fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Testimoni Pelanggan: Cara Jitu Pikat Hati Konsumen

Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan memiliki peran penting dalam bisnis online. Padahal dalam bisnis konvensional, testimoni juga sudah ada. Namun bedanya testimoni bisnis konvensional hanya terucap dari mulut ke mulut. Berbeda dengan testimoni bisnis online yang tertulis maupun terekam melalui video.

Lantas apa itu Testimoni?

Testimoni memiliki pengertian berupa ulasan yang diberikan konsumen maupun pelanggan terhadap produk bisnismu. Testimoni bisa saja menguntungkan bisnismu atau justru sebaliknya, membuat bisnismu merugi. Tidak semua hal memang dapat berjalan sesuai keinginan. Namun ada upaya-upaya pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk mengelola ulasan menjadi satu hal bermanfaat bagi kelangsungan bisnismu.

Selain itu, ulasan terkadang sulit didapat sehingga mengharuskan pebisnis untuk jemput bola. Jika hal ini terjadi di bisnismu, kamu dapat menyiasatinya dengan melakukan tips khusus mendatangkan testimoni. Jangan pernah menodong pelanggan atau konsumen kamu dengan sebuah paksaan hanya demi mendapat ulasan.

Nah, di sini LummoSHOP akan membahas semua hal tentang ulasan pelanggan untuk membantu perkembangan bisnis kamu di masa depan. Disimak dengan baik ya!

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Pentingnya Testimoni Pelanggan

Pernahkah kamu ingin membeli sesuatu tapi masih merasa ragu? Hal apa yang biasanya kamu lakukan pertama kali untuk mengatasi keraguan tadi? Mencari second opinion. Untuk itulah testimoni dibutuhkan. Tidak hanya mengatasi keraguan tadi, ada banyak manfaat lainnya yang didapat dari adanya ulasan, antara lain:

  1. Menarik Konsumen Baru

Dalam bisnis online, baik itu marketplace maupun website toko online, semua berlomba menampilkan ulasan yang terbaik di halaman pertamanya. Mengapa? Tentu saja agar kesan pertama yang didapat ketika ada konsumen baru yang berkunjung menjadi bagus.

Kesan pertama itu dapat memengaruhi emosi dan pikiran konsumen untuk melanjutkan proses selanjutnya, yaitu pencarian dan pembelian produk. Namun jangan merasa aman. Kolom ulasan yang biasanya ada di setiap produk juga akan dibaca oleh konsumen baru kamu.

Jadi jangan sampai kesan pertama yang dilihat konsumen bertolak belakang dengan ulasan di katalog produk kamu. Fokus untuk menciptakan produk berkualitas agar ulasan kamu bagus secara keseluruhan. Tentunya konsumen akan percaya pula seutuhnya.

  1. Menumbuhkan Kepercayaan Pelanggan Lainnya

Ternyata tidak hanya konsumen baru yang akan tertarik setelah membaca testimoni. Pelanggan lain pun bisa juga ikut hanyut oleh strategi ini. Jika kamu dapat menarik konsumen baru dan mempertahankan pelanggan loyal sekaligus, tentunya reputasi bisnis kamu akan sangat bagus. Dan ini adalah mata rantai yang tidak akan terputus, mereka yang merasa puas dengan produk maupun pelayanan bisnis kamu tentu akan membuat ulasan pula yang serupa. Sangat menguntungkan, bukan?

  1. Pembuktian Jika Produk Bisnismu Berkualitas

Dengan adanya ulasan dari pelanggan, kamu jadi sadar kalau produk yang kamu luncurkan memang dipilih pelanggan karena mereka merasa puas. Jika tidak, tentu mereka tidak akan mengulas produkmu melalui testimoninya. Ini merupakan pencapaian sekaligus tantangan bagi bisnis kamu untuk tetap dapat mempertahankan kualitas yang ada dan kalau bisa juga semakin ditingkatkan.

  1. Menjadi Strategi Promosi Gratis

Kata siapa strategi promosi harus selalu mahal? Manfaatkan ulasan yang ada sebagai strategi promosi bisnis kamu secara bijak. Coba kamu kumpulkan beberapa ulasan terbaik yang ada, lalu desain semenarik mungkin. Terakhir, tampilkan di halaman pertama marketplace atau website jualan kamu. Selain terlihat profesional, juga menimbulkan citra yang baik bagi bisnis kamu, lho!

  1. Menjadi Bahan Evaluasi

Tidak semua testimoni memang berisi kalimat pujian. Ada juga yang berisi kritikan atau masukan membangun. Jangan jadikan testimoni yang berupa kritikan tadi membuatmu patah semangat dalam berbisnis. Namun, jangan pula mengabaikannya, karena nanti akan berbahaya bagi bisnismu. Kamu perlu menyelesaikan testimoni yang berupa kritikan tadi secara personal dengan pelanggan, agar tidak kabur dan mendapat solusi yang tepat.

  1. Sebagai Bentuk Apresiasi kepada Pelanggan

Ketika kamu merespons testimoni dari setiap pelanggan, mereka akan merasa telah kamu apresiasi dengan baik. Bentuk perhatian sederhana seperti ini jangan sampai kamu lewatkan. Dengan begitu, pelanggan yang loyalitas akan bertambah jumlahnya setelah merasa diperhatikan oleh kamu sebagai pemilik bisnis.

Testimoni Pelanggan

Cara Mendapatkan Testimoni Pelanggan

Tadi di awal sudah dibahas jika jangan sampai kamu sebagai pebisnis memaksa pelangganmu untuk memberikan testimoni. Apalagi memaksa memberikan testimoni yang haruslah berisi kalimat positif. Jangan sampai seperti itu, ya.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Kamu tidak perlu melewati batas seperti itu. Cukup dengan mencoba beberapa cara yang ada di bawah ini jika kamu ingin mendapatkan ulasan pelanggan secara jujur. 

  1. Hubungi secara Personal

Kamu bisa menghubungi pelanggan secara personal untuk menanyakan hal mendasar setelah pengiriman dilakukan. Namun sebelumnya pastikan dulu kalau produk kamu sudah sampai di pelanggan tadi dengan cara melacak nomor resinya terlebih dulu atau menghitung estimasi perkiraan produk kamu sampai dari tanggal pengiriman yang ada.

Cobalah menyapa pelanggan dengan kalimat pembuka:

“Bagaimana apa produknya sudah sampai?”

Setelah melakukan obrolan ringan, kamu dapat menjadikannya sebuah testimoni yang didapat secara alami. Jangan lupa untuk meminta izin ke pelanggan jika kamu mau menggunakan obrolan tadi sebagai testimoni, ya.

  1. Balas Pesan Pelanggan Berakhir Mendapat Testimoni

Biasanya pelanggan yang sudah loyal akan mengirimkan pesan kepada kamu ketika produknya sudah diterima. Kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk menggali sebuah testimoni. Ingat ya jangan memaksa, tapi berusahalah menggiring obrolan dengan baik.

  1. Bagikan Testimoni di Media Sosial

Ini adalah salah satu trik untuk memancing pelanggan lain agar ikut berkomentar. Yang awalnya hanya dapat satu testimoni malah jadi berlipat ganda. Menarik, kan?

  1. Lempar Pertanyaan di Media Sosial

Trik selanjutnya untuk memancing pelanggan agar ikut berkomentar adalah dengan memberikan pertanyaan di media sosial kamu.Misalnya:

“Menurut bunda, bagaimana warna produk terbaru kami?”

Nantinya setiap pelanggan yang menjawab pertanyaan dapat dijadikan testimoni untuk bisnis kamu. Ternyata mencari testimoni tidak selamanya harus melalui paksaan, kan?

  1. Melalui Kolom Ulasan di Marketplace atau Website Jualan

Semakin banyak media yang kamu gunakan, semakin besar pula peluang kamu mendapat ulasan baru dari pelanggan setiap harinya. Website jualan dan marketplace menjadi ladang subur dari ulasan. Jika kamu belum memiliki, segeralah membuatnya. Karena saat ini, cara buat website jualan itu sangat mudah. Dan juga selagi ada banyak yang menawarkan domain gratis, manfaatkan kesempatan dan kemudahan yang ada sebaik-baiknya ya.

  1. Buat Google Bisnisku

Meskipun hanya bisnis online, kamu juga dapat membuat Google Bisnisku untuk menambah kepercayaan konsumen. Di sana juga akan ada kolom khusus testimoni atau ulasan yang bisa kamu manfaatkan.

  1. Tawarkan Insentif Menarik

Trik lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapat ulasan adalah dengan menawarkan insentif menarik ke pelanggan agar mau meluangkan waktunya untuk memberikan testimoni. Bentuk insentif yang menarik ini bisa beragam, misalnya berupa voucher diskon pembelian.

  1. Endorse Influencer

Cara sukses jualan online dewasa ini ternyata tidak hanya mendapat dukungan dari pelanggan. Terkadang kamu juga butuh dukungan dari influencer agar citra bisnismu melejit. Influencer memiliki pengikut yang cenderung setia dan selalu ingin mencoba apa yang dibeli oleh idolanya. Selain untuk mendapat ulasan, ternyata kamu juga bisa memanfaatkan peluang ini untuk memperluas target pasar bisnismu.

Membuat website toko online pribadi di LummoSHOP, kamu juga bisa memanfaatkan fitur review dan rating sebagai media testimoni pelanggan. Tentu saja kehadiran testimoni yang valid, akan meningkatkan kepercayaan bisnis dan menambah minat calon pembeli kamu. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Peran ulasan pelanggan ternyata memang penting. Ada banyak cara pula untuk mendapatkan ulasan pelanggan tanpa memaksa. Harapannya tentu dengan adanya testimoni yang banyak dapat memikat hati konsumen baru untuk membeli produk bisnis kamu. Semangat mencoba tips dan trik tadi, ya!