fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

9 Kesalahan Thumbnail YouTube untuk Bisnis

Thumbnail Youtube

Cara memoles video YouTube untuk mendorong penjualan, di antaranya bisa dengan membuat thumbnail yang menarik. Thumbnail merupakan merupakan gambar cuplikan yang mewakili isi suatu video. Sayangnya, banyak kesalahan thumbnail YouTube yang dapat mempengaruhi jumlah view pada video tersebut.

Mengapa Thumbnail YouTube Penting?

Entah karena kurang menarik atau terlalu banyak elemen di dalamnya, thumbnail malah bisa membuat penonton enggan mengeklik videomu. Padahal, peran thumbnail YouTube sama pentingnya dengan peran sampul bagi sebuah buku. Bagaimana pembaca akan tertarik kepada buku itu jika tampilan sampul membosankan atau malah terlalu “ramai”?

Menurut techsmith.com, thumbnail yang bagus akan memberi perbedaan pada konten yang kamu unggah. Selain itu thumbnail YouTube bermanfaat untuk:

  • Memberi Tampilan yang Profesional

Thumbnail akan memberi kesan bahwa pengerjaan video YouTube milikmu memang serius dan profesional. Karena untuk menghasilkan thumbnail yang bagus, kamu harus menampilkan grafis yang bagus, foto, serta teks yang mengundang penasaran audiens. Apalagi, videomu harus bersaing dengan banyaknya video yang beredar di YouTube

  • Menarik Minat Orang Menonton Video

Thumbnail YouTube memang hanya gambar diam. Tapi audiens pertama kali melihat gambar diam ini sebelum mereka memutuskan untuk menonton sebuah video. Karenanya penting untuk menampilkan thumbnail yang menarik, membuat penasaran, tapi juga informatif. 

  • Meminimalisir Video di-Skip

Kalau kamu tidak menampilkan thumbnail, YouTube akan memilih sendiri satu dari beberapa angle dari video kamu. Sehingga bisa saja yang terpilih tidak sesuai isi konten, atau ekspresi wajah yang aneh, ini tentu akan terlihat sangat tidak menarik, dan pasti dilewatkan audiens. Thumbnail mengurangi risiko videomu di skip.

Kesalahan Thumbnail Youtube untuk Bisnis

Tentu menerapkan cara di atas saja tidak cukup. Agar video YouTube-mu lebih eye-catching, kamu perlu menghindari kesalahan thumbnail YouTube yang membuat penonton kurang tertarik menonton videomu. Apa saja?

Ukuran Thumbnail Youtube

  • Thumbnail  Membosankan

Secara umum, sebelum seseorang mengunggah sebuah video, YouTube akan memberikan beberapa opsi thumbnail yang berasal dari video. Nah, jika kamu memilih opsi ini, thumbnail videomu cenderung akan membosankan, sebab tidak ada penambahan grafis atau editing yang membuat video lebih menarik.

Memiliki fungsi mirip seperti sampul buku, tentu kamu tidak akan mengambil satu lembar isi buku dan menempelkannya di depan sebagai sampul, bukan?

Oleh sebab itu, manfaatkan thumbnail secara maksimal dengan memberikan elemen atau sentuhan tambahan pada bagian video yang paling menarik. Namun, kamu perlu menghindari penyuntingan secara berlebihan yang samapi menyimpang dari isi video.

  • Terlalu Berlebihan

Meskipun kesalahan thumbnail YouTube yang pertama, yaitu membuatnya terlalu sederhana dan membosankan, tetapi tidak berarti kamu bisa menambahkan terlalu banyak elemen di dalam thumbnail.

Jangan sampai tergoda untuk meng-edit thumbnail secara berlebihan karena mengira penonton akan tertarik kepada thumbnail yang terlihat “ramai”. Sebaliknya, penonton tidak akan tertarik karena tidak adanya kejelasan di dalam video.

Nah, dalam proses editing thumbnail, kamu perlu memperhatikan gambar kecil beserta tambahan detail maupun teks tersebut dapat mewakili isi video agar bisa lebih mudah terbaca oleh penonton.

Tentu, kamu tidak mau, kan, penjualanmu stuck karena kurangnya brand awareness yang sebetulnya bisa ditingkatkan melalui video YouTube?

  • Pemilihan Jenis Huruf

Meski teks di dalam thumbnail memiliki proporsi kecil daripada keseluruhan gambar, tapi kamu harus tetap memperhatikan pemilihan jenis huruf agar tetap terbaca jelas.

Jangan gunakan font berbentuk huruf latin karena akan membuat penonton video kesulitan membacanya. Kamu dapat menggunakan font yang memungkinkan semua hurufnya terlihat tegak dan gampang terbaca.

  • Semua Thumbnail Terlihat Sama

Ukuran Thumbnail Youtube

Jika kamu berpikir untuk membuat template yang sama pada semua video YouTube-mu, pertimbangkan kembali hal tersebut. Pasalnya, penonton akan mengharapkan video yang berbeda dari video yang terakhir kali mereka tonton.

Nah, apabila kamu membuat thumbnail video yang seragam, penonton mungkin akan berpikir bahwa video YouTube-mu juga memiliki pola seragam, sehingga mereka akan mencari video lain yang memiliki kebaruan.

Untuk menghindari kesalahan thumbnail YouTube tersebut, kamu dapat mengeksplorasi berbagai jenis thumbnail yang ada di Youtube terutama dari channel yang digemari banyak orang. Temukan sisi unik dari cara pemilihan thumbnail, kemudian adopsi cara tersebut ke untuk channel-mu.

  • Thumbnail Tidak Sesuai dengan Isi Video

Mungkin beberapa hal yang sedang viral akan membuat seseorang tergoda untuk menjadikannya thumbnail YouTube, tapi melakukan hal itu sama saja dengan membuat penonton kesal saat membuka video dan tidak akan kembali ke channel-mu.

Sebaiknya, kamu tetap membuat thumbnail yang sesuai dan tidak menambahkan apa pun yang tidak sesuai dengan video. Sementara itu, jika kamu ingin membuat thumbnail berhubungan dengan hal yang tengah viral, kamu patutnya membuat video terpisah sehingga penonton tetap tertarik untuk menyimaknya.

Meskipun thumbnail harus menarik, tapi membuatnya terlalu click bait sehingga tidak sesuai dengan esensi video juga akan berdampak pada kredibilitas brand yang kamu bangun. Jadi, jangan sampai thumbnail melenceng jauh dari isi video, ya.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
  • Menggunakan Judul Asli di Dalam Thumbnail

Pernahkah kamu melihat video YouTube di mana judul juga termuat di dalam thumbnail? Hal tersebut perlu sebaiknya dihindari, ya. Sebaliknya, judul video terpisah thumbnail, tapi tetap perlu saling mengisi dalam membuat orang tertarik untuk menontonnya.

Kamu dapat menambahkan kutipan dialog atau teks lain yang relevan dan ada dalam video YouTube. Tujuannya, saat penonton menontonnya, mereka tetap menemukan apa yang membuat mereka tertarik.

  • Menempatkan Logo atau Elemen Lain di Pojok Kanan Bawah

Hal terpenting saat membuat thumbnail YouTube, yakni memperhatikan ukuran dan tampilannya saat video sudah terunggah. Berkaitan dengan itu, terdapat salah satu fitur YouTube yang menambahkan keterangan durasi video secara otomatis pada pojok kanan bawah.

Keterangan durasi tersebut akan membuat bagian kanan bawah videomu terpotong, sehingga kamu perlu mempertimbangkan apa yang kamu tempatkan pada bagian tersebut. Jangan sampai kamu malah menempatkan logo brand pada kanan bawah video yang berakhir terpotong oleh keterangan durasi.

  • Tidak Menggunakan Gambar Close-up

Kenapa thumbnail YouTube harus menggunakan gambar close-up? Hal tersebut karena thumbnail hanya akan terlihat sebagai gambar kecil, apalagi bila kebanyakan penonton menggunakan smartphone saat menontonnya.

Nah, untuk menghindari kesalahan thumbnail Youtube satu ini, kamu dapat memilih gambar yang diambil dari jarak dekat atau close-up. Hal tersebut akan memudahkan penonton untuk melihat seluruh objek di dalam thumbnail.

  • Menggunakan Background yang Kurang Kontras Atas Teks

Selain memperhatikan teks di dalam thumbnail yang harus berkorelasi dengan judul video, kamu juga patut memastikan warna background tidak mengganggu tampilan teks. Jika hal tersebut terjadi, teks tentu tidak akan terlihat jelas dan efektivitasnya dalam menghasilkan klik akan berkurang.

Dengan demikian, pemilihan warna teks dan warna background sangat penting agar thumbnail tidak terlihat berantakan dan sulit terbaca.

Dari penjelasan di atas, manakah kesalahan thumbnail YouTube yang pernah kamu lakukan? Nah, kamu bisa memperbaiki dan memastikan thumbnail-mu makin ciamik dengan mengaplikasikan beberapa tips yang didapat dari artikel ini.

Jangan ragu juga untuk meminta masukan dari orang lain, agar saat ada kesalahan, kamu bisa segera mengetahui apa yang dapat diperbaiki dari hal tersebut. Atau, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini:

Tips Membuat Thumbnail YouTube yang Menarik Perhatian

Ukuran Thumbnail YoutubeData Statista seperti dilansir dari omnicoreagency.com, YouTube memiliki 2,6 miliar pengguna. Masih dari data yang sama, dengan lebih dari 122 juta pengguna aktif harian dan konsumsi lebih dari satu miliar jam video setiap harinya, YouTube menjadi platform media sosial paling banyak digunakan di dunia. 

Pengguna bisa memilih lebih dari 31 juta channel YouTube yang ingin mereka saksikan. Artinya, thumbnail berperan untuk membuat video atau saluran YouTube milikmu terlihat menonjol di tengah keramaian. 

Kunci utama membuat thumbnail yang menarik ialah kreatif dan ekspresif. Selain itu, techsmith.com dan medium.com punya tips membuat thumbnail YouTube yang eye cathing alias menarik perhatian.

  • Tampilkan Wajah Close Up

Perhatikan deh, kebanyakan thumbnail pasti menampilkan foto wajah. Entah dia Youtuber ternama, tokoh publik, atau orang biasa pasti menyertakan close up wajah dalam thumbnailnya. Cara ini memang efektif, tapi sebagai catatan, tampilkan wajah yang ekspresif, jangan yang hambar tanpa emosi.

  • Buat Ukuran Penuh

Resolusi ukuran thumbnail ialah 1280×720. Sebaiknya buat thumbnail dalam ukuran penuh, karena jika tidak sesuai spesifikasi, YouTube tidak akan bisa menampilkan gambar dengan benar atau kemungkinan blur

  • Main Warna dan Teks

Kamu bisa menggunakan warna-warna kontras untuk menarik perhatian. Selain itu, tambahkan teks yang singkat dan jelas dengan font tebal. Intinya, thumbnail bertujuan untuk memberi informasi sejelas mungkin tentang isi video. Tapi jangan sampai teks dan isi video nggak nyambung. 

  • Gunakan Gambar dari Konten Video

Kamu bisa menampilkan salah satu bagian dari videomu yang sekiranya menarik sebagai gambar thumbnail. Namun bisa juga kamu menambahkan grafik atau gambar khusus yang relevan dan dirasa akan lebih membuat penasaran. 

  • Cek di Berbagai Perangkat Gawai

Sebelum kamu mengunggah video berikut thumbnailnya, cek terlebih dulu thumbnail buatanmu di berbagai perangkat gawai. Karena bisa jadi di laptop gambar terlihat tajam dan komposisi warna sudah pas, tapi ketika dibuka di ponsel terlihat berbeda. 

Kamu mungkin tidak tahu dari perangkat mana audiens membuka videomu, tapi fokus saja pada ponsel, karena dari situ kebanyakan orang mengakses YouTube

  • Simpel

Sesuai penjelasan sebelumnya, kebanyakan pengguna YouTube mengakses melalui ponsel pintar yang layarnya terbatas. Jadi, buatlah thumbnail YouTube yang simpel, berisi teks yang ringkas tapi jelas, dan jangan terlalu ramai dengan berbagai ornamen desain. 

  • Konsisten

Yang perlu kamu ingat, thumbnail juga bagian dari branding pemasaranmu di media sosial. Jadi pastikan kamu mempunyai gaya atau ciri khas thumbnail yang membuat audiens mudah mengingat saluran YouTube atau merek yang kamu tawarkan lewat YouTube

Karena itu, desain thumbnail harus konsisten. Tidak hanya dari sisi gaya desain, tapi juga sesuai dengan konten, dan kalau bisa ada pola atau benang merah yang sama dengan konten-konten di media sosial lainnya yang kamu gunakan untuk bisnis. 

Ukuran Ideal Thumbnail YouTube 

Mengingat perannya yang krusial dalam membuat penonton tertarik dan akhirnya mengeklik video, tentu kamu tidak bisa asal saat membuat thumbnail YouTube. Lalu, apa saja ketentuan pembuatan serta berapa ukuran ideal sebuah thumbnail?

Nah, agar terhindar dari kesalahan thumbnail YouTube, kamu harus mengetahui ukuran ideal untuk sebuah gambar thumbnail berikut ini:

  • Ukuran minimal : 640 x 360 pixels
  • Ukuran maksimal : 1280 x 720 pixels
  • Lebar minimal : 640 pixels 
  • Rasio gambar : 16:9
  • Ukuran file maksimum : 2 MB
  • Jenis gambar : .JPG, .GIF, .PNG, atau .BMP

Dengan mengetahui ukuran ideal sebuah thumbnail, kamu sudah mendapatkan satu tips pertama agar tidak terjebak dalam membuat kesalahan thumbnail YouTube. Sebab, ada saja beberapa pengunggah video yang tidak mengetahui hal tersebut, kemudian membuat thumbnail di luar ketentuan.

Setelah menerapkan cara pembuatan gambar thumbnail yang tepat, kamu dapat mengecek bagaimana tampilan tiap thumbnail di device yang berbeda seperti komputer dan smartphone.

Aplikasi Gratisan buat Thumbnail  YouTube

Merasa tidak kreatif mengolah kata demi menghasilkan judul menarik? Solusinya, perbanyak referensi dengan menyimak berbagai saluran YouTube yang berhasil, serta banyak-banyaklah berlatih.

Tapi sadar diri juga, kamu anaknya nggak sekreatif itu, dan nggak menguasai perangkat lunak untuk desain. Solusinya, gunakan aplikasi, bahkan banyak yang gratisan, yang sudah menyiapkan template desain thumbnail buatmu. Kamu tinggal menyediakan gambar, menambahkan teks, utak-atik sana sini, dan jadilah thumbnail. Percaya deh, waktu dan ketekunan kamu mengerjakannya perlahan bakal mengasah kreativitasmu. 

Nah, influencermarketinghub.com punya rekomendasi aplikasi yang bisa memudahkanmu membuat thumbnail YouTube. 

  1. Canva

Terkenal sebagai platform editor foto yang mudah dan ramah bagi pengguna pemula. Rasanya tidak afdol bila tidak mencoba aplikasi satu ini. Nah, dengan Canva, kamu bisa mendapatkan akses ke berbagai template thumbnail YouTube hasil rancangan graphic designer-nya. 

Selain itu, kamu bisa memilih berbagai font menarik serta mengombinasikannya dengan background warna yang akan membuat template thumbnail YouTube-mu makin clickable. Kabar baiknya, kamu tidak perlu lagi menyesuaikan ukuran gambar untuk thumbnail, sebab semua template telah dirancang untuk memudahkan pengguna dalam membuat template thumbnail YouTube

Thumbnail Youtube - CanvaDengan Canva, kamu dapat memilih beberapa style, seperti Minimalist, Modern, Simple, Elegant, Feminine, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, kamu dapat meningkatkan langganan ke mode “Pro” agar bisa mendapatkan akses ke berbagai template eksklusif sehingga membuat thumbnail-mu makin beda dengan yang lain. 

  1. Adobe Creative Cloud Express

Memiliki nama lama Adobe Spark, Adobe Creative Cloud Express adalah sebuah platform yang dapat kamu akses melalui aplikasi dan website. Nah istimewanya, kamu bisa membuat template thumbnail Youtube yang menarik dan penonton dapat menikmatinya melalui berbagai perangkat.

Selain itu, melalui akses gratisnya, kamu bisa membuat template thumbnail Youtube, meskipun kamu sama sekali belum pernah menggunakan aplikasi editor semacamnya. Mudah, ‘kan? 

Thumbnail Youtube - Adobe CC ExpressDalam website resminya, kamu hanya tinggal memilih opsi “Create”, kemudian pilih opsi “Youtube Banners” dan berkreasilah sesuai dengan niche bisnismu. Setelah itu, kamu pun dapat langsung mengunduh hasilnya dalam hasil gambar yang siap pakai.

Tertarik mencoba Adobe Creative Cloud Express

  1. Place It

Aplikasi berbasis website ini bisa kamu gunakan untuk membuat logo, video, flyer, kartu nama, dan konten gambar untuk media sosial. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, namun untuk mendapat lebih banyak fitur, kamu perlu membayar biaya langganan sebesar 89 dolar AS per tahun. 

  1. Thumbnail Youtube - Place ItFotor

Fotor menyediakan layanan editing foto dan gambar secara online. Perangkat lunak berbasis web ini juga bisa kamu gunakan secara gratis. Antarmuka perangkat lunak ini cukup sederhana sehingga mudah digunakan. Selain itu, untuk membuat thumbnail, Fotor menyediakan elemen teks, dan desain lengkap dengan stiker dan berbagai emoji. 

  1. Thumbnail Youtube - FotorPicsart

Dikutip dari situs resminya, picsart.com, platform kreatif ini memiliki 150 juta kreator aktif bulanan dengan jumlah unduhan mencapai miliaran. Kamu bisa mengakses aplikasi editing foto dan video ini melalui ponsel. Picsart menyediakan berbagai fitur editing gambar mulai dari efek, teks, penambahan teks dan foto, bingkai, dan sebagainya. 

  1. Thumbnail Youtube - PicsartPicmaker

Masih ingin menelusuri rekomendasi pembuat template thumbnail YouTube? Nah, kali ini kamu akan mendapatkan akses gratis selamanya jika mendaftarkan diri pada website Picmaker. 

Thumbnail Youtube - PicmakerPada halaman muka, kamu akan melihat keterangan Free Forever dan kamu pun tidak harus menyertakan kartu kredit saat mendaftarkan akun. Nah, dengan kemudahan ini, kamu pun bisa langsung menikmati berbagai fitur, seperti pilihan font yang beragam, serta berbagai jenis foto dan template yang sesuai dengan kebutuhan channel-mu. 

Untuk memulainya, kamu dapat memilih desain template yang paling sesuai dengan niche bisnismu. Misal template dengan desain colorful jika segmen pasar adalah remaja atau warna yang lebih netral jika segmen pasar merupakan orang dewasa.  

  1. Snappa

Aplikasi ini cocok bagi para pemula di bidang desain karena cukup mudah dalam penggunaannya. Snappa fokus pada grafis ketimbang foto. Snappa menyediakan ribuan gambar dan template gratis yang kamu bisa pilih berdasarkan kebutuhan. Hasil editan pun jernih dan berkualitas tinggi. 

  1. Thumbnail Youtube - SnappaVisme

Visme pada dasarnya aplikasi presentasi berbasis cloud. Namun Visme tidak hanya menyediakan fitur untuk membuat presentasi, tapi juga infografis, laporan, resume, termasuk juga thumbnail YouTube. Aplikasi ini menyediakan fitur ikon, grafik, juga foto. Visme juga menerapkan skema warna yang membuatmu bisa mengatur warna sesuai dengan brand jualan milikmu. 

Thumbnail Youtube - VismeYouTube adalah media sosial yang sangat mengandalkan kekuatan visual. Di sisi lain, otak manusia memang lebih cepat memproses segala sesuatu yang berbau visual ketimbang teks. Itu kenapa thumbnail sangat berperan untuk mencuri perhatian audiens ketika asyik menggulirkan layar YouTube-nya. 

Indikator keberhasilan saluran YouTube tentu saja dilihat dari jumlah jam tayang dan subscribers. Nah, thumbnail berperan besar untuk mendongkrak angka-angka ini. Dengan menarik perhatian lebih banyak audiens, tentu menjadi keunggulanmu untuk memenangkan persaingan. 

Ingat, kesan pertama ialah kesan yang bertahan paling lama. Jadi ciptakan kesan pertama yang memukau lewat thumbnail YouTube milikmu. 

  1. Befunky

Salah satu website yang wajib kamu coba ketika membuat template thumbnail YouTube adalah Befunky. Befunky menyediakan berbagai template dengan variasi tema yang dapat kamu sesuaikan dengan karakter channel YouTube-mu.

Thumbnail Youtube - BefunkySelain menyediakan template thumbnail yang sudah berukuran 1280×720 px, kamu juga bisa berkreasi menggunakan blank canvas. Pada bagian atas website, kamu dapat memilih “template” atau blank canvaskemudian buatlah thumbnail yang sesuai dengan isi videomu.

Jika bingung akan menentukan template yang mana, kamu bisa memanfaatkan fitur editor’s choiceyang menyediakan bukan hanya berbagai pilihan thumbnail, tetapi juga banyak desain lain untuk keperluan Instagram, Facebook atau Twitter

  1. VistaCreate

Nah, salah satu pembuat thumbnail ini bisa kamu gunakan dengan teknologi drop and down. Dengan ribuan pilihan thumbnail template YouTube, kamu dapat mengombinasikan font, objek serta berbagai foto untuk menunjang performa channel YouTube-mu.

Thumbnail Youtube - VistaCreateSelain itu, hasil thumbnail pun dapat kamu bagikan secara online, baik dalam format PDF maupun JPG dan PNG. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu mengunjungi website VistaCreate, mendaftarkan akun, kemudian membuat desain thumbnail dengan template yang ada. Tertarik untuk mencoba VistaCreate? 

Tips untuk Memaksimalkan Fungsi Thumbnail Youtube

Thumbnail YoutubeSetelah mengetahui fungsi thumbnail Youtube sesuai penjelasan di atas, kamu tentu sudah memahami betapa pentingnya penggunaan thumbnail untuk bisnismu. Namun itu saja tidak cukup, kamu harus tahu bagaimana cara membuat thumbnail terbaik melalui tips-tips berikut ini. 

  • Perhatikan Pemilihan Gambar 

Untuk memaksimalkan fungsi thumbnail Youtube, tentu kamu harus menggunakan gambar dengan kualitas yang baik. Pastikan semua objek dan elemen di dalam thumbnail terlihat jelas sehingga memudahkan penonton dalam mengenali isi video. 

Selain itu, kamu juga sebaiknya membuat thumbnail yang berisikan ekspresi wajah. Pemilihan gambar ini bisa membuat penonton merasa menjalin interaksi langsung dengan pembuat video, sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik. 

  • Gunakan Teks pada Thumbnail

Tidak hanya judul, sebuah video Youtube juga membutuhkan teks di dalam thumbnail-nya. Namun jangan menggunakan teks yang memuat judul video, melainkan teks yang mendukung isi video dan tidak sekadar meng-copy judul videonya.

Teks tersebut bisa berupa kutipan dialog di dalam video, Call to Action (CTA) atau ungkapan menarik lainnya. Pastikan teks tersebut singkat dan jelas sehingga bisa terbaca saat penonton melakukan scanning. 

  • Jangan Lupakan Branding

Meskipun kamu memperkenalkan brand yang sama, tidak berarti kamu harus menggunakan template thumbnail yang sama berulang kali. Selain terlihat membosankan, penonton yang tidak jeli akan melihat semua video dalam Youtube-mu membicarakan topik yang sama. 

Namun tidak berarti kamu tidak bisa menyelipkan identitas brand pada thumbnail. Kamu tetap dapat memastikan penonton mengetahui brand mana yang kamu kelola melalui logo atau gambar tertentu di dalam thumbnail. 

  • Perhatikan Komposisi Warna

Dalam penambahan teks pada thumbnail, sangat penting agar kamu memperhatikan warna background. Pasalnya, warna background dan warna font yang kurang kontras bisa membuat teks tidak terbaca dengan jelas.

Pilih warna dengan kontras yang tinggi seperti biru-kuning, merah-hijau dan sejenisnya agar teks dan background tidak saling mengisi sehingga menyebabkan pesan pada thumbnail tidak tersampaikan dengan baik. 

  • Manfaatkan Template Thumbnail

Untuk para pebisnis yang tidak memiliki kemampuan editing, template thumbnail adalah solusinya. Dengan menggunakan template, kamu tidak perlu mendesain thumbnail dari awal. Cukup akses website penyedia thumbnail Youtube lalu sesuaikan desain thumbnail yang sudah ada dan kamu pun sudah dapat menggunakannya pada channel Youtube-mu.

Aturan dalam Membuat Thumbnail YouTube untuk Bisnis

Setelah mengetahui ukuran dan aplikasi template, saatnya untuk memikat penonton dengan thumbnail YouTube untuk bisnis yang menarik dan tidak membosankan. Tujuannya, agar penonton langsung tertarik ketika pertama melihatnya di beranda YouTube kamu. Namun, ada beberapa yang boleh dan tidak boleh dalam desain thumbnail YouTube. Apabila kamu melakukan hal yang tidak boleh, biasanya YouTube akan memberikan peringatan hingga menangguhkan akun kamu.

Berikut ini adalah yang boleh kamu lakukan dalam membuat thumbnail YouTube untuk bisnis:

  1. Menggunakan Gambar Wajah yang Ekspresif

Andai kata mempunyai karyawan yang bisa menjadi model, kamu bisa menggunakannya sebagai model di thumbnail YouTube bisnis. Sebab, penonton akan tertarik ketika melihat gambar wajah yang terlihat di layar ponsel masing-masing. Apalagi, jika wajah-wajah yang muncul penuh ekspresi. Selain penasaran untuk melihat, mereka juga bisa menyukai video yang kamu unggah pada pandangan pertama. Banyak Youtuber yang menggunakan cara itu. Mereka memasangkan gambar mukanya yang ekspresif secara close-up pada tampilan thumbnail.

Namun, apabila kamu tidak ingin menggunakan gambar thumbnail YouTube bisnismu dengan wajah close-up juga bisa. Hal utama, usahakan gambar yang dibuat semenarik mungkin dan sesuai dengan isi video yang kamu buat.

  1. Menambahkan Tulisan dan Background yang Menarik

Setelah kamu mengambil gambar close-up wajah, langkah selanjutnya agar thumbnail YouTube bisnis kamu makin menarik, yakni menambahkan tulisan dan gambar latar belakang atau background. Kamu bisa menggunakan font yang tebal dan warna yang kontras dari foto maupun latar belakang yang akan kamu gunakan nanti. Jika gambar atau foto latar belakang thumbnail berwarna dominan putih, kamu bisa menggunakan warna kuning, hitam, biru, atau merah untuk teksnya.

Pastikan juga teks dalam thumbnail kamu mudah terbaca penonton. Sebab, apabila teks sulit terbaca, audiens akan malas untuk menonton video bisnis kamu. Selain menggunakan font tebal dan warna, pilih juga yang tegas. Usahakan pula untuk tidak memberikan teks terlalu panjang, karena semakin singkat semakin baik. Apabila kamu sudah memilih font tersebut sebagai teks di thumbnail YouTube bisnis, terapkan dengan konsisten.

  1. Menambahkan Efek Stiker agar Lebih Menarik

Agar thumbnail Youtube untuk bisnis menarik, yakni dengan menambahkan efek stiker. Fungsi stiker adalah agar thumbnail kamu lebih menonjol. Ini juga menciptakan desain yang kuat pada thumbnail.

  1. Menerapkan Teknik Kontras Warna ketika Membuat Thumbnail YouTube untuk Bisnis

Teknik lain agar thumbnail menarik adalah menggunakan teknik kontras warna dalam desain. Misalnya, jika latar berwarna putih, kamu menggunakan warna teks hitam. Ini merupakan teknis dasar yang efektif dalam menarik penonton.

Setelah tahu apa yang boleh, berikut ini adalah yang tidak boleh dalam membuat thumbnail YouTube untuk bisnis:

    • Thumbnail Clickbait

Sebaiknya, jangan menggunakan thumbnail yang clickbait di akun YouTube kamu. Memang, kamu dapat menarik perhatian penonton dengan thumbnail clickbait, sehingga banyak yang mengunjungi video kamu. Namun, hal itu tidak boleh. Apalagi, kamu menyesatkan penonton dengan video yang berbeda dari judul thumbnail.

Sebab, apabila kamu melakukannya, bisa saja ada yang melaporkan video kamu karena thumbnail yang menyesatkan dan clickbait. Alhasil, YouTube akan menghapus video kamu, sebab telah melanggar pedoman komunitas.

Meskipun jenis gambar thumbnail dapat menghasilkan lebih banyak penayangan, kamu harus menahan diri untuk tidak menggunakan gambar yang menyesatkan. Sebagai gantinya, gunakan gambar yang menampilkan konten dengan tepat.

    • Thumbnail dengan Gambar yang Mencomot dari Internet

Jika kamu berniat menggunakan desain sendiri di thumbnail YouTube untuk bisnis kamu, hindari untuk sembarangan menggunakan gambar yang kamu lihat dari internet. Memang, dalam membuat thumbnail perlu inspirasi, tapi jangan meniru gambar atau desain apa pun yang telah diunggah di internet.  Dengan demikian, kamu akan memiliki gambar thumbnail sendiri dan tidak akan mendapatkan masalah hukum hak cipta dari gambar yang kamu gunakan. Kalaupun harus mengambil dari internet, pastikan kamu memang memiliki izin untuk itu.

Apabila kamu berencana untuk memonetisasi dengan gambar thumbnail karya orang lain, kamu perlu tetap memberi tahu sang pemilik. Adapun gambar yang harus kamu hindari mencomot dari internet untuk thumbnail adalah sebagai berikut:

      • Karakter atau gambar apa pun yang diambil dari buku komik, jaringan kartun, film, video game, dan acara televisi.
      • Konten viral, meme internet, atau video viral yang menginspirasi kamu untuk memasukkannya ke dalam desain thumbnail kamu. Soalnya, banyak meme memuat gambar selebritas.
      • Selebritas, termasuk foto, karya seni, atau karikatur selebritas. Hindari memasukkannya dalam thumbnail, sebab kamu akan mendapatkan beberapa masalah hak cipta.
      • Gambar yang kamu temukan di mesin pencari. Jika kamu menemukan grafik atau gambar menarik yang tidak tercantum untuk penggunaan komersial atau penggunaan gratis, jangan gunakan itu pada  thumbnail YouTube bisnis kamu. Meski itu gratis, tapi kamu menggunakannya untuk tujuan komersial. Jangan sampai terjadi kasus hukum karena masalah sepele. Sebaiknya, kamu gunakan grafis yang sudah jelas ditandai untuk penggunaan komersial.   .
      • Media sosial. Hindari gambar atau grafik apa pun yang kamu temukan di media sosial dan mesin pencari untuk membuat thumbnail YouTube untuk bisnis. Sebab, kemunginan ada pemilik hak cipta atas tiap-tiap gambar yang terunggah di internet.

Itulah berbagai hal seputar thumbnail YouTube untuk bisnis dan pribadi. Semoga, bisa menjadi rekomendasi kamu dalam membuat thumbnail yang tidak melanggar pedoman komunitas YouTube, bahkan hak cipta, sehingga kamu bisa menjalankan dan membuat konten video bisnis dengan lancar.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP