Perubahan perilaku konsumen yang kian nyaman saat bertransaksi jual beli secara daring menuntut para pebisnis mesti adaptif. Pebisnis mesti hadir di setiap channel di mana konsumen potensial berada. Tak hanya di media sosial, tapi juga di mesin pencarian. Lantaran demikian, kehadiran website menjadi penting agar bisnis kamu dapat muncul di mesin pencarian.
Nah pada artikel kali ini, kami membahas seputar situs web secara mendalam, mulai dari definisi, cara kerja, jenis hingga manfaatnya bagi bisnis. Yuk, langsung ke pembahasannya.
Apa itu Website?
Menurut pakar situs web Gregorius Agung di dalam buku yang berjudul “Membuat Homepage Interaktif”, website adalah sekelompok halaman di dalam web yang saling terkait dan terhubung dengan halaman utama yang bernama homepage. Homepage atau halaman utama dari situs ini berada pada posisi teratas dengan halaman-halaman terkait berada di bawahnya.
Sementara itu, menurut Scholechul Azis, pengertian website adalah halaman informasi yang terdiri atas teks, gambar, suara maupun animasi yang tersedia dalam dunia internet, sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet.
Sebagai pengguna yang ingin mengakses situs, kamu memerlukan komputer, smartphone, atau perangkat apa pun yang memiliki browser web, dan koneksi internet untuk mengakses sebuah situs web. Kamu pun perlu memasukkan alamat situs pada browser perangkat. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman depan yang disebut halaman beranda atau homepage situs tersebut.
Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.
Cara Kerja Website
Saat ini, tampaknya setiap orang pernah mengunjungi atau membuka situs. Namun, apakah memahami cara kerja situs? Bagi yang belum memahami, ini dia cara kerjanya.
- Situs akan menyimpan informasi dalam bentuk dokumen berupa halaman-halaman situs atau webpage.
- Kemudian, halaman situs atau webpage tersebut disimpan dalam komputer peladen (server) web.
- Sedangkan di pihak pemakai atau user ada komputer yang bertindak sebagai komputer client yang mana berfungsi untuk membaca webpage yang ada di server web atau browser.
- Selanjutnya, browser membaca webpage yang ada di server web.
Penjelasan itu memuat informasi, bahwa ada dua bagian utama dalam web, yaitu sisi client dan sisi server. Sisi client adalah komputer desktop, laptop atau perangkat mobile yang terhubung ke jaringan internet. Client dapat mengakses situs melalui web browser, seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, Ecosia dan web browser lainnya.
Sementara itu, server merupakan perangkat komputer dengan spesifikasi tertentu yang digunakan untuk menyimpan aplikasi situs beserta database server yang siap untuk diakses oleh client. Client bertugas meminta webpage melalui web browser, kemudian web browser akan meneruskannya ke server di mana aplikasi web berada.
Selanjutnya, server dari komputer akan mengolah permintaan client. Setelah menemukan permintaan webpage dari client, server akan mengirimkan ke komputer client. Tampilan halaman situs atas permintaan user pun muncul di web browser komputer client.
Jenis-Jenis Website Berdasarkan Sifatnya
Ada dua jenis situs berdasarkan sifatnya yang bisa kamu jadikan sebagai pengetahuan dan informasi.
-
Website Statis
Situs statis adalah situs yang kontennya konstan atau jarang berubah. Biasanya, penggunaan web statis ini untuk perusahaan yang hanya memberikan informasi-informasi dasar seperti alamat, kontak, dan sejarah perusahaan.
-
Website Dinamis
Sebaliknya, situs web dinamis adalah web yang kontennya selalu berubah secara berkala. Pengelolaan situs web dinamis ini relatif mudah. Soalnya, web dinamis memungkinkan untuk memiliki beberapa user melakukan update konten tanpa mengubah desain web.
Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya
Berdasarkan fungsinya, website terdiri atas berbagai jenis. Apa saja? Yuk, simak beberapa di antaranya.
-
Personal Website atau Blog Pribadi
Situs web ini berisi informasi pribadi tentang seseorang. Contohnya, adalah web yang berisi tentang pengalaman pribadi, opini, atau kisah perjalanan. Saat ini, menuliskan cerita pada blog pribadi bisa menjadi sumber penghasilan lho yang biasanya memiliki sebutan blogger. Ada banyak blogger Indonesia yang mengecap kesuksesan dari blog mereka, seperti Raditya Dika, Trinity Traveler dan sebagainya.
-
Corporate Web
Situs web ini milik dari sebuah perusahaan dengan tujuan agar calon konsumen bisa menemukan informasi resmi tentang perusahaan dari website resmi. Web resmi ini dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Konsumen bisa menemukan informasi resmi yang dibutuhkan melalui situs pencarian.
-
Toko Online atau E-commerce
Sesuai dengan namanya, penggunaan situs ini untuk toko online. Meskipun kamu sudah berjualan di marketplace atau media sosial, tak ada salahnya juga kamu memiliki situs web. Kamu bisa mengarahkan konsumen dari media sosial untuk berkunjung ke web toko online dan bertransaksi di sana. Manfaatnya, kamu bisa mencatat semua transaksi dan mengevaluasi toko online-mu dengan mudah menggunakan Google Analytics.
-
Portal Website
Sebutan lain dari situs berita. Barangkali, web jenis ini paling familier di antara pengguna internet karena web ini bertujuan untuk menyebarkan berita. Apalagi, pada era serba digital, keberadaan situs portal berita online ini berhasil menggeser bentuk media cetak sebagai sumber informasi.
-
Forum Online
Tahukah kamu, bahwa situs web dapat digunakan sebagai sebuah forum online atau komunitas online. Forum online ini bertujuan sebagai sarana diskusi dan bertukar informasi dengan para pengunjungnya. Saat ini, ada banyak forum online di internet dengan macam-macam topik. Contohnya, forum online para pembaca buku Goodreads, komunitas online perempuan Female Daily dan sebagainya.
Manfaat Website Bagi Bisnis
Saat ini memiliki situs web seperti sebuah kebutuhan. Apalagi, bagi sebuah bisnis, tak peduli apa pun dan ukuran bisnisnya, sebaiknya perlu mempunyai website. Perihal itu, apa saja sih manfaat memiliki situs web bagi sebuah bisnis? Tetaplah menyimak.
-
Meningkatkan Kredibilitas Bisnis
Pebisnis mesti menangkap dengan jeli perubahan perilaku konsumen yang kini cenderung berbelanja online dan mencari referensi produk atau layanan melalui internet. Salah satu caranya dengan memiliki situs web.
Dengan memiliki web, akan memudahkan pelanggan atau calon konsumen yang tak perlu repot lagi mengecek bisnis kamu secara manual. Mereka cukup dengan mencari profil juga gambaran bisnis kamu dari situs. Alhasil, kredibilitas bisnis kamu pun turut terdongkrak dengan adanya website.
-
Membangun Keterikatan dengan Konsumen
Memiliki situs web akan memudahkan kamu untuk untuk memperbarui informasi tentang produk dan layanan secara cepat. Bagi bisnis, ini adalah cara yang efektif untuk menginformasikan kepada konsumen tentang produk baru, acara, promosi khusus, atau program baru yang sedang bisnis kamu tawarkan. Dengan situs web memungkinkan kamu untuk memberikan informasi yang senantiasa up to date kepada konsumen.
-
Mudah Diakses dan Tersedia 24 / 7
Manfaat lainnya memiliki situs web bagi bisnis adalah memberikan kemudahan bagi konsumen potensial untuk mengakses selama 24 jam dalam satu hari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Konsumen bisa melihat produk dan jasa dengan nyaman kapan pun di mana pun tanpa harus berkunjung ke toko fisik kamu. Transaksi pun dapat berproses melalui online.
-
Memperluas Jangkauan dan Target Pasar
Keberadaan web selalu menjadi tempat alternatif yang menarik untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis kamu ke pasar yang lebih luas. Hal ini karena produk kamu bisa diakses dan dilihat secara global.
-
Hemat Biaya
Meski membuat web profesional terbilang tidak murah, setidaknya memiliki situs web jauh lebih hemat daripada biaya iklan konvensional. Selain itu, efektivitasnya bisa lebih terukur ketimbang iklan konvensional. Biaya membuat website bervariasi, mulai dari Rp500.000 per bulan. Bakal lebih hemat apabila penghitungannya per tahun.
Kabar baiknya, kamu bisa lho memiliki toko online secara gratis dengan layanan LummoSHOP. Kamu juga tak perlu punya keahlian atau skill coding untuk membuat website karena bisa langsung otomatis punya web dengan registrasi toko online kamu. Untuk mempersonalisasikan toko online di LummoSHOP pun sangat mudah. Kamu cukup mengunggah image sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Menariknya lagi, kamu bisa menghubungkannya dengan akun marketplace kamu lho!
Selain itu, dengan LummoSHOP kamu juga bisa beriklan di Facebook atau Google lho. Namun, untuk layanan ini tidak gratis ya, kamu harus meng-upgrade akun kamu menjadi LummoSHOP Plus. Tapi tenang saja pebisnis, biaya berlangganannya sangat terjangkau kok. Yuk, cari tahu lebih banyak tentang LummoSHOP di sini ya.
Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.
Baca juga artikel terkait lainnya :