fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Tips dan Seluk Beluk Tentang Whatsapp Business

whatsapp business

Saat ini ada begitu banyak platform yang dapat kamu gunakan untuk berbisnis, salah satu yang populer adalah WhatsApp Business. Yup, WhatsApp tidak hanya untuk mengirim pesan teks ke teman atau video call dengan keluarga kamu, tapi juga bisa untuk mendukung bisnis. 

Keunggulan WhatsApp Business

Dari hasil laporan terbaru Hootsuite dan We Are Social pada Januari 2021 lalu, WhatsApp merupakan platform tertinggi ketiga yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Banyak orang di berbagai negara menggunakan platform ini untuk berkomunikasi, bahkan penggunanya mencapai angka 2 miliar orang di seluruh dunia. 

Indonesia sendiri merupakan negara dengan pengguna whatsApp terbanyak ketiga di dunia, berdasarkan data Statista, dengan jumlah pengguna mencapai 84,8 juta pada Juni 2021. Dengan puluhan juta pengguna di tanah air, WhatsApp adalah aplikasi messenger terkemuka dan cocok bila digunakan untuk mendukung bisnis kamu. Selain itu, ada 5 keunggulan dari WhatsApp Business lainnya, berikut ini.

  1. Lebih dari 20% populasi dunia secara aktif menggunakan WhatsApp. Seperti yang dikatakan oleh pendiri Userlike, Timoor Taufig, “Bahkan nenek kamu saja menggunakan WhatsApp.”
  2. Bagi konsumen, layanan melalui WhatsApp merupakan salah satu cara paling nyaman untuk berkomunikasi dengan sebuah bisnis atau brand, karena sepenuhnya selaras dengan kebiasaan mereka setiap hari. 
  3. Hal tersebut sejalan dengan penelitian yang oleh Facebook yang menanyakan kepada konsumen tentang alasan mereka menghubungi toko/bisnis melalui aplikasi chat. Sejumlah 64% responden mengatakan bahwa itu karena mereka “selalu berkirim pesan”, dan 61% menunjukkan bahwa messaging adalah cara termudah untuk menghubungi toko atau bisnis.
  4. WhatsApp ‘memangkas’ semua kerepotan yang konsumen alami ketika menghubungi nomor hotline layanan konvensional, yaitu mengeluarkan pulsa telepon; menunggu teleponnya diangkat, diteruskan ke departemen dan karyawan lain yang bisa memberikan solusi dari masalah, namun di sisi lain mengharuskan konsumen menjelaskan masalah mereka terus-menerus.
  5. Di banyak negara, semakin umum untuk membeli langsung dari sebuah bisnis melalui messaging apps karena berhasil meningkatkan loyalitas konsumen. Dan, fitur promosi seperti “Facebook’s Click to WhatsApp” memungkinkan pebisnis untuk memaksimalkan iklan bukan hanya sebagai media promosi, tapi juga sebagai alat untuk meningkatkan engagement dengan konsumen secara langsung. 

Berbagai Fitur Unggulannya

Pada situs resminya, Whatsapp.com, tertulis bahwa WhatsApp Business adalah aplikasi yang gratis yang tersedia pada Android serta iPhone. Aplikasi ini dirancang untuk pemilik usaha kecil menengah dan membuat interaksi pebisnis dengan konsumen menjadi lebih mudah dengan berbagai fitur yang berguna untuk mengautomasi, menyortir, serta membalas pesan dengan cepat. Aplikasi ini juga berfungsi sama dengan WhatsApp Messenger. Kamu dapat menggunakannya untuk melakukan semua hal yang kamu biasa lakukan, mulai dari perpesanan hingga mengirim foto.

Sebagian fitur yang tersedia dalam aplikasi WhatsApp business termasuk:

  • Profil yang bisa memuat informasi penting mengenai bisnis kamu, seperti alamat, akun media sosial email, website, dan sebagainya.
  • Label untuk mengorganisasi serta menemukan chat dan pesan dengan mudah. Ini akan membantu kamu mengurutkan pesan berdasarkan urgensi dan mengenali konsumen yang sebelumnya sudah pernah membeli produk atau layanan bisnismu. Kamu bisa menggunakan label yang telah diprogram sebelumnya atau membuat label baru yang sesuai dengan keperluan. Contohnya, ‘Konsumen Baru’, ‘Pelanggan’, ‘Pending Payment’, dan lain-lain.
  • Fitur pesan untuk merespons konsumen dengan cepat. Fitur Balasan cepat memungkinkan kamu menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering kamu kirim agar dapat dengan mudah menjawab pertanyaan umum dari para konsumen.
  • Jika kamu tidak bisa menjawab pertanyaan konsumen, kamu dapat mengatur Away Message sehingga pelanggan bisnismu tahu jam operasional bisnismu. Kamu juga dapat membuat pesan ucapan untuk menyapa atau memperkenalkan bisnismu ke konsumen baru.
  • Statistik. Untuk memberi kamu insight mengenai bisnis kamu, WhatsApp mengumpulkan statistik tentang jumlah pesan yang dikirim, terkirim, dan dibaca. Ini akan membantu kamu meningkatkan strategi layanan konsumen.
  • Kamu bahkan bisa mensinkronasikan aplikasi ini dengan laptop atau komputer kamu sehingga networking calls profesional (voice call dan video call) dapat dilakukan dari komputer kantor, bukan dari ponsel kamu.
  • Katalog. Kamu bisa menganggap fitur katalog WhatsApp Business sebagai etalase digital. Ini memungkinkan konsumen kamu menelusuri produk bisnis kamu tanpa perlu berpindah aplikasi. Cukup dari aplikasi WhatsApp saja. Fitur ini berguna untuk menampilkan produk baru, promo menarik, atau produk terlaris. Unggah satu atau beberapa foto. Beri judul, harga, deskripsi, serta bila ada, berikan link untuk mendapatkan produk tersebut dan kode produk.

whatsapp businessBerikut adalah beberapa fakta penting tentang katalog:

  • Kamu dapat mengunggah maksimal 500 produk atau layanan.
  • Setiap produk atau layanan dapat menyertakan judul, harga, deskripsi, kode produk, dan tautan ke produk di website kamu.
  • Kamu dapat memberi gambar atau foto di setiap produk.
  • Kamu dapat membagikan tautan dari katalog dalam percakapan WhatsApp.

Berbagai fiturnya dapat membantu kamu terhubung langsung dengan konsumen kamu dan memberikan layanan konsumen yang personal. Nah, jika kamu belum pernah mempertimbangkan untuk membuat akun WhatsApp Business sebagai bagian dari strategi pemasaran bisnis kamu, mari mencari tahu mengapa ini adalah ide yang bagus.

Cara Membuat Akun WhatsApp Business

Untuk mulai menggunakannya, kamu perlu membuat akun WhatsApp Business. Ikuti petunjuk langkah demi langkah nan mudah ini.

  1. Unduh aplikasi WhatsApp Business untuk Android atau iPhone. Temukan aplikasinya di App Store atau Google Play, atau unduh melalui situs WhatsApp.
  2. Setelah aplikasi ter-install di perangkat kamu, kamu akan diminta meng-klik tombol ‘Agree & Continue’ untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
  3. Masukkan nomor telepon bisnis kamu.
  4. Isi profil secara detail. Setelah memasukkan nomor telepon, kamu akan secara otomatis diarahkan ke halaman yang menampilkan ‘Business Profile’. Isi detail penting, tambahkan foto profil, dan pilih kategori profil yang paling menggambarkan bisnis kamu. 
  5. Langkah berikutnya, kamu dapat mempelajari tentang cara menyiapkan katalog produk bisnis kamu dan messaging tools lainnya. Bila bingung, simak saja tutorial yang sudah tersedia. Kalau sudah paham, kamu bisa melewati tutorial tersebut dan langsung menuju ‘Settings’.
  6. Setelah kamu mengetahui cara membuat akun WhatsApp untuk bisnismu, kamu dapat mulai menggunakan aplikasi messenger untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Jika kamu adalah pemilik usaha kecil yang selalu mobile, maka akan lebih cocok bila mengakses aplikasi ini melalui smartphone kamu. Jika situasi kerja kamu lebih sering di meja kerja, para pakar merekomendasikan versi browser. Ini memungkinkan kamu lebih nyaman mengetik pesan menggunakan keyboard ketika berkomunikasi dengan konsumen.

Kelemahan utama dari aplikasi ini adalah kurangnya fleksibilitas dan tidak memungkinkan untuk banyak pengguna karena hanya dapat kamu akses dari satu device saja. Bila kamu ingin membangung tim admin atau layanan konsumen melalui WhatsApp Business, kamu harus menggunakan WhatsApp Business API.

Mengenal WhatsApp Business API

Berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business yang gratis, API adalah solusi lebih canggih yang berbayar. Namun, biayanya sangat bervariasi tergantung tarif dari provider/penyedia. Ini adalah solusi yang menyasar bisnis dan perusahaan dengan skala yang lebih besar, yaitu sebuah aplikasi untuk membuat interaksi antara konsumen dan suatu bisnis berjalan dengan lebih efisien dan efektif. API merupakan singkatan dari Application Programming Interface adalah perangkat untuk merancang software yang terkoneksi dengan WhatsApp. 

whatsapp businessMelalui API, usaha menengah atau besar yang ingin berinteraksi dengan konsumennya melalui WhatsApp, bisa menggunakan Business API ini. Semisal, perusahaan seperti operator seluler, maskapai penerbangan, atau perusahaan e-commerce. Saat ini, API juga telah menyediakan lebih banyak jenis pesan berkala yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnismu. Misalnya seperti pesan yang memberi tahu kepada pelanggan kapan sebuah produk kembali tersedia. 

Fitur canggih lainnya yang hanya tersedia pada API adalah Chatbot dan Multi-Agents Access yang membuat WhatsApp API ini dapat diakses oleh beberapa orang sekaligus. Seluruh tim layanan konsumen di perusahaan kamu bisa mengakses dan menggunakan aplikasi ini pada waktu yang bersamaan dari perangkat yang berbeda.

Sekarang kamu tahu, kan, mengapa WhatsApp bisa menjadi alat yang hebat untuk bisnis kamu. Yup, aplikasi messenger seperti WhatsApp Business adalah cara yang bagus untuk meningkatkan layanan pelanggan, memberikan pengalaman berbelanja yang mudah untuk konsumen, dan meningkatkan komunikasi antara konsumen dengan tim bisnis kamu.