fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Tips Digital Marketing Gunakan Instagram Ads

instagram ads 01

Menjadi impian setiap pebisnis online untuk memiliki bisnis yang terus berkembang, dan salah satu strateginya adalah dengan memasang Instagram ads. Tujuannya jelas agar hasilnya optimal dan mendatangkan banyak untung. Tapi, beriklan di Instagram saja ternyata belum tentu meningkatkan penjualan secara signifikan, maka di artikel kali ini LummoSHOP akan memberikan tips memanfaatkan Instagram ads agar lebih efektif meningkatkan penjualan. 

Sebelum Promosi Lewat Instagram Ads, Maksimalkan Traffic Organik

instagram ads 02
Beautiful Asian girl shop online using phone call with female small business owner delivering parcel box. Internet shopping lifestyle, Ecommerce shipment service, SME sale promotion advertise concept

Kamu yang memiliki bisnis, wajib mempromosikan bisnismu di instagram. Kenapa? Karena selain Indonesia menjadi pengguna Instagram terbanyak nomor 4 di dunia, Napoleon Cat dalam Katadata menyatakan pada bulan November 2018 lalu, jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai 60 juta pengguna.

Dengan penggunaan Instagram ads, tentu saja pebisnis berharap akan ada banyak akun yang bisa dijangkau. Namun, langkah selanjutnya bagaimana cara agar akun yang belum mengetahui bisnismu juga ikut melihat lalu tertarik membeli?

Dari sekian banyak metode yang digunakan, menurut Niko Julius, seorang pakar Instagram, ada satu poin yang kadang terlupa oleh pemilik akun bisnis, yaitu bagaimana caranya mengoptimalkan konversi dari halaman profile. 

Sebelum berbicara tentang teknik, kamu harus tahu terlebih dahulu proses kerja Instagram atau Instagram user flow. 

Instagram user flow menunjukkan bahwa orang di luaran sana yang tidak mengenal akun bisnismu, mengetahui kontenmu dari sumber impresi terbesar Instagram yaitu konten di Instagram feed post dan konten di Instagram reels. 

Kedua fitur inilah yang berpotensi menjangkau orang baru, berbeda dengan Instagram stories  yang hanya muncul di akun yang kita kenal atau saling follow.

Sistematika akun baru tersebut kurang lebih sebagai berikut : 

  • Profile visit 🡪 cek bio link, melakukan direct message, atau cari tahu stories yang pernah di-share di highlight
  • Atau, profile visit 🡪 cek highlight,  lalu tap link yang mengarah ke website atau whatsapp

Itu sebabnya, profile Instagram terutama untuk akun bisnis sangat penting untuk dioptimasi, karena bisa mendatangkan berbagai traffic ke link-link strategis yang sudah kamu sisipkan. Tujuannya tentu mengonversi followers menjadi konsumen. 

Tips Memanfaatkan Iklan di Instagram Ads untuk Tingkatkan Penjualanmu

instagram ads 03
Instagram ads logo on the smartphone screen. Rostov-on-Don, Russia – August 20 2021

Beriklan di Instagram ads tentulah memiliki goals untuk bisa mendapatkan konsumen baru atau pelanggan loyal. Pertanyaannya, bagaimana cara memanfaatkan iklan di Instagram, simak penjelasan berikut ini :

Pra Memasang Iklan Instagram Ads

1. Fokus pada tujuan iklan

Lebih baik jangan gabung beberapa tujuan iklan dalam satu campaign ads mu. Tentukan tujuan apakah iklanmu ini ingin meningkatkan brand awareness, menarik audiens menjadi konsumen, atau hanya meningkatkan traffic menuju website supaya audiens mendapatkan informasi lebih. 

Tujuan ini penting ditetapkan supaya kamu bisa memutuskan konsep konten yang ingin kamu tampilkan, menentukan target audiens yang sesuai, dan menentukan call to action atau button call action nya.  

Ingat, untuk jangan terlalu over promotion supaya iklanmu tidak dilewatkan begitu saja oleh audiens. Usahakan soft selling. Karenanya, buat konsep konten yang kuat lebih dulu.

2. Tentukan target audiens

Fokus pada apa yang dibutuhkan dan diinginkan calon konsumen. Fokus pada konsumen ini berbeda dengan fokus pada brand. Ciptakan solusi yang bisa kamu tawarkan pada mereka. Jangan lupa untuk tentukan preferensi saat setting campaign mu, mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi, minat atau hobi, dan sebagainya. Sesuaikan dengan sasaran dari produk atau jasa yang kamu tawarkan.  

3. Membuat visualisasi yang tepat

Instagram ads terdiri dari beberapa varian konten, mulai dari video, foto atau gambar, dan juga carousel. Penayangannya pun bisa dipilih, apakah kamu akan memasang Instagram ads di feed post atau di story.

Terdapat 6 kategori iklan yang bisa dipilih, seperti :

  • Single image ads : menampilkan foto atau gambar tunggal dengan menambahkan caption dan call to action (CTA)
  • Instagram carousel ads : menampilkan maksimal 10 foto atau gambar atau juga video singkat yang dipotong-potong dengan durasi 60 detik
  • Instagram video ads : menampilkan konten berupa video singkat atau GIF
  • Slideshow ads : menampilkan konten berupa 10 foto atau gambar disertai backsound dan bisa diputar berulang
  • Instagram lead ads : menampilkan survei calon customer secara langsung di IG. Ini memungkinkan audience mengklik langsung dan mengisi formulir digital
  • Instagram stories ads : menampilkan slide video atau foto dengan durasi 15 detik

Untuk jenis iklan video, pilihlah thumbnail yang atraktif dan membuat orang tertarik untuk menonton lebih lanjut. Biasanya siapkan thumbnail secara khusus untuk diunggah atau digabungkan di awal file video. Begitu juga untuk jenis iklan foto atau gambar, pastikan kualitasnya tinggi sehingga tidak blur dan pilihlah gambar atau foto yang bercerita.

4. Buat call to action (CTA) atau button call action (BCA) yang jelas

CTA atau BCA harus jelas mengarahkan ke mana sesuai dengan fokus tujuan di awal. Buat sesederhana mungkin namun langsung menuju poin yang diinginkan, misalnya saat kamu ingin menggiring mereka ke landing page, kamu bisa menggunakan kata-kata “learn more” atau “visit us”. Bila ingin menggiring pada transaksi pembelian, makan gunakan kata-kata “shop now” atau “buy now.” 

5. Buat caption yang menarik 

Saat beriklan di feed maupun story, pastikan juga untuk membuat caption atau copy writing yang menarik. Sesuaikan dengan tujuan iklan. Usahakan hook atau lead di 100 karakter pertama menarik agar mereka menekan CTA berikutnya seperti read more, atau learn more. Jika visual sudah kuat, atau space terbatas seperti dalam story, gunakan hanay beberapa kalimat yang kuat. 

Saat Instagram Ads Tayang

Cukup banyak memang yang harus kamu persiapkan saat iklan Instagram ads baru mau mulai tayang. Namun, bukan berarti saat campaign berjalan, kamu tak perlu melakukan apa-apa lagi. Kamu perlu untuk melakukan beberapa hal seperti :

6. Fast response membalas komentar atau DM

Jangkauan iklan yang luas dan tertarget memungkinkan campaign mu berjalan menyapa siapa saja. Biasanya mereka akan penasaran dan bertanya di kolom komen konten tersebut atau melakukan direct message (DM). Untuk mendukung algoritma Instagram tetap berjalan  baik, segera fast response untuk membalasnya ya. 

7. Membalas chat yang masuk ke nomor admin dengan cepat

Begitu juga saat banyak pertanyaan untuk info lebih lanjut yang masuk ke nomor admin atau customer service, pastikan fast response untuk menjawabnya, dan arahkan melakukan pembelian. Sebab, calon konsumen yang sampai menghubungi nomor admin, kemungkinan besar memiliki minat yang cukup serius untuk melakukan transaksi.

Pasca Memasang Iklan Instagram Ads

8. Evaluasi Iklan

Setelah iklan atau campaign berjalan selesai, pantau progress iklanmu dan lakukan evaluasi. Bisa juga untuk mengukur performamu melalui insight yang kita peroleh dari Instagram. Hasil evaluasi tersebut, gunakan untuk efektivitas campaign berikutnya supaya kamu lebih menghemat budgeting dengan hasil sesuai tujuan.

Itu dia tips memaksimalkan Instagram ads supaya meningkatkan efektivitas penjualanmu. Sudah siap untuk mencobanya?