fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Tips dan Contoh Infografis untuk Memikat Konsumen Juga Rekan Bisnis

Infografis

Penggambaran secara visual dalam infografis memang memiliki daya tarik tersendiri untuk membuat pembaca paham atas apa yang ingin kamu sampaikan. Bahkan bisa jadi, pembahasan atau data yang sebenarnya padat dan serius, saat dikemas dalam bentuk infografis terlihat lebih mudah dipahami. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak para pebisnis menggunakannya.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Dilansir dari Jurnal Desain, Febrianto Saptodewo mengungkapkan bahwa representasi visual (ilustrasi/fotografi) mempunyai kekuatan menarik atensi secara langsung dan memiliki peran persuasi visual yang besar dalam tampilan suatu infografis. Hal ini tentu menjadi angin segar bagi pebisnis untuk meningkatkan brand awareness produk mereka.  

Apa itu Infografis?

Infografis adalah suatu media informasi yang menggunakan gambar, tipografi, desain ilustrasi, foto, ikon dan sebagian kecil teks. Beberapa grafik informasi juga dapat kamu sajikan dalam data berupa angka dengan ikon warna-warni untuk memudahkan pemahaman. Hal ini akan membuat informasi terlihat lebih interaktif.

Infografis (grafik informasi) sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Dapat kamu ketahui, bahwa manusia zaman modern mengetahui kehidupan masa lampau melalui ilustrasi yang manusia purba gambar di tembok-tembok gua, relief, dan bangunan peninggalan prasejarah. Terbukti hal ini lebih efektif untuk kamu pahami jika kamu bandingkan dengan sajian dalam bentuk teks yang tidak semua orang mengerti dengan bahasanya.

Fungsi Infografis

infografisTidak bisa kamu pungkiri bahwa grafik informasi memudahkan pembacanya untuk memahami sajian informasi dengan cepat. Sebab otak akan langsung memproses data yang ada jika kamu bandingkan dengan sajian data dalam bentuk teks yang harus kamu baca secara keseluruhan. Berikut fungsi infografis yang harus kamu ketahui.

  1. Menyederhanakan Informasi Rumit

Penggunaan tools seperti chart, smartArt, shape, font, flat color, dan lainnya membuat informasi lebih enak dipandang. Selain itu, tak perlu banyak kata untuk menunjukkannya. Gambar yang kamu sajikan sudah bisa mewakilI apa-apa yang ingin kamu sampaikan.

  1. Membantu Pembaca Memahami Inti Pembahasan

Seringkali grafik informasi tidak hanya berisi satu informasi saja, tetapi kamu sajikan secara keseluruhan mulai dari pendahuluan, pembahasan hingga kesimpulan. Hal ini membuat pembaca lebih cepat mendapatkan informasi yang pembaca butuhkan.

  1. Dapat Kamu Gunakan dalam Pembuatan Ringkasan Jurnal

Karena sifatnya yang interaktif, grafik informasi dapat kamu gunakan untuk menyajikan ringkasan sebuah jurnal atau penelitian. Ia mampu menampilkan hasil surveI atau data penelitian dengan lebih jelas. Selain itu grafik informasi juga mampu memberikan perbandingan terkait beberapa bagian yang berbeda dengan menonjolkannya lewat bentuk dan warna.

Tujuan Infografis

Dikutip dari buku Cool Infographics : Effective Communication with Data Visualization and Design infografis memiliki tujuan seperti public speaking. Dimana tujuannya adalah untuk menginformasikan, menghibur, dan memengaruhi audiens sehingga mereka mau memberikan perhatian, menyempatkan untuk membaca dan melakukan aksi sesuai yang diinstruksikan. Dengan begini, tujuan dari informasi kamu dapatkan seluruhnya.

Contoh yang Baik dan Benar pada Pembuatan Infografis

Penyajian informasi yang baik, tentu memiliki kriteria-kriteria tertentu sehingga menarik pembaca untuk menetap di sebuah grafik informasi. Terlebih jika akhirnya pembaca mau mencari informasi lain terkait brand yang sama, tentu hal ini akan meningkatkan traffic kunjungan ke website atau media sosial brand tersebut. Jika sudah begitu, upaya untuk membangun kepercayaan konsumen akan lebih mudah kamu dapatkan. Berikut kriteria infografis yang wajib diikuti.

  1. Sesuai dengan Tujuan Pembuatan Infografis

Meski kamu sajikan layaknya poster hiburan, tetapi tetap harus berorientasi dengan tujuan sehingga informasi yang kamu berikan benar-benar aktual.

  1. Berasal dari Sumber Terpercaya

Informasi yang kamu sajikan harus bersumber dari riset yang dapat kamu tanggung jawabkan. Misalnya pemilahan data menggunakan statistik dengan tujuan positif, kamu sesuaikan dengan logika memiliki informasi yang akurat, gambar, ilustrasi, video dan audio yang kamu gunakan memiliki izin penggunaan, serta menyematkan tanggal produksi sehingga pembaca mengetahui masa berlakunya.

  1. Sesuai dengan Kebutuhan Pembaca

Informasi yang ditampilkan dan harus up to date dengan cara penyampaian terkini.

  1. Mudah Baca

Karena untuk pembaca mendapatkan informasi secara cepat, maka grafik informasi harus ramah mata. Maksudnya font yang digunakan enak dibaca, ukurannya tidak terlalu kecil dengan jarak antar kata yang tepat. 

  1. Persuasif

Penggunaan judul yang menarik perhatian seperti attention atau ajakan bisa menjadi pilihan. Jangan gunakan judul clickbait yang tidak sesuai dengan isi sehingga dapat menyesatkan pembaca.

Isi informasi pun sama. Penggunaan istilah sulit, kata-kata yang menimbulkan bias dan dua makna atau ambigu, rancu dan tidak urut harus kamu hindari. Agar tujuan pembuatan grafik informasi tepat sasaran

  1. Tidak Melanggar Ketentuan

Baik ketentuan negara, moral dan antar brand.

  1. Sharebility

Infografis yang dibuat harus dapat dibagikan ke berbagai platform media sosial. Karenanya resolusi yang digunakan harus ramah  ke semua platform.

Manfaat Infografis untuk Kelangsungan Usaha atau Bisnis

Penggunaan infografis ternyata sangat sesuai dengan tujuan marketing. Yakni mendatangkan traffic sebanyak-banyaknya untuk membangun brand awareness masyarakat terhadap produk. Selanjutnya, tinggal menjadikan pelanggan grafik informasi ini menjadi pelanggan loyal yang senantiasa memakan umpan dari perusahaan. Berikut manfaat infografis bagi perusahaan :

  1. Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Digital

Kekuatan dari pemasaran secara digital adalah tampilan visual yang menarik. grafik informasi suatu brand umumnya berisi informasi terkait product knowledge, seperti kandungan, manfaat, siapa saja yang telah menggunakan, juga testimoni pengguna. Informasi terkait suatu isu baik positif maupun negatif yang relevan dengan produk dan jasa juga disuguhkan kepada followers. Dengan penggunaan grafik informasi tentu hal ini dapat kamu capai dengan mudah. 

  1. Meningkatkan Minat Baca Konsumen

Suatu produk yang ingin memberikan pengetahuan berdasarkan riset yang telah kamu lakukan memerlukan grafik informasi untuk menunjukkannya ke konsumen. Semakin sederhana chart yang ditampilkan, maka semakin mudah konsumen untuk menangkap informasi tersebut.

  1. Mendukung Informasi agar Lebih Mudah Pembaca Ingat

Grafik informasi yang menggunakan ilustrasi fotografi maupun gambar mampu meningkatkan attention masyarakat, sehingga memiliki peran yang besar terkait persuasi visual dalam iklan. Tak heran jika grafik informasi kamu pilih untuk lebih menarik animo masyarakat terkait produk atau jasa.

  1. Berpotensi Viral

Sifatnya yang shareble membuat grafik informasi mudah untuk didistribusikan ke berbagai platform. Apabila informasi yang kamu sajikan menarik, mengandung informasi terbaru maka bukan tidak mungkin akan viral dengan sendirinya. Karena itu jangan lupa untuk emberi bookmark agar orang kesekian yang mendapatkannya dapat tergerak untuk mengunjungi website atau media sosial produk kamu.

Aplikasi Pembuat Infografis yang Mudah Kamu Gunakan

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan memudahkan para pebisnis untuk membuat infografis dengan mudah, Banyak aplikasi yang mendukung pembuatan grafik informasi ini lengkap dengan elemen dan tools yang mudah digunakan. Berikut rekomendasi aplikasinya :

Aplikasi yang tersedia di smartphone maupun dapat digunakan melalui web ini merupakan rekomendasi aplikasi pembuat desain pertama. Tidak hanya grafik informasi, kamu juga bisa membuat poster hingga konten Instagram di sana. Banyak template yang bisa digunakan lengkap dengan menu edit jika kamu ingin menghapus atau menambah elemen lainnya. Beberapa elemen dan foto tersedia gratis tetapi beberapa yang lainnya berbayar.

Namun tak perlu khawatir karena elemen gratisnya sangatlah beragam dan unik. Kini, canva pro bisa diakses dengan harga lebih murah melalui afiliator Canva yang menawarkan Canva pro patungan. Kamu bisa mencari informasinya melalui media sosial afiliatornya.

Aplikasi ini juga menyediakan template yang bisa langsung digunakan atau bisa membuat sendiri dari awal. Tersedia juga berbagai jenis grafik informasi yang bisa kamu pilih. Mulai dari bentuk vertikal, horizontal, poster dan laporan.

Aplikasi ini khusus untuk membuat poster, laporan, grafik informasi dan lainnya terkait dunia perkantoran. Ada tujuh kategori grafik informasi yang tersedia, yaitu charts, statistical, informational, process, comparison, tutorial, dan geographic.

Aplikasi desain grafis ini memiliki ratusan template yang memudahkan kamu untuk memvisualisasikan idemu. Namun, jika kamu tidak cocok dengan desainnya, tools editor drag-and-drop Crello sangat membantu. Kamu dapat menghapus dan menambah elemen dengan mudah. Tersedia juga berbagai gambar bebas royalti yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini juga tersedia dalam bentuk premium.

Aplikasi ini sangat mudah kamu gunakan. Jika kamu pemula, mungkin menggunakan aplikasi ini bisa menjadi solusinya. Di sini, kamu juga bisa menggunakan template yang tersedia gratis atau mengkreasikannya dengan tools yang tersedia.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Era digital memang membuat para pebisnis untuk jeli melihat segala potensi yang diberikan oleh semua platform online. Pengetahuan tentang psikologi calon pelanggan juga penting agar strategi pemasaran yang dilakukan dapat tepat sasaran, termasuk penggunaan infografis.