan karena mereka dibayar untuk mempromosikannya, tapi murni berdasarkan pengalaman mereka. Bekerja sama dengan micro influencer bisa meningkatkan kemungkinan untuk menjangkau target market yang lebih luas dengan cara yang lebih menarik.

Konten Video

Konten video memiliki rasio klik-tayang tertinggi dari semua format digital. Melansir laman Hootsuite.com pada Mei 2021, 63% video TikTok Ads mendapatkan klik oleh penggunanya. Berarti, pesan di dalam video tersebut berhasil menarik pengguna TikTok. Selain itu, saat ini, promosi yang dilakukan melalui konten video terbilang efektif karena video memiliki tampilan atraktif serta komunikatif. Menurut data dari Wordstream.com pada Juli 2021, 68% konsumen lebih suka menonton video untuk mempelajari produk dan 82% lebih suka menonton video dibandingkan membaca deskripsi di media sosial.

Toko Online

Dengan semakin banyaknya konsumen yang melek teknologi dan kemudahan mengakses internet, toko online merupakan salah tren promo yang penting di era digital seperti sekarang ini. Tentunya membuka toko online akan jauh lebih mudah, praktis, dan murah. Peluang pebisnis pun lebih besar dengan memiliki website toko online sendiri dibandingkan dengan membuka toko di marketplace

Beberapa kelebihan dari toko online adalah jalannya bisnis bisa kamu kontrol sendiri, sesuka kamu. Mulai dari sistem berjualannya, letak posisi barang, dan pendekatan promosi lainnya. Kamu juga akan mendapatkan margin yang lebih besar dibandingkan berjualan di marketplace, karena tidak akan ada kompetitor sebanyak marketplace

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP