fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Tips & Cara Jualan Online di Lazada

Cara Jualan di Lazada 01

Lazada adalah platform e-commerce yang sudah berdiri sejak tahun 2012 dan sekarang dikuasai oleh Alibaba. Menurut situs resminya, www.lazada.co.id, Lazada telah membantu lebih dari 135.000 penjual lokal dan global dan telah melayani lebih dari 560 juta pelanggan. Nah, apakah kamu termasuk yang menyaksikan betapa iklan Lazada wara-wiri di YouTube?

Dan melihat potensinya, apa kamu juga ingin bergabung di e-commerce yang sempat menggandeng Hyun Bin juga Lee Min Ho sebagai brand ambassador ini? Simak cara jualan di Lazada berikut ini agar produk kamu juga bisa sukses di sini.

Cara Jualan di Lazada Fase Pertama: Lengkapi Administrasinya

1. Penuhi Persyaratan. Ada beberapa kriteria berbeda bagi mereka yang hendak bergabung.

  • Seller Perorangan: untuk kategori ini cukup membutuhkan KTP dan buku tabungan dengan nama pemilik identitas diri
  • Seller Perusahaan: harus memiliki NIB atau Izin Usaha dan buku tabungan atau rekening koran atas nama perusahaan
  • Distributor Resmi: surat izin usaha, informasi nomor rekening, surat distributor, memiliki website dan media sosial yang aktif dengan minimal 1000 pengikut, terdaftar di toko retail minimal 3 cabang
  • Pemilik Brand atau Distributor Tunggal: persyaratannya sama dengan distributor resmi, kecuali surat distributornya diganti jadi sertifikat merek. 

2. Pendaftaran akun. Lakukan pendaftaran akun sebagai seller, caranya sebagai berikut: 

  • Akses laman www.lazada.co.id 
  • Klik opsi “Daftar Penjual”
  • Pilih apakah kamu ingin menjadi Penjual Lazada atau Penjual Lazmall 
  • Setelah itu klik “Daftar Menjadi Penjual Sekarang”
  • Isi seluruh data yang diminta dengan benar kemudian geser untuk verifikasi
  • Baca keseluruhan syarat dan ketentuan yang diberikan Lazada dengan teliti
  • Sudah terdaftar, siap menjual produk

Cara Jualan di Lazada Fase Kedua: Persiapkan Toko Kamu

Cara Jualan di Lazada 023. Lengkapi Profil Toko Kamu.

Sebelum memasukkan foto, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah melengkapi profil toko kamu terlebih dahulu. Tanpa profil yang jelas, ketika calon pelanggan datang, mereka akan merasa akun kamu kurang terpercaya. Adapun yang perlu dilengkapi antara lain: 

  • Nama dan URL toko di Lazada. Buatlah nama yang menggambarkan produk kamu, sehingga mudah diingat oleh calon pelanggan. 
  • Foto profil toko yang professional, biasanya menggunakan logo yang merepresentasikan bisnis kamu dalam sekali lihat.
  • Deskripsi singkat tentang toko kamu. Agar calon pelanggan tahu, secara garis besar produk apa yang kamu jual sebelum melihat-lihat daftar fotonya. Semakin niat kamu menulis deskripsi, toko kamu akan semakin dipercaya oleh calon pelanggan.
  • Masukkan alamat toko, jika memang ada toko offline-nya. Kalau perlu sertakan link gmaps-nya untuk memastikan kalau toko kamu bukan fiktif.

4. Hias Tampilan Awal Toko Kamu.

Tampilan awal toko online shop kamu memiliki fungsi yang sama dengan bagian depan toko offline. Fungsinya membuat calon pelanggan yang mampir, mau masuk dan melihat-lihat produk kamu. Kalau tampilannya tidak menarik, besar kemungkinan calon pelanggan berhenti di tampilan awal dan kemudian mencari alternatif toko online lain. Ada baiknya kamu menentukan tema tampilan toko kamu sesuai dengan event-event tertentu, seperti lebaran, natal, tahun baru, dan sebagainya. Ada beberapa item yang dapat kamu kreasikan kapan pun, yaitu: header yang berfungsi sebagai penerima tamu, banner voucher, lalu kolom foto produk. Kamu memanfaatkan aplikasi edit foto seperti Canva atau Picsart untuk membuat aneka banner lucu dan menarik dengan mudah.

5. Unggah Foto Produk.

Tentu saja yang terpenting dari berjualan online adalah fotonya. Berikut adalah apa yang harus diperhatikan dari foto produk kamu:

  • Ambil foto dari berbagai angle dan pencahayaan yang tepat agar detail produk terlihat dengan jelas. 
  • Edit fotonya dengan menambahkan watermark atau cropping. Jangan lakukan edit berlebihan seperti penambahan filter atau stiker, karena akan menenggelamkan si produk.
  • Sesuaikan dengan tema warna keseluruhan tampilan toko online shop kamu.
  • Unggah fotonya sesuai ketentuan Lazada.
  • Lengkapi gambar produk dengan detail seperti harga, pilihan warna, ukuran, cara pemakaian, dan lain sebagainya. Fitur detail di Lazada juga akan membantu kamu menyiapkannya. Jadi, jangan malas diisi ya

Cara Jualan di Lazada Fase Ketiga: Optimasi Toko Online Kamu

6. Gunakan Fitur Promosi:

Fitur ini biasanya disediakan gratis oleh Lazada dan dapat dimanfaatkan oleh pemain baru dan pemain lama. 

Berikut adalah fitur-fitur promosi yang dapat kamu manfaatkan di Lazada.

  • Voucher Penjualan
  • Gratis Ongkir: Pada saat-saat tertentu, kamu bisa mengaktifkan fitur Bebas Ongkir. Pastikan kamu tetap mendapatkan laba ya saat melakukan kampanye ini.
  • Flexi Combo: Fitur ini mendorong calon pelanggan untuk membeli lebih karena akan mendapatkan lebih banyak. 
  • Bundle: Promo bundle seperti Beli 1 Gratis 1, juga sering diincar oleh para pelanggan untuk produk-produk yang dipakai sehari-hari. 
  • Voucher Pengikut: Ini adalah cara kamu memberikan value pada para pengikut setia. 
  • Share Voucher: Fitur ini memungkinkan pelanggan membagikan voucher ke teman atau kerabatnya. Tujuannya tentu agar mereka secara sukarela menjadi semacam agen ‘friend get friend’. 

7. Gabung ke Facebook Lazada Club.

Di sini kamu dapat berkumpul dengan para seller lain, selain mendapat update terkait fitur terbaru di Lazada, kamu juga berinteraksi dengan para seller professional yang akan memberikan tips dan informasi terkait cara jualan di Lazada. Sangat bermanfaat, bukan? 

8. Buat dan Share Konten di Feed:

Buatlah konten-konten menarik dan terkait dengan produk kamu di feed. Misalnya, jika kamu menjual makanan, maka bisa buat konten terkait cara penyajian atau varian penyajian. 

Tips agar Sukses Jualan di Lazada

Cara Jualan di Lazada 03Sebagai salah satu platform terbesar di dunia, tentunya menggiurkan bergabung ke Lazada. Namun, jangan lupa, platform besar berarti lebih banyak pesaing. Oleh sebab itu, kamu harus menonjol agar para calon pelanggan mudah menemukanmu. Apa saja sih tips yang bisa dipraktikkan saat mempraktikkan cara jualan di Lazada?

1. Promo

Kalau kamu pemain baru, cara termudah menggaet lebih banyak follower baru adalah dengan menawarkan harga promo atau sering disebut opening promo. Tidak hanya follower baru yang bertambah, kemungkinan terjadi order pun akan lebih besar. Sehingga lebih banyak orang yang merasakan/menikmati produk kamu untuk pertama kalinya. Jadi, pastikan produk kamu sudah paten kualitasnya.

2. Review dan Rating

Nah, kelanjutan dari promo tadi adalah semakin memancing review dan rating dari para pembeli awal. Review dan rating ini sangat penting karena berfungsi sebagai referensi para calon pelanggan. Biasanya mereka yang sudah tertarik dengan produknya, butuh persetujuan dari kolom komen. Tidak usah takut, jika produkmu memang memenuhi kebutuhan pelanggan, pasti review dan rating yang mampir akan bagus juga. 

3. Fast Response

Fast response di sini tidak hanya berlaku pada chat yang menanyakan stok produk, tetapi juga dalam menjawab review dan rating. Tantangan di marketplace adalah ada banyak produk serupa dengan produk kamu yang ditawarkan. Oleh sebab itu, cara jualan di Lazada mendorong kamu untuk gercep dalam hal pelayanan pelanggan. 

Jadi, ketika calon pelanggan bertanya di chat, mereka juga sudah punya nominator yang lain. Oleh sebab itu, jangan tunggu lama untuk membalas chat. Usahakan chat sudah kamu balas dalam rentang kurang dari 5 menit. Sementara fast respons di review dan rating akan membuat pelanggan merasa kalau pendapat mereka penting. Yuk, belajar gercep sama pelanggan. 

4. Promosikan Link Toko Lazadamu 

Pastikan semua kenalan kamu, follower di media sosial, tahu kalau kamu punya toko di Lazada. Selain menaruh link-nya di bio media sosial kamu, selalu giring follower ke link tersebut dengan pancingan konten-konten seperti OOTD jika produk kamu fashion, konten resep untuk yang berbisnis F&B, dan sebagainya. 

5. Tentukan Keunikan Produk Kamu

Kamu hanya bisa menonjol dari produk lain yang serupa jika kamu berhasil menunjukkan keunikan dari produk kamu. Rajin-rajin memantau akun kompetitor agar kamu bisa menentukan hendak mengangkat keunikan yang mana dari produk kamu. 

Nah, sudah siap jadi anggota seller di Lazada? Selamat memulai ya