fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Wajib Tahu! 5 Strategi Bisnis Sukses yang Bisa Kamu Tiru

strategi bisnis sukses

Dalam menjalankan bisnis, kamu memerlukan strategi. Salah satu caranya adalah mencontoh strategi bisnis sukses dari pengusaha atau brand lokal yang sudah berhasil. Pengusaha atau brand lokal yang berhasil di antaranya adalah Eiger, Brodo, 3second, Kopi Janji Jiwa, Excelco, dan Wardah.

Terdapat lima macam strategi bisnis sukses yang mereka gunakan. Berikut strategi-strategi yang bisa menjadi inspirasi bisnismu.

  1. Melakukan Pemasaran Digital

    Pemasaran digital adalah melakukan promosi brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan utama pemasaran digital adalah mengenalkan produk atau brand kepada konsumen secara cepat.Beberapa teknik pemasaran digital menggunakan SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), iklan online melalui Facebok Ads, Google Ads, promosi media online, iklan di televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, chat marketing, dan lain sebagainya.Brand lokal yang melakukan pemasaran digital salah satunya adalah Brodo. Perusahaan sepatu ini menggencarkan strategi promosi digital sejak tahun 2010. Dengan modal Rp7 juta, Yukka Harlanda pemilik Brodo, memproduksi 40 sepatu dan menjualnya melalui media sosial, aplikasi chatting, dan berbagai forum online. Uniknya, produk Brodo dikenal bukan melalui Facebook, Instagram, ataupun forum online, tapi justru dari aplikasi chat pada delapan unit smartphone BlackBerry. Saat itu jumlah konsumennya mencapai 16 ribu orang. Dengan angka tersebut, artinya strategi Brodo berhasil menyasar target pasarnya.

    Melalui data tersebut, Brodo melakukan pengembangan bisnis secara serius dengan membuat website sendiri di tahun 2012. Sambil berjalan, Brodo juga melakukan content marketing, sehingga namanya semakin populer hingga sekarang. 

    Brodo juga menggunakan banyak media sosial yang masing-masing mempunyai tujuan berbeda dalam promosinya, yakni:

    • Facebook
      Pada media sosial ini, Brodo hanya memberikan informasi tentang produk-produk baru.
    • Instagram
      Melalui media sosial ini, Brodo menyajikan inspirasi dan kesan kekinian.
    • Twitter
      Brodo membangun komunikasi yang interaktif dengan konsumennya, melalui media sosial ini.
    • Google Plus
      Pada platform media sosial satu ini, Brodo menggunakan konten-konten informatif berupa infografis.
    • Newsletter
      Brodo juga menggunakan newsletter untuk memberikan informasi produk yang dikirim langsung kepada konsumen. Newsletter tersebut dikirim tiga sampai empat kali sebulan.
    • Website
      Pada website-nya, Brodo menyajikan berbagai artikel untuk dibaca pengunjung dan konsumen.

    Pemasaran digital yang dilakukan Brodo menghasilkan penjualan mencapai 4.500 pasang sepatu per bulan pada tahun 2014

    Pemasaran Digital lewat Influencer

    Kopi Janji Jiwa juga melakukan hal hampir serupa dengan perusahaan sepatu tersebut. Dalam pemasaran digital, Kopi Janji Jiwa lebih mengandalkan promosi melalui platform media sosial Instagram. Selain melalui media sosial, perusahaan franchise kopi ini juga berkolaborasi dengan berbagai marketplace dan online delivery food seperti Grab Food dan Go Food.

    Janji Jiwa juga memanfaatkan Key Opinion Leader (KOL) dan influencer yang memiliki banyak follower. Sebab, market Janji Jiwa berasal dari generasi milenial dan generasi Z. Target market ini sudah dibidik sejak awal. Selain menjalin kerja sama dengan influencer, Janji Jiwa juga memasarkan produknya melalui kemitraan dengan beberapa brand lain. Mungkin kamu pernah melihat kolaborasi yang dilakukan oleh Janji Jiwa, misalnya Janji Jiwa x Teh Botol di media sosial.

    Promosi lain menggunakan pemasaran digital juga dapat menggunakan endorser dari selebriti. Cara ini digunakan Wardah sejak tahun 2011 untuk mengenalkan produknya. 

  2. Strategi Bisnis Sukses lewat Inovasi Produk

    Untuk dapat bertahan dan menang melawan kompetitor, strategi bisnis sukses selanjutnya adalah inovasi produk. Salah satu brand lokal yang menerapkan hal ini adalah Kopi Kenangan. Brand ini selalu hadir dengan berbagai inovasi baru dalam menarik kosumen, seperti meluncurkan minuman atau merchandise yang mendukung kegiatan minum kopi, misalnya tumbler. Inovasi lainnya tercermin dalam bentuk variasi produk. Kamu bisa melihat kalau Kopi Kenangan tidak hanya menjual minuman, tapi juga makanan. Pada tahun 2020, Kopi Kenangan meluncurkan tema ‘Cerita Roti’ yang menawarkan produk camilan dan pendamping kopi. Lalu pada tahun 2021, Kopi Kenangan melalui Kenangan Group meluncurkan Chigo.Perusahaan kosmetik Wardah juga dikenal dalam berbagai inovasi produknya. Bahkan PT. Paragon Technology membuat lab khusus untuk membuat inovasi produk, yaitu Research and Innovation Center.  Melalui lab tersebut, Paragon dapat membuat produk dalam waktu relatif singkat, sehingga berdaya saing tinggi dan dapat memenuhi ekspektasi konsumen.strategi bisnis sukses

  3. Konsisten Menjaga Kualitas Produk

    Konsistensi dalam menjaga kualitas juga merupakan strategi bisnis sukses. Tidak hanya bisnis makanan, bisnis apapun perlu menjaga kualitasnya. Misalnya, Kopi Kenangan dan Janji Jiwa yang memiliki alat mesin modern untuk meracik kopi spesial agar terjaga kualitasnya. Selain itu, mereka juga menghadirkan pelatihan bagi para baristanya.Kualitas produk yang konsisten juga dilakukan brand seperti Erigo. Dengan target utama milenial dan Gen Z, Erigo menghadirkan pakaian yang nyaman, terjangkau, serta fleksibel tanpa mengorbankan desain dan kualitas.

  4. Mengikuti dan Menyelenggarakan Berbagai Event

    Mengikuti dan menyelenggarakan berbagai event, baik bertujuan sebagai promosi maupun penjualan langsung, sangatlah baik dilakukan dalam strategi bisnis sukses. Salah satu yang memanfaatkan momen promosi adalah brand Roughneck 1991. Brand yang dikenal luas melalui media sosial ini, ternyata juga melakukan promosi offline dengan mengikuti berbagai event, seperti bazaar dan membuka beberapa toko fisik. Hingga suatu hari, brand ini bergabung dengan marketplace dan mengikuti program ekspor ke Brazil. Program tersebut membantu menjual dan mempromosikan Roughneck 1991 di negeri Amerika Latin tersebut.Selain Roughneck 1991, Erigo yang digawangi oleh Muhamad Sadad juga sering mengikuti berbagai event, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan, brand ini juga sempat bikin heboh pada tahun 2021, karena melakukan promosi besar-besaran di New York, Amerika Serikat, dengan mempromosikan produknya melalui billboard raksasa di kawasan Manhattan.

  5. Analisis Pasar, Strategi Bisnis Sukses yang Paling Penting

    Strategi bisnis sukses satu ini juga penting, karena nantinya menjadi dasar dan pondasi untuk melakukan berbagai strategi pemasaran lainnya. Langkah awal dalam melakukan analisis pasar adalah memahami pasar terlebih dahulu. Dengan cara ini, kamu akan tahu produk apa yang diminati dan dibutuhkan konsumen. Sebagian besar produk di pasaran sudah memiliki pasar tersendiri. Misalnya dalam penerbangan, jika kamu ingin penerbangan yang aman dan fasillitas yang memadai, kamu pasti memilih Garuda Indonesia. Jika ingin murah, alternatif maskapai yang bisa digunakan adalah Lion Air. Setelah memahami pasar, kamu perlu menentukan target pasar produk kamu, apakah seperti Kopi Janji Jiwa dan Kenangan yang menargetkan milenial serta gen Z, atau seperti Erigo yang menargetkan masyarakat menengah bawah. Penentuan target konsumen sangat penting, karena pastinya kamu tidak bisa melayani pembeli dari berbagai usia dan kalangan. Apalagi konsumen sudah mempunyai kebutuhan dan keinginan sendiri. Dari analisis pasar, kamu akan melihat peluang yang belum dilakukan oleh kompetitor. Misalnya, kompetitor tidak mempunyai produk varian.

Itulah lima strategi bisnis sukses yang biasa digunakan para pebisnis terutama brand lokal. Jika kamu baru memulai berbisnis dan belum memiliki website sendiri, kamu bisa memulainya dengan LummoSHOP.