fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Watch Out! Ini 7 Produk yang Selalu Trending

produk trend

Bicara tentang tren produk enggak akan ada habisnya. Perkembangan produk yang nge-tren bergerak sangat dinamis. Tapi, ada produk yang selalu trending, karena masih selalu dicari dan digunakan oleh masyarakat banyak. Apa sajakah itu? Yuk, simak lengkap pembahasannya pada artikel ini!

Meskipun kuartal pertama tahun 2022 belum berakhir, sebagai pebisnis kamu perlu selalu jeli dalam melihat dan membaca pergerakan tren yang terus tumbuh. Bahkan, seorang pebisnis harus mampu melakukan prediksi produk apa yang akan masih dan akan trending sepanjang tahun 2022. Sebab, dengan tahu produk yang selalu trending dan mana yang akan menjadi trend baru, dapat membantu seorang pebisnis menentukan strategi bisnisnya.

Awal Mula Terbentuknya Sebuah Tren

Tahukah kamu bagaimana suatu tren itu terbentuk? Ternyata di zaman yang serba digital seperti saat ini, banyak cara mudah menciptakan tren. Dengan bantuan media sosial seperti Instagram dan TikTok, misalnya, kamu bisa membuat sebuah produk menjadi viral. Itulah salah satu awal mula suatu tren dapat muncul. Masih ingat Odading Mang Oleh yang mendadak viral? Di video tersebut seseorang bernama Ade Londok berkata, “Rasanya seperti Anda menjadi Iron Man.” 

Video tersebut memunculkan rasa penasaran kepada masyarakat untuk melihat, sebelum akhirnya mengunggah rasa ingin mencoba camilan odading ini. Setelah dicoba, pembicaraan dari satu konsumen ke konsumen lainnya menjadi tak terbendung dan muncul tren produk baru. Itulah keunikan dari sebuah tren. 

Oleh karena itu, agar bisa melakukan strategi perkembangan, seorang pebisnis tidak boleh acuh terhadap perkembangan sebuah tren, untuk melakukan inovasi produk, misalnya. Seorang pebisnis juga harus pandai membaca peluang pasar. Salah satu caranya tentu dengan mengikuti perkembangan tren yang tengah digemari konsumen dan menciptakan produk yang sesuai dengan tren itu. Atau bisa juga dengan menciptakan sebuah tren sendiri seperti yang dilakukan Ade Londok dengan odading. Pada akhirnya, semua usaha tersebut bertujuan menarik perhatian konsumen hingga mampu menguasai pasar.

Pelajari Tren dengan Jeli

produk trend

Meskipun siklus pergerakan tren sangat dinamis, namun dapat dipelajari. Kamu bisa melakukan riset melalui sebuah tools untuk mempelajarinya, salah satunya Google Trends. Setelah itu, rangkum sedetail mungkin. Dengan bekal data perkembangan tren yang terjadi selama tahun 2021, kamu dapat membuat sederet kesimpulan apa saja produk yang selalu trending dan bisa memprediksi produk apa yang akan menjadi tren baru di tahun 2022.

Nah, kali ini LummoSHOP akan merangkum beberapa prediksi produk yang selalu trending dari awal pandemi dan tetap nge-tren di tahun 2022 ini. Prediksi ini berdasar riset pasar yang sudah terbukti di 2021. Sudah siap? Yuk, simak baik-baik, siapa tahu dengan ini kamu jadi bisa memilih tren produk yang cocok dan berpeluang untuk bisnismu!

1. Makanan dan Minuman

Dilansir dari Kompas, pandemi membuat pengusaha makanan dan minuman Indonesia lebih kreatif dalam upaya mempertahankan bisnis dan meningkatkan penjualan. Tidak diragukan lagi, makanan dan minuman menjadi produk yang selalu diminati konsumen dan layak menempati peringkat pertama pada prediksi jenis produk yang selalu trending di 2022.

Layanan pesan antar yang semakin beragam dan adanya tren cloud kitchen menjadi salah satu faktor yang membuat penjualan makanan dan minuman tetap bertahan, bahkan berkembang makin pesat. Meskipun persaingannya ketat, tapi nilai peluangnya tetap tinggi. Sebab, tidak ada yang tidak membutuhkan makanan dan minuman. Badan Pusat Statistik juga mencatat bahwa 56,6% produk domestik bruto Indonesia disumbangkan oleh konsumsi rumah tangga dan sekitar 49% diperoleh dari konsumsi makanan.

2. Masker

Meskipun kasus terpapar virus Corona sudah menurun, namun hingga trimester awal tahun 2022 pandemi belum berakhir. Kondisi ini membuat masker masih menjadi konsumen. Dapat diprediksi, penggunaan masker masih akan menjadi kebutuhan sepanjang tahun 2022 ini, sehingga bisa disebut sebagai produk yang selalu trending.

Tak perlu heran, selama pandemi belum berakhir dan anjuran pemerintah untuk menggunakan masker tetap berlaku, tentu peluang bisnis masker masih menjanjikan. Sama halnya dengan bisnis makanan dan minuman. Persaingannya memang tinggi, tapi tidak menghilangkan nilai peluang yang ada. Apalagi jika kamu mampu menjualnya dengan harga yang bersaing. 

Tidak hanya itu, kamu juga harus membuat konsumen tidak berpaling dengan melengkapi beragam jenis produk masker agar jualanmu lengkap. Saat ini konsumen sudah terbiasa dan paham mengenai berbagai jenis bentuk masker, materi, hingga merek masker yang beragam. Hal ini membuat konsumen makin bijak dalam memilih masker yang sesuai anjuran WHO (World Health Organization), sekaligus menjadi peluang bagi bisnis kamu untuk mampu memenuhi kebutuhan konsumen tersebut. Supaya konsumen terus melirik produk kamu!

3. Vitamin

Tidak hanya masker, vitamin juga masih saja menjadi penjualan produk primadona dari tahun 2021 hingga 2022i. Di tengah virus covid-19 yang terus saja bermutasi, peran vitamin untuk menjaga imunitas selama pandemi nyatanya semakin terasa manfaatnya oleh masyarakat. Vitamin C, vitamin D, dan zinc menempati prediksi produk yang tetap nge-tren di 2022, karena kandungannya yang memang bermanfaat untuk daya tahan tubuh. 

4. Gadget

Proses belajar dan bekerja hybrid (school from home dan work from home) yang masih berlaku hingga saat ini mampu membuat gadget berupa ponsel, komputer personal, laptop, hingga tablet, masih terus diburu konsumen. Harganya pun terbilang masih tinggi terutama untuk produk komputer dan laptop.

Hal tersebut membuat penjualan gadget tetap tampil prima di tengah pandemi dan bahkan profitnya berkali lipat. 

5. Skin care dan Kosmetik

produk trend

Produk kecantikan dan perawatan sangat erat dengan kaum hawa. Bahkan, kaum pria pun sekarang lebih peduli dengan perawatan diri mereka. Banyak produk skin care yang ditujukan khusus untuk pria. Meskipun memang, produk kosmetik dan skin care untuk kaum wanita, jauh lebih banyak dan beragam.

Aturan pemerintah yang membatasi aktivitas masyarakat di luar rumah selama masa pandemi, ternyata tidak membuat kaum hawa (juga kaum pria) hilang semangat untuk tetap merawat diri. Bahkan, produk lokal makin banyak bermunculan di tahun 2021. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis produk skin care dan kosmetik tidak boleh diabaikan begitu saja. Tak heran jika bisnis produk kecantikan dan skin care, masih akan terus nge-tren di 2022, bahkan tahun-tahun selanjutnya.

6. Perlengkapan Rumah Tangga

Banyak influencer memberi dampak dalam tren suatu produk. Mereka sering diminta meng-endorse suatu produk sekaligus memberi edukasi tentang sebuah produk, salah satunya perlengkapan rumah tangga. Hal ini memunculkan tren baru di tengah masyarakat. Misalnya, tren perlengkapan rumah tangga serba kayu, serba berwarna putih, serba berwarna pastel, dan sebagainya.

Tidak hanya itu saja, pengaruh tren gaya hidup sehat dan ramah lingkungan juga memiliki pengaruh terhadap tren perlengkapan rumah tangga yang beredar. Bahan material pada perlengkapan rumah tangga kini menjadi perhatian. Hal ini menjadi peluang bagi pebisnis untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang tampaknya masih akan menjadi tren di tahun 2022 ini.

7. Mainan Anak

Siapa sangka bisnis mainan ternyata menjanjikan peluang keuntungan yang tak ada habisnya. Mainan merupakan produk yang selalu trending dan banyak peminatnya. Asosiasi Pengusaha Mainan Indonesia (APMI) menyebutkan penjualan mainan anak mengalami peningkatan di 2021 dan jenis mainan yang menjadi favorit konsumen khususnya selama pandemi adalah mainan edukasi dan mainan yang bisa digunakan oleh anggota keluarga lainnya.

Hal tersebut pengaruh dari adanya pembatasan fisik dan pemberlakuan sekolah serta kerja dari rumah. Namun, meski saat ini anak sudah mulai kembali ke sekolah, namun mainan edukasi anak tetap banyak peminatnya. Para orang tua butuh untuk mendukung perkembangan kemampuan verbal dan motorik anak  

Memang, tidak mudah menjadi pebisnis yang mampu menangkap setiap peluang dari berbagai tren yang bermunculan hingga dapat menjadi penguasa pasar. Namun, bukan berarti kamu jadi kehilangan semangat sebelum benar-benar memulai. Apalagi LummoSHOP sudah merangkumkan sederet prediksi produk yang masih akan tetap nge-tren di 2022 spesial untuk kamu. Kini saatnya kamu mulai beraksi untuk segera berbisnis, ya!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP