fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Tingkatkan Jualan Ramadan dengan WhatsApp Marketing Pakai Stiker LummoSHOP

Minggu terakhir bulan Ramadan adalah momen sibuk-sibuknya pebisnis online. Ada yang sudah mempersiapkan diri untuk mudik, ada yang berjibaku mengirimkan orderan hampers pelanggan the last minute, ada yang menyebar-nyebar promo ke pelanggan. Intinya di minggu terakhir di bulan yang fitri ini, para pebisnis fokus untuk meningkatkan jualan Ramadan. 

Salah satu cara yang lazim digunakan oleh pebisnis online untuk mempromosikan produk adalah melalui chat di WhatsApp atau lebih dikenal dengan istilah WhatsApp marketing. Mengapa kita harus menggunakan WhatsApp marketing? Menurut data dari We Are Social per bulan Februari 2022, jumlah pengguna Whatsapp di Indonesia sebanyak 88,7% dari jumlah populasi, tahun sebelumnya 87,7% (naik). Data ini menempatkan WhatsApp sebagai platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Ini artinya, banyak konsumen dan target pasar kamu yang berkomunikasi menggunakan WhatsApp. Angka pengguna WhatsApp yang berpotensi untuk menjadi pelanggan setiamu juga besar. Jika kamu sudah tahu dimana konsumen kamu berada, lebih mudah untuk menghampiri mereka bukan?

Mengenal WhatsApp Marketing

Sudah yakin kan kalau WhatsApp itu media chat yang populer. Selain seru untuk chat dengan ayang, kamu juga bisa memaksimalkan pemasaran brand kamu lewat WhatsApp. WhatsApp marketing adalah segala jenis kegiatan pemasaran atau promosi yang dilakukan melalui WhatsApp. Kegiatan ini bisa berupa membagikan info promo ke database pelanggan, memberikan kode voucher khusus atau sekedar menginfokan launching produk terbaru. 

 

Baca juga:

 

strategi promosiLangkah Awal Sebelum Melakukan WhatsApp Marketing

Langkah pertama untuk melakukan pemasaran bisnis kamu lewat WhatsApp adalah memisahkan nomor pribadi dengan nomor yang akan digunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dan menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Ini dia alasannya:

  1. Jika menggunakan WhatsApp Business, kamu bisa memodifnya dengan identitas brand kamu, seperti nama yang ditampilkan di WhatsApp dan profile picture sehingga tampilannya lebih profesional dan kredibel. Kamu juga bisa memasukkan info-info penting terkait toko kamu, seperti jam operasional dan katalog produk. 
  2. Memisahkan kehidupan pribadi kamu dengan pelanggan. Biasanya bisnis membalas chat pelanggan pada jam kerja. Di luar jam kerja, kamu bisa kembali ke kehidupan personal-mu tanpa khawatir dibanjiri oleh chat pelanggan ketika membuka WhatsApp. Kamu bebas online di WhatsApp di luar jam kerja tanpa khawatir ada pertanyaan, “Kak, kok online di WhatsApp tetapi chat aku enggak dibalas?”
  3. Bisa mempekerjakan karyawan khusus sebagai admin yang berkomunikasi dengan pelanggan. Kamu bisa tetap menggunakan nomor pribadi untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, rekan bisnis atau pun supplier tanpa khawatir tercampur-campur dengan chat konsumen. 
  4. Bebas aktif update status di WhatsApp nomor pribadi kamu untuk menyampaikan kabar pribadi tanpa khawatir akan persepsi pelanggan. Sebagai manusia, ada saja kalanya kamu ingin berkeluh kesah. Tetapi pastikan kamu menyampaikannya di status WhatsApp pribadi ya jadi tidak berimbas pada persepsi konsumen akan brand image kamu. 
  5. Anti skip-skip club chat pelanggan. Pada saat jam kerja, mungkin kamu akan memprioritaskan untuk membalas chat pelanggan terlebih dahulu. Jika chat dengan pelanggan di nomor terpisah, kamu bisa lebih mudah memfilter pesan yang masuk berdasarkan yang sudah dibalas atau belum karena chat pribadi kamu ada di handphone yang terpisah. 

Cara Efektif Melakukan WhatsApp Marketing

Berkomunikasi dengan pelanggan itu ada seninya. Selain kamu harus bersikap ramah, informatif dan membantu setiap saat, jangan sampai chat kamu isinya hanya spam promo saja tanpa berniat untuk membangun koneksi dengan pelangganmu. Berikut tips & triknya. 

  • Buat konten yang menarik dan atraktif

Buatkan konten promosi yang autentik, tidak plagiat, menarik, serta tidak misleading yang berpotensi membuat pelanggan mengalami kebingungan. Meskipun kamu membagikan banner promo, kamu bisa memulainya dengan memberikan pantun atau tebak-tebakan. Untuk hal ini, kamu perlu mempelajari teknik copywriting

Baca juga: 5 Jurus Jitu Copywriting untuk Media Sosial 

  • Manfaatkan momen Hari Besar Nasional

Konsumen akan jatuh hati kepada pebisnis yang menunjukkan kepedulian terhadap mereka. Jangan sampai mereka hanya merasa sebagai ladang penghasil uang untuk bisnismu. Pikat simpati pelanggan dengan mengucapkan hari raya atau hari libur nasional kepada mereka sebelum menawarkan promo. Pesan juga bisa kamu akhiri dengan mengucapkan selamat beristirahat atau berkumpul bersama keluarga di hari libur mereka. 

  • Manfaatkan status WhatsApp 

Selain kirim broadcast promo, untuk antisipasi agar pelanggan tidak menerima terlalu banyak pesan promo di chat, kamu juga bisa update info promo di Status WhatsApp. Karena status WhatsApp hanya berlaku 24 jam, kamu juga bisa mencoba trik membagikan kode promo yang hanya berlaku eksklusif selama 24 jam misalnya. Atau kamu juga bisa berbagi video dan gambar proses pembuatan produk atau packing pesanan agar menarik pelanggan untuk ikutan pesan juga.

  • Ciptakan cara berkomunikasi yang asyik

Jangan menggunakan bahasa yang terlalu kaku ketika ngobrol dengan pelanggan. Anggap saja kamu sedang ngobrol dengan seorang teman atau keluarga dekat, meskipun begitu tetap mengedepankan keramahan dan tutur bahasa yang sopan. Kamu bisa selingi ketikan dengan stiker chat WhatsApp. Gambar dan pesan yang lucu bisa memberikan kesan adanya kedekatan dan keakraban dengan pelanggan.

komikazer 01Chat Pakai Stiker Ciptakan Pelanggan

Untuk mendukung jualan online dan bersilaturahmi dengan pelanggan kamu semakin bermakna di bulan Ramadan ini, LummoSHOP menghadirkan Stiker Ciptakan Pelanggan, di mana kamu bisa bikin stiker WhatsApp online shop-mu sendiri. Tersedia beragam template stiker WhatsApp kekinian yang bisa kamu modifikasi dengan menambahkan logo online shop dan kata-kata ciri khasmu sendiri. 

Stiker Ciptakan Pelanggan menyediakan banyak ilustrasi untuk beragam kondisi, seperti mengucapkan salam, menunggu pesanan, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa, woro-woro promo toko, hingga ucapan Idul Fitri.

Khusus di minggu terakhir di bulan Ramadan ini, LummoSHOP berkolaborasi dengan seniman Komikazer untuk menghadirkan 5 karakter komik khas kreasi Komikazer dalam bentuk stiker WhatsApp. Komplit kan pilihannya! 

Yuk, langsung bikin sendiri Stiker Ciptakan Pelanggan kamu dan tingkatkan orderan menjelang Ramadan. 

 

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP