fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Tips Sukses Bisnis Fashion

LummoSHOP_SEO dan SEM

Banyak pebisnis sukses di bidang fashion. Kamu juga bisa meraih kesuksesan yang sama. Simak lengkap artikel tips sukses bisnis fashion dari LummoSHOP satu ini. Pasalnya, bisnis fashion yang selalu mengikuti tren bisa menjadi tantangan dan juga masa depan gemilang. Tantangan bagi pebisnis untuk dapat selalu memenuhi permintaan atau kebutuhan konsumennya. Meski begitu, bisnis fashion ini masih akan terus berkembang dan tidak akan padam.

Nah, hal ini yang membuat banyak pebisnis muda merasa cocok untuk menekuni bisnis fashion di tahun 2022. Persaingan yang ketat tidak menghentikan semangat pebisnis muda untuk tetap berjuang. Namun sering kali semangat yang membara tadi tidak diimbangi dengan bekal ilmu yang menunjang.

Sangat dianjurkan untuk semangat dalam melakukan segala hal, tapi bukan berarti melupakan proses belajar menggali ilmu sebelum memulainya. Kamu perlu mempelajari tips dan triknya dulu supaya tidak salah langkah. Untuk itu LummoSHOP akan merangkum beberapa tips dan trik yang dapat kamu ikuti agar bisnis fashion kamu sukses di tahun 2022.

  • Amati Tren

Jangan berhenti untuk berinovasi. Bisnis fashion akan membuat kamu berpikir secara kritis untuk mengamati kondisi sekitar. Pastikan kamu mengamati dengan cermat tren apa yang sedang diikuti konsumen.

Boleh saja kamu menciptakan tren sendiri alias membentuk pasar, tapi pastikan jika produk kamu unik dan memiliki nilai jual. Untuk membuat produk seperti itu memang tidaklah mudah tapi layak kamu perjuangkan.

Sedangkan jika kamu mau membuat produk yang selalu mengikuti perkembangan tren, jangan membuatnya dalam jumlah banyak. Karena stok yang menumpuk akan berbahaya apalagi jika tren sudah berlalu. 

Jika kamu bingung dimana harus mencari tren yang sedang diminati, cobalah kamu manfaatkan media sosial yang ada. Ada beberapa akun majalah fashion ternama yang selalu mengangkat topik tentang tren yang diminati. Atau bisa juga kamu mencarinya di Google Trends. Gunakan intuisi terbaikmu!

  • Riset Produk

Setelah mengamati tren yang ada, kamu bisa melakukan langkah selanjutnya: riset produk. Jangan asal menjual. Kamu harus paham kondisi pasar yang ada. Akan sangat menguntungkan jika riset produk ini, melibatkan konsumen secara langsung. Lakukanlah mini survei.

Selain itu kamu juga bisa mengelompokkan hasil riset produk kamu ke beberapa bagian seperti harga jual, biaya produksi, kualitas, dan bagaimana persaingan dalam menjual produk tersebut nantinya. Uraikan serinci mungkin agar kamu dapat menarik kesimpulan yang mencerminkan keseluruhan hasil riset produk.

  • Kenali Target Pasar

Target pasar adalah sekelompok orang yang akan menjadi target penjualan produk kamu. Biasanya target pasar memiliki kesamaan ciri, misalnya demografi dan kebiasaan.

Lantas kenapa bukan target pasar dulu baru riset produk? Kamu perlu mengenali berbagai macam produk sebelum menentukan target pasar. Karena dengan mengetahui target pasar, kamu dapat menciptakan produk yang disukai dan dibutuhkan konsumen. Jika kamu sudah paham tentang segala jenis produk yang ada, kamu jadi lebih mudah untuk menentukan produk terbaik bagi konsumenmu.

Dan jika kamu sudah dapat mengenali target pasarmu dengan baik, kamu akan mampu membuat strategi pemasaran produk yang tepat. 

  • Kenali Kompetitor

Mengenali kompetitor bisa menjadi media belajar bagi kamu sebelum menjalankan bisnis sendiri. Lakukan analisis sederhana terhadap beberapa kompetitor bisnismu. Biasanya analisis SWOT akan sangat membantu dalam tahap ini.

  • Persiapkan Modal

Setelah sudah mengetahui target pasar dan produk yang akan kamu jual. Kamu seharusnya sudah dapat menghitung modal yang kamu butuhkan. Peran modal sangatlah penting, akan tetapi jangan sampai hal ini membuat kamu stres.

Ada sistem bagi hasil yang bisa kamu tawarkan ke sesama rekan bisnis jika memang modal kamu masih terbatas. Atau bisa juga kamu memulai bisnis fashion menjadi reseller terlebih dulu. Jadi jangan menganggap modal ini suatu hal yang rumit ya. 

Selain itu, namanya juga era bisnis online, jadi kamu juga harus membuat rincian biaya khusus untuk promosi dan iklan. Jangan sampai melupakan kedua biaya ini. Sebab cara sukses jualan online tidak akan diraih tanpa adanya promosi dan iklan.

LummoSHOP_Bisnis-Fashion

  • Persiapkan Produk dan Brand

Fokus ke produk adalah hal yang utama dalam bisnis fashion. Produk orisinil dan kaya akan ide adalah nilai jual yang terpenting. Selain itu juga harus didukung dengan pemilihan bahan yang berkualitas. Pastikan juga produk kamu sesuai dengan citra brand yang ingin kamu buat.

Karena produk dan brand harus berjalan selaras untuk menciptakan suatu keunikan pembeda dari kompetitor di pasar. Brand yang memiliki ciri khas akan mudah diingat konsumen, kan?

Kamu juga harus dapat menemukan vendor yang tepat. Agar proses produksi kamu lancar. Selain itu, tepat di sini juga bermakna tepat secara harga. Buatlah kesepakatan harga yang menguntungkan agar nantinya harga jual produk kamu bisa bersaing di pasar.

  • Tentukan Harga Jual

Dengan mengetahui produk apa yang akan kamu jual, dan apa bahan bakunya, berapa biaya memproduksinya. Kamu sudah dapat menentukan harga jual produk. Jangan pernah merasa harus menjual produk kamu lebih murah daripada kompetitor. Perang harga bukanlah strategi yang tepat. Jika memang produkmu bagus tentu konsumen tidak akan keberatan dengan harga yang kamu tawarkan nanti.

  • Persiapkan Rencana Bisnis

Kini kamu sudah siap melangkah lebih matang! Kumpulkan semua hasil riset kamu dari langkah pertama sampai ke tujuh tadi. Jadikan sebuah konsep atau rencana bisnis secara profesional. Rencana bisnis yang terstruktur akan memudahkan kamu dalam melangkah. 

Komponen yang wajib ada di rencana bisnis kamu adalah:

  • Ringkasan rencana bisnis
  • Deskripsi brand
  • Analisis pasar dan kompetitor
  • Rincian produk
  • Strategi pemasaran
  • Perencanaan keuangan

LummoSHOP_Bisnis-Fashion

  • Persiapkan Foto Produk

Sebelum siap menghadapi persaingan bisnis online di medan perang pasar digital, kamu harus memiliki alat tempur yang dapat diandalkan. Apa lagi kalau bukan foto produk. Pastikan kamu mempersiapkannya sedetail mungkin. Karena foto produk yang ada nantinya akan dilihat oleh konsumen. Kesan pertama sangat dibutuhkan untuk dapat menarik minat konsumen ketika melihatnya, kan?

Jangan lupa juga untuk memberikan deskripsi produk secara rinci. Nantinya hal tersebut akan memudahkan konsumen untuk memahami produk kamu. Sebab konsumen tidak dapat melihat langsung produk kamu, maka kamu harus dapat membuat foto produk dan deskripsi produk tadi mewakili kenyataan yang ada.

  • Membuat Media Sosial

Gunakan media sosial yang sesuai dengan target pasar bisnis fashion kamu. Maksimalkan fitur iklan yang ada di dalamnya agar lebih banyak lagi konsumen yang dapat dijangkau bisnismu. Jadikan foto produk tadi sebagai katalog sekaligus konten menarik untuk mengisi tampilan media sosial bisnismu. 

  • Membuat Toko Online atau Website Jualan Sekaligus Memaksimalkan Strategi Pemasaran

Tidak semua pebisnis sadar akan pentingnya keberadaan toko online atau website jualan produk. Padahal keberadaannya bisa menggantikan wujud fisik dari toko offline. Asumsi yang mengatakan bahwa cara buat website jualan itu mahal sering menjadi penghalang pebisnis sebelum memulai.

Padahal saat ini ada penawaran toko online gratis dan ditambah domain gratis juga yang berlaku bagi siapa saja tanpa terkecuali seperti di LummoSHOP. Seharusnya kamu sebagai pebisnis muda tidak menyia-nyiakan peluang ini dan mulai membuat website toko online kamu sendiri. 

Dengan adanya fitur-fitur menarik yang ditawarkan, kamu dapat memaksimalkannya dengan baik untuk mendukung strategi pemasaran di era persaingan pasar digital ini. Tanpa perlu memikirkan bagaimana cara coding, kamu sudah menemukan solusi jualan online beneran. Bagaimana sudah siap menghadapi persaingan digital bisnis fashion nantinya?

Jangan ragu dan penuh strategi. Itu adalah kunci utama untuk dapat menjadikan bisnis fashion kamu sukses di tahun 2022. Maksimalkan segala peluang dan penawaran yang ada agar strategi pemasaran secara online berjalan optimal. Sayang sekali jika kamu nantinya hanya berjualan online apa adanya tanpa strategi, tentu akan kalah saing dengan kompetitor. Siapkan diri karena ini saatnya kamu bergerak!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP