fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Trik Beriklan di Google Ads untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Google ads

Memasarkan toko online kamu melalui media sosial dan digital menjadi cara jualan online yang relevan di masa kini. Memasang iklan di Google Ads bisa menjadi pilihan yang memudahkan kamu untuk meningkatkan awareness dan penjualan toko online kamu. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Keuntungan Memasarkan Toko Online lewat Google Ads

Apalagi penggunaan mesin pencari Google sangat masif di Indonesia. Informasi apa pun yang kita butuhkan, pasti Google yang kita andalkan. Bahkan, menurut laporan Atlas VPN, mesin pencari Google digunakan oleh lebih dari 3,2 miliar orang di seluruh dunia, atau sekitar 41 persen dari populasi manusia. Tentu saja ini menjadi potensi yang besar dan penuh kesempatan bagi brand untuk mengembangkan dan memperkenalkan bisnisnya ke jangkauan konsumen yang lebih luas lagi.

  • Menjangkau Konsumen Potensial

Google Ads memungkinkan kamu mengatur target audiens secara lebih spesifik. Kamu bisa mengatur demografinya, mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, jenjang pendidikan, sampai perangkat yang digunakan untuk mengakses internet. Dengan semakin spesifik target audiens maka iklan semakin efektif.

  • Harga Menyesuaikan

Semua kalangan baik itu perusahaan besar atau Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) bisa pasang iklan Google. Artinya dengan anggaran terbatas kamu bisa pasang Google Ads. Biayanya bisa mulai dari Rp1.000 sampai Rp5.000 tergantung pada seberapa populer kata yang digunakan. Bahkan ada yang senilai Rp500 jika menggunakan nama brand itu sendiri.

  • Terukur

Dengan Google Ads kamu bisa tahu iklan mana yang mendapat klik banyak dan tidak. Lalu mana saja iklan yang berhasil mengantar orang sampai membeli produk atau melakukan pemesanan. Cara jualan online yang terukur seperti ini tentu menguntungkan bagi pengembangan toko online kamu. 

Selain itu kamu bisa mengatur sendiri hasil konversi apa yang diinginkan. Google Ads menyediakan layanan konversi seperti aktivitas di website jualan kamu, pemesanan, pembelian, jumlah klik, sampai panggilan telepon. 

  • Meningkatkan Traffic ke Website Jualan

Setting Google Ads agar tertuju ke website jualan kamu. Ini membantu meningkatkan traffic ke website dan traffic ini berkualitas karena sesuai target market yang sudah kamu tentukan. 

  • Mendapat Leads

Biasanya dengan Google Ads kita sudah melakukan riset keyword apa saja yang tepat. Nah, keyword ini membuat toko online kamu bisa muncul di halaman pertama Google ini tentu meningkatkan brand awareness toko online dan produk jualan kamu, ujung-ujungnya meningkatkan penjualan.

Dengan banyak keuntungan yang ditawarkan, sekarang giliran kamu untuk mulai eksekusi. Simak cara pasang iklan di Google berikut ini:

    • Buka Google Ads lalu klik Mulai Sekarang
    • Masukan tujuan kampanye bisnis toko online kamu. Google menyediakan pilihan seperti meningkatkan penjualan produk, jumlah klien, traffic website, brand awareness, jangkauan atau reach, product and brand consideration, dan mempromosikan aplikasi. 
    • Pilih Jenis Tampilan Google Ads dan klik Continue. Pilih yang sesuai dengan tujuan iklan toko online kamu. Sebelum klik Continue jangan lupa mencantumkan nama website jualan kamu. 

Jenis Tampilan Google Ads

Google Ads memiliki lima jenis tampilan di antaranya:

  1. Search Ads

Jenis iklan yang muncul ketika seorang user melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu.

  1. Display Ads

Jenis iklan yang muncul di website tertentu berdasarkan berbagai faktor seperti kata kunci, lokasi geografis, atau minat audiens.

  1. Shopping Ads

Menyediakan berbagai informasi produk seperti gambar produk, harga, serta nama penjual. 

  1. Video Ads

Jenis iklan yang berupa video dan biasanya akan muncul ketika kamu membuka sebuah video di Youtube.

  1. Universal APP Campaign

Jenis iklan yang digunakan untuk mempromosikan sebuah aplikasi. 

    • Pilih Target Lokasi dan Bahasa yang digunakan
    • Tentukan target audiens
    • Tentukan anggaran harian. Ini tergantung dari biaya per klik per kata kunci, dan jumlah klik dalam satu hari. Semakin banyak kata kunci yang kompetitif, biaya per klik-nya tentu lebih mahal. 
    • Tentukan Bidding yakni biaya yang akan kamu keluarkan atau harga sekali klik iklan. 
    • Tambahkan informasi lain terkait bisnis kamu seperti media sosial, nomor telepon, atau lokasi usaha. 
    • Masukkan kata kunci yang akan kamu gunakan. Google juga akan membantumu memberi beberapa keyword yang relevan dengan bisnis online kamu. 
    • Buat tampilan iklan dan isi beberapa kolom yang tersedia untuk membuat judul dan deskripsi iklan. 
    • Isi detail penagihan pembayaran sebagai tahap akhir sebelum iklan bisnis kamu terpasang di Google Ads. 

Google ads

Trik Agar Iklan Google Ads Efektif

Supaya iklan kamu efektif, coba trik beriklan di Google berikut ini:

  1. Tentukan Tujuan Iklan

Apakah untuk meningkatkan penjualan, perkenalan produk, atau lainnya. Dengan mengetahui tujuannya, bisa menentukan strategi kamu misalnya soal copywriting-nya, anggaran, desain landing page, dan lain sebagainya. 

  1. Riset Keyword yang Tepat

    Kata kunci yang relevan akan meningkatkan visibilitas iklan kamu. Kamu bisa menggunakan tools yang tersedia seperti Keyword Everywhere, Ubersuggest, dan lainnya. Keyword ini bisa kamu gunakan pada judul dan teks iklan, deskripsi halaman, dan lainnya.

  2. Buat Teks Iklan yang Menarik

Gunakan metode soft selling di teks iklan yang kamu buat. Tipsnya, buat teks yang menarik yang menampilkan kegunaan, manfaat, atau keunggulan produk kamu. Jangan lupa sisipkan keyword yang sudah kamu riset sebelumnya. 

  1. Iklan Harus Mobile Friendly

Pengguna internet lebih banyak mengakses lewat perangkat mobile. Jadi pastikan iklan kamu mobile friendly alias bisa diakses dan terlihat utuh sekalipun dibuka lewat layar ponsel pintar. 

  1. Atur Anggaran

Kamu bisa menggunakan fitur Smart Bidding atau Automated Bidding untuk mengatur harga iklan per klik. Ini bertujuan agar target pasar tercapai dengan anggaran yang efisien. 

  1. Pantau Kinerja

apakah iklan kamu efektif atau tidak. Kamu bisa menggunakan tools seperti Google Analytics untuk mengetahui traffic, data pengunjung, dan lainnya. 

Untuk memahami dan menyusun strategi beriklan di Google memang tidak bisa sehari atau dua hari, kamu perlu mencoba terus menerus dan selalu belajar dari strategi yang sebelumnya. Oleh karena itu, kamu membutuhkan Social Media Management yang memudahkan kamu untuk mengatur dan memantau performa iklan dari berbagai platform dalam satu dasbor. Tentu saja kamu bisa dapatkan fitur ini di LummoSHOP Plus

LummoSHOP menghadirkan fitur-fitur yang mendukung segala operasional bisnis untuk website toko online jualan kamu. Di LummoSHOP Free, kamu sudah mendapatkan website dengan domain gratis yang dilengkapi tampilan katalog menarik serta berbagai metode pembayaran dan pengiriman. Jualan online jadi lebih terpercaya, bebas dari persaingan harga. 

google ads
Terjun ke dunia bisnis online artinya kamu juga harus terus mengikuti perkembangan teknologi, bukan hanya tren saja. Dulu banyak
brand yang menggunakan media cetakm namun kin Google Ads sudah menjadi alternatif pemasaran yang efektif, efisien, dan terjangkau kocek. Namun bukan berarti kamu bisa asal-asalan. Kamu harus pelajari dan rajin mengulik tips dan trik beriklan di Google. Karena setiap bisnis memiliki strateginya masing-masing, sehingga tentu saja punya caranya tersendiri agar hasilnya lebih maksimal. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP