Pengiriman pesanan menggunakan LummoSHOP kini lebih mudah dengan hadirnya beberapa partner pengiriman, salah satunya Ninja Xpress. Saat ini kamu sebagai penjual yang berjualan menggunakan aplikasi LummoSHOP dapat menyediakan opsi pengiriman dengan layanan Ninja Xpress Reguler.
Berikut detail layanan Ninja Xpress yang bisa kamu gunakan di LummoSHOP
Jenis layanan : Reguler
Cashback : Tidak tersedia
Layanan COD : Tersedia
AWB otomatis : Ya
Layanan non-tunai : Ya
Layanan pick up : Ya
Area pick up : Seluruh Indonesia
Area destinasi : Seluruh Indonesia
Jam operasional : Senin-Sabtu (09.00-22.00)
Durasi pengiriman : 3-4 hari
Mekanisme penjemputan paket:
Jika request pick up sebelum jam 3 sore, maka barang akan diambil di hari yang sama
Jika request pick up setelah jam 3 sore maka barang akan diambil keesokan hari
Cara Mengaktifkan Layanan Ninja Xpress
Masuk ke aplikasi LummoSHOP
Masuk ke halaman “Akun”
Pilih menu “Pengiriman”
Aktifkan pilihan pengiriman menggunakan “Ninja Xpress”
Yuk segera aktifkan opsi pengiriman menggunakan layanan Ninja Xpress di aplikasi LummoSHOP kamu supaya semakin banyak opsi yang bisa dipilih calon pembeli. Dengan menyediakan banyak opsi maka akan semakin menarik tokomu di mata pembeli dan pastinya meningkatkan penjualan kamu. Coba aja!
Dapatkan Konten Terbaru
Kami akan infokan kamu saat ada konten baru melalui WhatsApp.
Salah satu fitur terbaru yang kami hadirkan untuk mempermudah kamu dalam berjualan online menggunakan website toko online pribadi yang dibuat pakai LummoSHOP adalah fitur variasi. Sekarang kamu bisa menambahkan variasi produk dalam satu item produk di katalog kamu.
Dengan adanya fitur ini kamu tidak perlu lagi untuk unggah satu produk yang sama berkali-kali karena memiliki jenis warna, ukuran, bahan, atau jenis variasi lainnya yang berbeda. Kamu tinggal menambahkan pilihan variasi tersebut dalam satu item produk tersebut.
Caranya mudah banget!
Masuk ke halaman "Beranda"
Klik tombol "Tambah Produk"
Cari kolom "Variasi" pada bagian bawah halaman dan klik "Tambah Variasi"
Klik "Tambah Variasi" untuk menambahkan variasi atau pilih jenis variasi umum yang disarankan oleh LummoSHOP
Masukkan pilihan varian yang tersedia
Jika ingin menambahkan gambar pada variasi, aktifkan "Tambah gambar ke variasi" (hanya dapat dilakukan untuk satu jenis variasi)
Klik "Lanjut" jika sudah sesuai
Atur berat, harga, dan ketersediaan varian lalu klik "Simpan" untuk menyelesaikan
Nah, itu lah cara untuk mengatur variasi produk di katalog toko kamu. Kamu juga bisa menambahkan variasi pada produk yang sudah kamu unggal sebelumnya ke katalog kamu. Tinggal klik item produk yang ingin kamu tambahkan variasi lalu ikuti langkah nomor 3-8 di atas.
Dengan menambahkan variasi produk maka katalog kamu akan semakin menarik dan juga semakin memudahkan calon pembeli dalam berbelanja di toko kamu. Coba aja jualan pakai LummoSHOP, pasti makin mudah!
Salah satu hal yang sering ditanyakan pengguna LummoSHOP yang pertama kali adalah bagaimana caranya untuk mendapatkan penjualan. Nah, kamu bisa mengikuti 7 poin berikut untuk berjualan lebih baik dengan LummoSHOP:
1. Share Link LummoSHOP
Ini wajib banget kamu lakukan untuk memaksimalkan penjualan kamu di LummoSHOP. Website yang kamu buat menggunakan LummoSHOP adalah website toko online pribadi sehingga membutuhkan promosi. Website kamu tidak akan ditemukan calon pembeli jika tidak dipromosikan. Share link toko kamu via media sosial seperti Instagram, Facebook, Instagram, TikTok, serta Whatsapp. Jangan lupa letakkan link pada bio profil media sosial toko kamu dan profil Google My Business.
2. Buat Promo Diskon
Promo diskon ini tidak harus dilakukan tapi dibutuhkan untuk toko yang baru pertama kali buka atau pertama kali berjualan. Ini jadi cara untuk menarik calon pembeli mencoba dan merasakan dulu kelebihan produk yang kamu tawarkan. Kalau mereka sudah coba dan suka sama produknya, kemungkinan mereka jadi pelanggan tetap bakal lebih terbuka.
Bikin promo diskon di LummoSHOP gampang banget! Tinggal masuk ke halaman marketing dan klik tab "Buat Promo". Pilih produk mana yang mau kamu berikan diskon, isi nominal diskon, atur masa berlakunya, dan terbitin banner promosinya deh. Jangan lupa share informasi promonya via Whatsapp dan social media kamu!
3. Bangun Konten di Media Sosial dengan Baik
Entah di Instagram, Facebook, TikTok dan lainnya, bangun social media dengan nama brand kamu dan pastikan kamu share konten yang menarik setiap harinya. Minimal satu konten per hari dan ingat kontennya harus bermanfaat, jangan terus menerus jualan. Kamu sendiri enggak suka kan follow akun yang isinya terus-terusan promosi? Post konten yang gak melulu soal produk kamu. Bisa bikin konten yang menarik, menghibur, atau mengedukasi.
4. Join Komunitas
Cari komunitas yang sesuai sama produk kamu. Kamu bisa gabung dengan komunitas di Facebook seperti ini atau join komunitas di tempat lainnya. Tapi pastikan kamu join komunitas dengan mindset ingin mendapat info dan ingin berbagi juga. Jadi bagian dari obrolan di komunitas tersebut, bukan sekadar join lalu ujung-ujungnya cuma post link toko setiap hari alias spamming.
5. Gunakan Iklan Berbayar
Nah, startegi ini bisa kamu jalankan melalui Facebook, Google, dan Instagram. Kamu bisa tetapkan siapa target audiens untuk iklan kamu, apa gendernya, ketertarikannya dalam bidang apa, usianya berapa, dan mereka tinggal di kota mana.
6. Gunakan Influencer!
Influencer adalah sosok yang memiliki pengikut setia atau fans di social media. Kamu bisa gunakan nano influencer atau micro influencer jika ingin meraih kepercayaan calon pembeli. Karena mereka biasanya lebih dipercaya. Sementara kalau tujuan marketing kamu adalah awareness atau sekadar ingin publik tau ada produk kamu, kamu bisa gunakan macro influencer. Mereka memiliki lebih banyak jangkauan audiens tapi cenderung lebih tidak dipercaya. Pastikan kamu cari influencer yang sesuai dengan produk dan brand kamu, sesuai dengan target audiens dan target market kamu, dan mampu mengomunikasikan produkmu dengan baik.
7. Pastikan Kamu Jadi Bagian dari Lingkungan Sekitarmu
Kamu bisa join komunitas lokal di sekitar tempat bisnis kamu atau event-event offline maupun online. Entah kamu berpartisipasi sebagai tenant pameran, mensponsori satu acara, atau bangun partnership dengan mereka untuk buat program khusus, cara ini bisa dilakukan untuk memperluas jangkauan toko dan produk kamu.
Nah, itu semua cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan order pertama kamu dalam 10 hari pertama. Caranya banyak dan mudah, yang terpenting kamu konsisten melakukannya dan menggunakan strategi untuk terus mengembangkan pelanggan kamu. Jadi, jangan santai-santai kalau sudah buka toko. Namanya juga usaha, ya harus ada usahanya untuk dapat pelanggan.
Kemudahan dalam bertransaksi merupakan salah satu faktor yang dilihat oleh calon pembeli dalam berbelanja online. Dengan memberikan pada calon pembeli pastinya akan berdampak pada tingkat kepuasan yang tentunya berpengaruh juga pada jumlah konversi penjualan.
LummoSHOP menyediakan fitur link pembayaran yang dapat dibuat oleh penjual secara gratis. Lalu, kenapa sih harus memiliki link pembayaran di LummoSHOP?
1. Pembayaran Jadi Lebih Mudah Dengan link pembayaran, pembeli hanya perlu mengklik link tersebut dan menyalin nomor rekening pembayaran yang tertera atau scan QR code untuk pembayaran menggunakan e-wallet. Link pembayaran ini juga memungkinkan kamu menerima metode pembayaran bayar di tempat / cash on delivery (COD).
2. Pembayaran Tidak Terkena Biaya Admin Tidak ada biaya admin yang dikenakan untuk transfer antar bank dengan link pembayaran ini. Pastinya ini sangat menguntungkan untuk pembeli.
3. Fitur Pembayaran Lengkap Link pembayaran memungkinkan pembeli transfer dana dari bank manapun atau e-wallet OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay dan QRis tanpa terbatas dengan pilihan rekening tujuan yang tersedia seperti di marketplace.
4. Terverifikasi Bank Indonesia Transaksi ini dijamin aman karena sudah terverifikasi oleh Bank Indonesia. Link pembayaran ini difasilitasi oleh partner kami Xendit Indonesia.
5. Pembayaran Langsung Masuk Ke Rekening Penjual Ini yang membedakan pembayaran di LummoSHOP dan di marketplace. Umumnya jika berjualan di marketplace dana akan masuk ke rekening bersama terlebih dahulu dan melalui proses. Sementara, dengan link pembayaran LummoSHOP, dana yang ditransfer akan langsung masuk ke rekening penjual.
Pengiriman pesanan menggunakan LummoSHOP kini lebih mudah dengan hadirnya beberapa partner pengiriman, salah satunya Ninja Xpress. Saat ini kamu sebagai penjual yang berjualan menggunakan aplikasi LummoSHOP dapat menyediakan opsi pengiriman dengan layanan Ninja Xpress Reguler.
Berikut detail layanan Ninja Xpress yang bisa kamu gunakan di LummoSHOP
Jenis layanan : Reguler
Cashback : Tidak tersedia
Layanan COD : Tersedia
AWB otomatis : Ya
Layanan non-tunai : Ya
Layanan pick up : Ya
Area pick up : Seluruh Indonesia
Area destinasi : Seluruh Indonesia
Jam operasional : Senin-Sabtu (09.00-22.00)
Durasi pengiriman : 3-4 hari
Mekanisme penjemputan paket:
Jika request pick up sebelum jam 3 sore, maka barang akan diambil di hari yang sama
Jika request pick up setelah jam 3 sore maka barang akan diambil keesokan hari
Cara Mengaktifkan Layanan Ninja Xpress
Masuk ke aplikasi LummoSHOP
Masuk ke halaman “Akun”
Pilih menu “Pengiriman”
Aktifkan pilihan pengiriman menggunakan “Ninja Xpress”
Yuk segera aktifkan opsi pengiriman menggunakan layanan Ninja Xpress di aplikasi LummoSHOP kamu supaya semakin banyak opsi yang bisa dipilih calon pembeli. Dengan menyediakan banyak opsi maka akan semakin menarik tokomu di mata pembeli dan pastinya meningkatkan penjualan kamu. Coba aja!
Seringkali banyak pebisnis yang menganggap remeh chat atau pesan yang masuk melalui DM Instagram, WhatsApp, dan fasilitas chat lainnya. Padahal, sebetulnya chat tersebut berpotensi besar untuk dikonversikan menjadi penjualan.
Kali ini, LummoSHOP punya tips dari Siauw Andreas, seorang copywriter yang pastinya sudah memiliki banya pengalaman dalam hal merangkai kata-kata yang menarik dengan tujuan pemasaran atau mendorong konversi penjualan terhadap suatu produk atau jasa.
Nah, pernahkah kamu mendengar istilah teknik double binding?
Teknik double binding merupakan salah satu teknik yang paling terkenal dalam mendorong konversi penjualan. Teknik ini menggunakan prinsip hipnosis di mana kamu bisa memberikan 2 pilihan dan apapun yang mereka pilih, hasilnya mereka tetap searah dengan keinginanmu.
Berikut contohnya:
Terlihat kan perbedaan di antara keduanya? Jika kamu menggunakan teknik double binding maka kemungkinan penjualan terjadi akan lebih besar. Pastinya dengan cara ini penjualan kamu juga dapat ditingkatkan. Mulai coba praktikkan dalam bisnismu yuk!
Dahulu, berbisnis di sektor pertanian atau perkebunan mungkin adalah hal biasa ketika hasil tani yang dihasilkan hanya bisa dijual di pasar tradisional atau atau harus melalui rantai perdagangan retail seperti swalayan atau minimarket terlebih dahulu yang cukup panjang. Namun, kini banyak dari kita yang sudah terbiasa dengan konsep perdagangan langsung atau direct to consumer. Terlebih lagi dengan meningkatnya gaya hidup atau konsep konsumsi yang dinamakan farm to table, di mana semakin tinggi permintaan untuk mendapatkan produk pangan yang fresh langsung dari para petani.
Inilah yang terjadi pada bisnis pak Ginan, salah satu pengguna LummoSHOP yang sukses memasarkan ragam buah berry secara online langsung pada customer dari tempatnya di Kota Bandung, Jawa Barat.
Kenalan Lebih Dalam dengan Bababerry Bababerry bermula dari bisnis keluarga yang memang memiliki perkebunan buah strawberry. Kemudian muncul ide untuk menciptakan brand tersendiri untuk dijual secara online. Target pasarnya saat itu menyasar pada orang-orang yang menyukai buah strawberry, suka membuat kue, serta yang memiliki bisnis kue atau bakery.
Salah satu mimpinya adalah untuk mengembangkan bisnis ini ke komoditas lainnya sehingga dapat menjadi supplier buah dan sayur terbesar di Kota Bandung, Jawa Barat, atau bahkan se-Indonesia.
Bagaimana LummoSHOP membantu bisnis Bababerry?
Sebelum menemukan aplikasi LummoSHOP pada November 2020, Bababerry hanya melakukan penjualan menggunakan Instagram dan Google Form. Proses ini cukup ribet dan tidak efisien mengingat calon pembeli jadi perlu menanyakan detail produk satu persatu dikarenakan tidak bisa mencantumkan daftar harga dan rekap pesanan dilakukan secara manual.
Pak Ginan sebetulnya sempat beberapa kali mencari alternatif aplikasi lainnya namun pada akhirnya tetap LummoSHOP yang dilihat dapat mengakomodasi kebutuhannya. Kini LummoSHOP menjadi kanal penjualan utama Bababerry untuk menjajakan produk strawberry, mulberry, raspberry, goldenberry, dan gramenberry. Tak hanya itu, Bababerry juga menjual pohon strawberry dan produk olahan seperti selai strawberry.
Fitur Favorit di LummoSHOP
Setelah berjualan menggunakan LummoSHOP dan menjadikannya sebagai kanal penjualan utama, pak Ginan menilai bahwa transaksi menggunakan LummoSHOP sangat simpel. Simpulan ini didapat dari pengalaman para konsumen yang berbelanja di Bababerry menggunakan LummoSHOP. Ia mengatakan bahwa transaksi di LummoSHOP sangat memangkas waktu terutama untuk memilih barang karena informasi sudah lengkap tersedia di sana. Pesanan pun menjadi lebih cepat terselesaikan karena tidka perlu ada proses tanya-tanya dan pembeli tidak terdistraksi dengan produk dari toko lainnya seperti di marketplace.
Selain informasi yang lengkap, LummoSHOP juga sudah dilengkapi fitur transaksi menggunakan link pembayaran sehingga pelanggannya bisa langsung bertransaksi di dalam platform dan mendapatkan konfirmasi pembayaran secara real time. Terlebih lagi kini LummoSHOP juga sudah bekerjasama dengan Paxel, pilihan kurir Bababerry yang dapat dipesan langsung dari aplikasi LummoSHOP. “Semua semakin terintegrasi sehingga berjualan menjadi lebih efisien” katanya. Tinggal klik, kurir siap dipesan dan barang tinggal dikirim. Saat pesanan sudah sampai otomatis notifikasi pesanan akan masuk di aplikasi dan juga WhatsApp.
---
Semoga cerita pak Ginan dan Bababerry ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk mengembangkan bisnis secara online dengan bantuan LummoSHOP. Sehingga kita bisa bersama-sama membangun ekosistem UMKM Indonesia yang lebih maju lagi dengan digitalisasi bisnis.