fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Tips Menjadikan Konten Unboxing untuk Tingkatkan Pemasaran

Unboxing

Saat ini kalau membuka media sosial, banyak bertebaran video unboxing, baik yang dilakukan netizen secara umum maupun oleh content creator dan selebriti / influencer. Jenis konten satu ini memang makin populer. Jika dulu hanya produk-produk tertentu, sekarang segala jenis produk dapat dibuat unboxingnya. Apa itu unboxing? Mengapa unboxing bisa meningkatkan pemasaran? Apakah perlu menggaet influencer untuk membuatnya? Kuy lah, kita bahas!

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Apa Itu Unboxing?

Jika dulu untuk tahu detail sebuah barang atau produk, kita harus membelinya atau paling tidak melihatnya secara langsung di toko, sekarang tidak lagi. Era e-commerce membuat konsumen lebih memilih berbelanja online dibanding mendatangi toko fisik, terlebih di masa pandemi. Hal ini membuat para pebisnis harus memperkuat penjualan produknya melalui online, sehingga mereka juga harus lebih kreatif dalam mengembangkan strategi digital marketing.

Ditambah lagi, meraih konsumen baru atau mempertahankan konsumen yang loyal juga tidak mudah. Kompetisi bisnis yang keras dan banjir informasi yang konsumen terima, membuat pebisnis harus putar otak agar produk mereka tidak tenggelam di lautan produk-produk lain, terutama yang sejenis. 

Oleh karena itu, menggunakan teknik marketing unboxing adalah cara yang atraktif dan unik bagi kamu para pebisnis, untuk meraih perhatian konsumen. Juga memberi kesempatan untuk show off potensi produk kamu. Jadi, apa itu unboxing?

Secara bahasa, arti unboxing adalah membongkar kemasan. Melansir dari Expert Voice, unboxing adalah membuat video diri kita membuka sebuah barang atau produk yang baru dibeli atau diterima. Selain proses membuka dan melihat detail sebuah produk, video unboxing biasanya berisi review atau ulasan tentang suatu produk. Proses review tersebut dimulai dari membuka paket, kemasan, hingga memperlihatkan secara detail produk yang disasar.

Konten jenis ini awalnya mulai populer dari YouTube. Namun, sekarang istilah ini sudah sangat populer digunakan di platform lain seperti TikTok, Instagram, dan Twitter. Intinya, unboxing ada di hampir semua media sosial yang memiliki fitur share video. Selain itu,  istilah unboxing juga kerap muncul di e-commerce atau online shop

Manfaat Video Unboxing

unboxing 02Pastinya video bongkar kemasan punya banyak manfaat. Kalau tidak, pebisnis dan berbagai brand tidak akan melirik jenis konten ini dan para content creator serta  influencer mungkin tidak tertarik membuatnya.

Masih menurut Expert Voice, manfaat video unboxing bagi konsumen atau calon konsumen adalah dapat mengetahui informasi produk tanpa perlu mengeluarkan uang untuk membelinya. Sebab, biasanya para content creator unboxing tidak hanya membuka tetapi juga menjelaskan kualitas dari produk yang ia dapat atau beli. Sementara Animoto memberi rincian lebih jelas mengenai manfaat video bongkar kemasan, baik bagi pebisnis maupun content creator dan influencer.

  1. Memperkuat Hubungan dengan Konsumen

Video unboxing dapat membantu mengembangkan dan memperkuat brand bisnis kamu. Semakin seorang konsumen percaya pada kamu dan brand kamu, maka akan lebih mungkin mereka membeli produk kamu dan merekomendasikannya kepada teman dan keluarga mereka.

  1. Mempertahankan Konsumen

Berapapun usia seseorang, selalu ada perasaan gembira dan penasaran saat membuka sebuah paket. Video bongkar kemasan secara cepat dapat membuat kegaduhan (yang positif).

  1. Membuat Kesan Pertama yang Tak Terlupakan

Dalam hal pemasaran melalui video, kesan pertama adalah segalanya. Video bongkar kemasan memberi kamu kesempatan untuk memenuhi ekspektasi konsumen dan membuat mereka senang. Ketika seorang konsumen terkesan dan memiliki perasaan positif terhadap produk kamu, maka mereka akan lebih termotivasi untuk membeli produk tersebut.

  1. Menarik Perhatian Brand

Melalui video bongkar kemasan, terbuka kemungkinan sebuah brand mengirimi seorang content creator contoh produk mereka untuk di-unboxing. Perusahaan lain mungkin akan mulai memperhatikan penawaran kerja sama dan kolaborasi denganmu.

  1.  Menarik Perhatian Influencer

Membuat video bongkar kemasan yang menyertakan diri kamu akan membuka kemungkinan banyak pihak bekerja sama dengan kamu sebagai influencer. Semakin kamu sering melakukan, maka banyak pihak yang tertarik dan ingin berkolaborasi.

Tips Membuat Video Unboxing yang Dapat Meningkatkan Pemasaran

Saat membuat video unboxing, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut agar tujuan untuk meningkatkan pemasaran tercapai.

  • Buat Video dengan Sentuhan Personal

Konsumen akan lebih memperhatikan sesuatu yang dikreasikan dengan sentuhan personal. Misalnya, selembar catatan bertanda tangan, sekantong permen, atau bahkan kode rahasia tertentu tentang sebuah event. Dengan memberi sentuhan personal, maka konsumen akan lebih terhubung dengan brand/bisnis kamu. Kamu juga membuat konsumen merasa spesial. Itulah arti unboxing.

  • Memosisikan Produk dengan Tepat

Video bongkar kemasan berbicara tentang penempatan merek, yang membuat penonton penasaran dan ingin tahu tentang produk. Untuk itu, pastikan setiap logo atau segala yang terkait dengan brand terlihat dan mudah terbaca.

  • Buat Beberapa Kejutan

Siapa coba yang tidak senang kejutan? Dengan memberi satu-dua kejutan dalam video bongkar kemasan, misalnya hadiah untuk penonton yang memberi komentar paling menarik, maka akan membuat konsumen makin tertarik dengan produk yang sedang dibongkar serta memungkinkan untuk membelinya di kemudian hari.

  • Buat Video yang Bercerita

Misalnya, kamu dapat berkisah tentang desain yang digunakan dalam kemasan produk kamu.

  • Menyebutkan Apa Saja yang Didapatkan Dari Produk Tersebut.

Misalnya jika produk yang akan dibuka adalah paket skin care, kamu dapat menunjukkan apa saja kelengkapan yang ada di dalam paket tersebut. Kamu juga dapat menambahkan informasi dan penjelasan singkat tentang produk tersebut.

  • Menyebutkan Kesesuaian Kualitas dengan Harga

Akan lebih baik lagi jika kamu membandingkan dua produk sejenis dengan merek yang berbeda. Dari penjelasan tersebut, para penonton atau calon konsumen akan mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan seimbang tentang produk dan harga yang dikeluarkan.

Tips Memilih Influencer yang Tepat

unboxing 03Banyak brand dan pebisnis yang menyadari bahwa bekerja sama dengan influencer untuk membuat konten unboxing dapat menjadi strategi promosi. Sebab, video unboxing juga dapat menjangkau konsumen dengan cara yang jujur., 

Mengapa? Mengutip Socialpubli, karena biasanya para influencer telah memiliki komunitas yang kuat dan follower yang setia. Sehingga akan lebih mudah juga bagi pebisnis untuk meraih audiens yang lebih luas untuk memperlihatkan fitur dan keuntungan jika membeli produknya.

Ada dua alasan mengapa orang menonton video bongkar kemasan yang dibuat oleh influencer. Pertama, follower setia sang influencer selalu menyimak postingan influencer, sehingga ini jadi kesempatan bagi calon konsumen untuk mengenal bisnis kamu. Kedua, ada sebagian orang yang secara aktif mencari review untuk membeli sebuah produk. Orang-orang ini biasanya akan mencari video yang dibuat influencer, karena mereka ingin melihat langsung produk tersebut dan reviewnya dari tangan pertama.

Namun, untuk berkolaborasi dengan seorang influencer agar dapat meningkatkan pemasaran, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut.

  1. Lakukan Survei atau Penelitian Terhadap Calon Influencer yang Akan Kamu Gaet

Menurut Influence and Co, kamu perlu mencari tahu konten apa yang influencer itu biasa posting, seperti apa engagement-nya, serta apakah kontennya relevan atau tidak dengan brand atau produk kamu. Sebab, influencer memiliki pasarnya masing-masing. Hanya karena influencer tersebut memiliki dampak yang positif di suatu brand, bukan berarti akan memberikan dampak yang positif juga terhadap brand kamu. Contohnya, jika produk kamu adalah cemilan. Maka, cari influencer yang fokus terhadap makanan cemilan dengan engagement rate yang bagus.

  1. Cek Riwayat Influencer. Ini masih nyambung dengan poin pertama

Cari tahu apakah ada hal negatif yang pernah di-posting oleh influencer melalui media sosialnya. Hal tersebut penting dilakukan untuk menjaga nama baik brand. Penting juga untuk mengecek, apakah ia pernah bekerja sama dengan brand kompetitor atau tidak. Jika pernah, sebaiknya jangan menggunakan influencer tersebut. Sebab, hal itu tentu akan mengurangi value dari produk atau brand yang ingin kamu angkat.

  1. Sesuaikan dengan Target Pasar Produk/Bisnis Kamu

Jika produk kamu adalah busana remaja, misalnya, maka cari influencer muda dengan follower remaja atau anak muda juga, serta sering posting terkait OOTD (outfit of the day). Melansir dari Influencer Marketing Hub, untuk menjangkau konsumen, pastikan kamu memilih influencer yang sesuai dengan target audiens bisnis kamu. Pastikan juga minat atau ketertarikan audiens kamu terhadap konten. Misalnya, audiens kamu lebih suka konten unboxing video yang menggunakan animasi. Maka, kamu juga perlu mencari influencer dengan konten yang memiliki format seperti itu.

  1. Sesuaikan dengan Budget yang Kamu Miliki

Jangan hanya berpatokan pada kepopuleran seorang influencer, tapi biaya kerja sama melebihi jumlah budget yang kamu anggarkan. Karena hal ini akan berpengaruh pada manajemen keuangan bisnismu. Sebaiknya pilih beberapa kandidat, lalu hubungi mereka dan tanya rate card-nya. Jika over budget, kamu dapat bergeser pada kandidat berikutnya.

  1. Sesuaikan dengan Skala Promosi Produk.

Kalau kamu baru menjalankan bisnis dan skalanya kecil dan budget kamu juga kecil, maka skala promosimu masih kecil sehingga influencer dengan rate card murah akan lebih cocok. Tetapi, bila bisnis kamu sudah besar atau kamu adalah pebisnis baru yang berani mengeluarkan banyak modal, tidak ada salahnya menerapkan skala promosi besar dengan memilih influencer premium.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Ternyata, menarik ya promosi melalui konten bongkar kemasan. Tertarik menerapkan strategi pemasaran unboxing pada bisnis kamu?