Ulasan dan penilaian atau review dan rating adalah salah satu hal yang pertama dilihat oleh calon pembeli setelah ia melihat wujud produknya. Berdasarkan pada ulasan dan penilaian tersebut biasanya calon pembeli akan mempertimbangkan apakah produk tersebut layak untuk dibeli atau tidak. Artinya ini berpengaruh pada kepercayaan calon pembeli terhadap produk yang kamu tawarkan.
Menurut salah satu studi, data menunjukkan:
- 93% calon pembeli membaca penilaian dan ulasan online sebelum membeli suatu produk.
- 91% calon pembeli usia 18-34 tahun percayai pada ulasan online
- 93% calon pembeli mengatakan ulasan online mempengaruhi keputusan transaksi mereka.
Penilaian dan ulasan juga dibutuhkan agar dapat mengukur apakah pelayanan dan produk yang kamu hasilkan sudah sesuai dengan ekspektasi pembeli atau belum. Selain itu, penilaian yang bersifat positif dapat memberi dampak seperti.
- Meningkatkan kepercayaan calon pembeli
- Membuka akses komunikasi langsung pada pembeli
- Mengetahui pengalaman dan sudut pandang pembeli dengan lebih baik (menambah insights)
Lalu, apa yang harus kamu lakukan agar mendapatkan ulasan dan penilaian dari pelangganmu? Pastinya dengan meminta customer untuk memberikan penilaian dan ulasan.
Salah satu studi mengatakan bahwa 68% calon pembeli akan memberikan penilaian dan ulasan jika diminta. Jadi dari pada menunggu, lebih baik kalau kamu menyakan apakah mereka bisa memberikan penilaian dan ulasan atas produk dan layanan tokomu.
Bagaimana cara meminta penilaian dan ulasan?
Dengan fitur penilaian dan ulasan yang ada di LummoSHOP, kamu bisa menanyakannya pada pembeli sesaat setelah produk diterima dan pesanan diselesaikan. Bisa juga beberapa hari setelahnya untuk memberi kesempatan bagi mereka untuk mencobanya terlebih dahulu.
Saat meminta ulasan, pastikan hal berikut:
- Komunikasikan dengan bahasa yang baik dan kalimat yang mudah dipahami
- Biarkan pembeli memberikan penilaian dan ulasan dengan jujur
- Jangan iming-imingi dengan hadiah
Hal lain yang harus dilakukan:
- Tanggapi ulasan
- Buat ulasan transparan dan mudah diakses
- Jadikan ulasan sebagai materi promosi (konten testimonial)
Yuk segera minta ulasan dan penilaian dari produk yang sudah kamu jual ke pelangganmu jika mereka belum memberikannya!